Pengalaman Menggunakan New XT1 Fuji Film Mirrorless Camera

Fuji Film XT1

Akhirnya.. setelah sekian lama saya dengan setia menggunakan DSLR Nikon D90.. saya berganti agama dengan memiliki kamera mirrorless Fujifilm XT1. Berikut ini pertimbangan saya mengapa akhirnya memilih ganti genre dan agama ke kamera fuji ini:

Soal berat kamera..

Tidak hanya beban hidup.. Kamera DSLR juga lumayan berat.. hehehe.. waktu jaman masih muda dulu sih berasa keren banget nenteng DSLR..walaupun berat dikit ga papalah.. hahaha.. makin kesini makin mikir ngapain bawa berat-berat ya..(soalnya biasanya saya selalu default masang kamera dengan lensa 18-105) kalau ternyata dengan kualitas yang sama ada pilihan yang lebih enteng.. jadi kalau pas lagi travelling dan ada acara, ga perlu repot-repot dan berat-berat bawa kamera.. memang, fill untuk dapetin gambar dengan kamera DSLR lebih enak.. bunyi jepretannya apalagi.. beeh sangar! Nah si mirrorless ini secara default udah ngurangin mirrornya.. jadi dari lensa langsung ketemu sama si sensor.. makanya beratnya bisa berkurang signifikan.. untuk ukuran mirrorless, sebenernya si fuji xt1 ini cukup berat.. nah, saya juga ga kepingin megang kamera yang terlalu enteng sih.. soalnya biar grip lebih enak dan ngerasa lebih stabil…

Perbedaan DSLR dan Mirrorless Camera

Soal teknologi dan kualitas..

Nah..ini dia..bedanya Antara si Nikkon dan Fuji.. kalau di Nikkon, si perusahaan udah ngunci softwarenya, jadi ga bisa diupgrade, kalau mau upgrade software ya beli aja body baru.. hiks hiks.. contoh kasus adalah di jaman sekarang maunya kan abis foto langsung bisa share over handphone..trus bisa langsung upload ke Instagram, path, facebook, dll. Kasus lain misalnya ada update tone tertentu, atau system focus kamera, dan sebagainya.. Nah.. beda dengan Fuji.. dia ini sangat baik sama customernya.. once ada update, dia akan kasih tau updatenya apa, dan kita bisa install sendiri di kamera kita..semacam update apps gitu.. keren banget kaan..jadi walaupun kita masih pakai body yang lama, tetep bisa update ke teknologi yang masa kini. Ya tentu saja dia pasti akan membatasi update sampai tahap apa bisanya untuk kamera yang lebih jadul, tapi menurut saya ini kamera kekinian banget lah.. hehehe.. Nah soal kualitas.. baik itu Nikkon dan Fuji sama-sama bagus 🙂 lensa udah ga perlu bingung pilih tipe kelas rendah atau tinggi, karena semua kualitasnya sama.. trus hasil jepretannya juga sama kerennya.. tinggal orang yang makenya aja.. hehehe..

sync dengan HP 🙂

Terus kenapa musti Fujifilm?

Bagi saya, Fujifilm itu kayak nginget lagi kamera jaman dulu waktu masih pakai film..dan teknologi dia untuk ngerubah apa yang dilihat oleh mata menjadi sesuatu bentuk film/digitalnya one of the best dengan budget yang saya punya. Disisi lain, adik ipar udah pakai Fujifilm duluan, dan ngerasain feelnya oke banget. Dan lihat review dari situs-situs ternama dengan membandingkannya terhadap merek lain juga mengunggulkan Fujifilm xt1 ini.. Fujifilm sangat unggul di tone, lensanya yang legend, bisa sync dengan handphone, focus assistnya keren, ada electronic view findernya, main di ISO tinggi masih oke banget..trus dapet lampu flash juga..

Gripnya dan dial buttonnya mantap

Meanwhile, pas banget, waktu mau ganti kamera, ada promo lumayan heboh di salah satu distributor kamera ini..walhasil saya ambil body baru plus lensa terpisah yang 18-55 mm. sepertinya lensanya akan saya pakai cukup lama, karena lensanya fuji yang kit ini, udah keren banget.. lagian, kemungkinan besar kamera Fujifilm ini isinya adalah portrait muka anak dan istri saya.. hehehe.. jadi ga usah yang ribet-ribet amat.. 1 lensa all round sudah cukup 🙂

Kini, kamera Nikkon D90 saya serahterimakan ke adik saya.. mudah-mudahan dia bisa belajar dan travelling lebih banyak daripada kakaknya ini 🙂 soalnya buat landscaping joss banget si Nikkon 🙂

nikon D90

See you again Nikkon, and welcome my baby Fujifilm..

Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan rejeki untuk bisa terus makan-makan dan jalan-jalan mengagumi kebesaran Illahi.. Amiiin…