Pengalaman Kuliah di Teknologi Pangan IPB

qyb1n5oj5nbbk7arjcnvMungkin diantara rekan-rekan SMA masih merasa bingung dan bimbang tentang jurusan apa yang akan rekan-rekan pilih. Nah, di tulisan ini, saya akan menyebutkan 3 alasan mengapa teknologi pangan IPB adalah pilihan yang tepat (plus cerita kenapa dulu saya bisa pilih Teknologi pangan IPB). Saya juga akan menjelaskan mata kuliah apa saja yang didapatkan di Teknologi pangan IPB (plus bagaimana saya menghadapinya). Dan terakir, setelah lulus, apa yang bisa dilakukan oleh alumni dari Teknologi pangan (plus cerita alumni-alumninya).

Oke kita masuk ke bagian pertama ya πŸ™‚

Alasan Kuliah di Teknologi Pangan IPB

Ada 3 alasan kuat mengapa saya memutuskan untuk kuliah di ITP:

  • Kurikulumnya joss!

Kalau mau kuliah, kita musti perhatiin dulu mata kuliah apa saja yang ditawarkan. Mata kuliahnya apa aja nanti saya jelaskan di segmen berikutnya ya.. Nah yang musti rekan-rekan ketahui, bahwa ITP IPB ini telah mendapatkan pengakuan internasional dari IFT (Institute of Food Technologist) dan IUFOST (International Union of Food Science and Technology). Artinya, matakuliah yang diajarkan sama dengan jurusan teknologi pangan di Universitas Amerika Serikat. Oiya, ITP IPB jadi jurusan yang diakui pertama kali selain universitas yang ada di Amerika Utara. Keren banget kan..

Waktu saya masuk ke ITP memang sedang dalam proses diperiksa oleh 2 badan dunia ini. Tetapi dari jaman saya kuliah hingga sekarang ini, kurikulumnya sudah sama, jadi boleh dibilang kualitasnya masih tetap sama baiknya alias sama-sama OK.. Departemen atau jurusan Teknologi pangan IPB juga berkali kali dianugerai kepala departemen terbaik se Indonesia.

Waktu itu sebenarnya saya mendapatkan akses gratis ke IPB karena menang lomba Lomba Cepat Tepat Ilmu Lingkungan Tingkat Nasional. Awalnya banget saya berniat untuk masuk ke dunia perikanan + kelautan di IPB. Tapi kemudian saya mencari tau lebih dalam bahwa jurusan terfavorit di IPB adalah ITP IPB ini. Dan ternyata, belajarnya pun juga sama menariknya, karena ITP bermain di pasca panen. Akhirnya karena pakde saya dan rekan-rekan alumni SMA waktu itu menyarankan masuk ITP, akhirnya saya pun dengan mantap memilih ITP IPB. Alhamdulillah ga salah pilih ya..heheheh..

Picture1

Prof. Iwaoka from IFT

 

1272769_191000171080841_409433829_o

Approved by IUFOST

 

  • Dosennya keren!

Ini dia nih yang bikin mantap kuliah di ITP. Kita diajarin sama dosen yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dosen yang mengajarkan kita the best banget. Mulai dari dosen yang jadi penulis buku pangan dan buku yang jadi rujukan se Indonesia, mantan professional di industry pangan, penemu dan pencipta paten, suka tampil di TV, dosen tamu di kampus ternama di Singapura, kepala/direktur di BPOM atau DIKTI atau Menristek, konsultan industry, badan dunia yang isinya Cuma 11 orang dari seluruh dunia (ICMSF-International Commision for Microbiology and Food Safety) dan lain sebagainya. Nah kebayang kan.. bagaimana dinamikanya dan serunya cerita-cerita mereka menghadapi dunia nyata. Jadi kita kuliah ga Cuma sekedar teori tapi dosen benar-benar bisa menceritakan bagaimana aplikasinya di Industri atau sebagai pengambil kebijakan public. Kadang-kadang pas kuliah dosen juga suka ngasih souvenir-souvenir dan bonus-bonus karena dia abis keluar negeri. Di luar kegiatan belajar mengajar, dosen juga sangat concern terhadap perkembangan mahasiswa. Bimbingan tidak melulu dilakukan di kampus, tetapi bisa jadi diajak kerumahnya atau ke kantor dia lainnya. Seru kaan…

Picture2

Picture3

Prof. Made di acara 4 mata Trans 7

  • Kegiatan mahasiswanya ciamik!

Alasan terkahir ini bagi saya juga ga kalah penting. Karena saya tipe orang yang ga bisa Cuma jadi mahasiswa kupu-kupu.. kuliah terus langsung pulang.. hehehe.. jadi kegiatan mahasiswanya harus dinamis. Nah di ITP ini, kegiatan mahasiswanya keren-keren banget.. mulai dari bikin seminar tingkat local-nasional, kita pun juga didorong untuk ikutan lomba.. malahan kita diencourage untuk ikutan lomba skala internasional. Alhamdulillah waktu itu saya dan team pernah terbang ke berbagai daerah dan even ke luar negeri untuk jadi presenter di seminar dan peserta lomba. Kita juga punya channel yang banyak ke alumni, jadi kita bisa kunjungan industry plus magang atau bikin kegiatan mahasiswa yang melibatkan alumni. Di sini, kita diasah soft skill kita dengan sangat baik. Saya merasakan sendiri bagaimana manfaatnya beraktifitas di kampus selain belajar mata kuliah.. kita jadi lebih mudah beradaptasi nanti di pasca kampus.

Mata kuliah di ITP IPB

Kecenderungan mata kuliah di ITP adalah terkait dengan Kimia dan Biologi serta tentu saja Matematika. Jangan dibayangkan kita akan selalu dapat belajar masak. Kalau itu jurusannya tata boga ya.. atau perhotelan.. nah kita bukan.. kita adalah perpaduan ilmu aplikasi Antara Kimia dan biologi.

Di semester 1 dan 2 kita akan belajar seperti SMA kelas 4. Artinya di tahap ini, kita akan disiapkan sebagai fondasi pelajaran berikutnya. Matakuliah yang agak beda di SMA, di tahun pertama ini adalah kalkulus dan pengenalan ilmu teknologi pangan.

Di semester 3 dan 4, kita belajar mata kuliah yang lebih menarik lagi. Mulai dari Kimia organic, Kimia analitic, Kimia pangan, mikrobiologi pangan, biokimia pangan, satuan operasi pangan, prinsip proses pangan. Seru kan.. di tahun kedua dan ketiga nanti, selain kuliah, kita akan menjalankan berbagai kegiatan kemahasiswaan yang seru-seru. Strategi buat saya yang cukup punya banyak kegiatan selain kuliah, maka harus memastikan diri sendiri bahwa apa yang diterima saat di kelas telah clear dan mengerti. Nanti sampai dirumah diulang kembali, dan sebelum kuliah mulai, kita sudah baca bahan sebelumnya plus bahan yang akan disampaikan.

Di semester 5 dan 6, kita akan belajar lebih dalam lagi tentang pangan. Mulai dari Fermentasi pangan, sanitasi dan keamanan pangan, Teknik pangan, uji sensori pangan, analisis pangan, regulasi pangan, teknologi proses pangan, plus belajar juga tentang metabolism komponen pangan. Di sini kita juga belajar bagaimana menghasilkan publikasi ilmiah. Karena nanti di tahun terakhir, kita sudah bisa memulai project untuk tugas akhir.

Di tahun terakhir, semester 7 dan 8, pelajaran menjadi semakin menarik, karena kita mulai bisa memilih kita akan memperdalam apa. Dan yang menarik adalah kita aka nada project lab terpadu. Di sini kita membuat kelompok seperti sebuah perusahaan. Mulai dari membeli bahan baku, bagaimana memproduksinya, dan menjaga kualitasnya, termasuk bagaimana menjualnya. Seru banget..! selain itu, kita akan belajar bahan tambahan pangan, HACCP, teknologi pengemasan pangan, evaluasi nilai biologis pangan, pangan fungsional, jaminan pangan halal, dan tentu saja..skripsi! untuk skripsi, di ITP IPB sangat terbuka lebar. Biasanya dosen pembimbing telah punya project, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menjalankan project tugas akhir kita. Saya sendiri menjalankan project bersama dengan balai penelitian pasca panen yang ada di Cimanggu-Bogor.

Pasca campus

Alumni ITP saat ini telah menyebar di berbagai sector. Tentu saja sector yang dominan adalah di sector FMCG terutama di Industri makanan dan minuman. Ini kalau ada seminar tentang pangan, pasti akan ngumpul dan ketemu dengan alumni ITP. Lulusan ITP bisa berkiprah mulai dari entrepreneur, di sini contoh alumni suksesnya ada Pak Adhi Lukman (beliau foundernya INACO jelly, saat ini beliau juga masuk di Kadin dan jadi ketua GAPMMI-Asosiasi perusahan pangan Indonesia), kemudian tentu saja berkiprah di Industri pangan, contoh alumni suksesnya ada Pak Mardi Wu (beliau CEO nya Nutrifood), kemudian pak Indrayana (Beliau Direktur Corporate Communicationnya Indofood), Bu Ratih (beliau jadi direktur R&Dnya Fontera), dan lain sebagainya..kalau disebutin bisa ga muat. Hehehehe.. Kiprah lain berada di Pemerintah, mulai dari Deptan, BPOM RI, Bulog, dan Universitas, bahkan alumni kita ada yang jadi walikota dan bupati. Selanjutnya ada juga yang di NGO seperti WHO atau FAO. Dan tentu saja ada juga yang jadi professional bekerja sebagai konsultan bagi industry pangan. Jadi cakupan kerjanya sangat luas. Selama manusia masih butuh makan, lulusan ITP pasti akan dibutuhkan.

11896257_10153157251819053_3686698218117107572_n

Pak Mardi Wu – CEO Nutrifood – ITP 27

10155933_10207552930598754_1562422158866512206_n

Me (ITP 42) – Mbak Sonia (ITP 30) – Ci Karen (ITP 39)

JADI, sudah ga bingung lagi kan tentang apa itu jurusan teknologi pangan? Selamat meraih cita-cita!

Advertisements

58 thoughts on “Pengalaman Kuliah di Teknologi Pangan IPB

  1. lg googling review first travel tour rekomendasi tmn utk umroh, baca2 blognya eh tyt anak itp jg. beda generasi dikit. aku 40 πŸ™‚

  2. Nama saya catherine kak, saya siswi kelas 1 sma yang akan naik ke kelas 2 sma. Saya tertarik sekali di bidang teknologi pangan karena saya suka pelajaran biologi serta kimia. Tapi saya lemah di pelajaran matematika. Menurut kaka, apa matakuliah matematika di jurusan ini cukup berat? Bagaimana saran kakak? Terimakasih sebelumnya

    • mata kuliah matematika nanti akan ketemu di kalkulus 1 dan kalkulus 2. yang penting banyak latihan soal dari tahun2 sebelumnya. selebihnya tidak terlalu berat kok πŸ™‚
      kalau kamu suka biologi dan kimia, itu sudah modal yang sangat cukup untuk masuk ke jurusan ini πŸ™‚

  3. Selamat malam pak,
    Saya Yesica, mahasiswa ITP angkatan 52,

    Saya sudah membaca WordPress bapak, dan saya ada sedikit pertanyaan.

    Ini menyangkut beasiswa pak, selama kurang-lebih satu tahun kuliah di IPB, saya belum menemukan beasiswa yg sangat cocok untuk jurusan ITP. Maksud saya, beasiswa yg setelah lulus mahasiswa yg bersangkutan wajib mengikuti ikatan dinas.

    Maaf pak, kalau pertanyaan saya banyak salah kata atau kurang tepat penyampaiannya. Tapi saya mengharapkan balasan dari bapak
    Terima kasih pak

    • memang tidak ada beasiswa ikatan dinas di ITP. tapi waktu itu, ada beasiswa dari KML (kelola mina laut) kebetulan ownernya alumni fateta juga, nah itu kalau dapat beasiswa itu, bisa dengan mudah masuk ke perusahaan tersebut. coba kamu tanya ke dikmawa ya πŸ™‚

  4. Assalamualaykum
    Mohon maaf mau tanya, di IPB buka alih jenjang tekpang?
    Untuk UKT nya buat alihjenjang itu bagaimana..
    Terimakasih

  5. Permisi pak, saya siswa kelas 12 MAN Karanganyar. Saya sangat tertarik untuk melanjutkan kuliah ke IPB setelah baca-baca di internet tentang teknologi pangan dan ternyata IPB bisa dibilang teratas untuk bidang tersebut. Saya punya beberapa pertanyaan, antara lain :
    1. Apa aja sih yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke jurusan ini?
    2. Apakah nanti pada masa perkuliahan bisa meneliti bidang yang diinginkan?
    Kebetulan ayah saya itu seorang praktisi kurma indonesia. Dan saya tertarik banget buat bisa berkontribusi kedepannya nanti di bidang yang sama.
    Terima kasih banyak pak atas sharing cerita di atas.
    Kalau tidak keberatan, jawaban bisa dikirimkan ke email saya? Very looking forward for your reply.
    Mohon maaf apabila salah dalam berkata.

    • 1. Apa aja sih yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke jurusan ini?
      – mental, karena akan ketemu sama orang pinter2 semua πŸ™‚
      – fisik, karena akan banyak praktikum dan tugas atau laporan.. selebihnya, enjoy aja πŸ™‚
      2. Apakah nanti pada masa perkuliahan bisa meneliti bidang yang diinginkan?
      – bisa banget πŸ™‚

  6. hai kak saat ini saya kelas 3 SMA, nah saya mau tanya, untuk SNMPTN saya sangat tertarik dengan itp ipb, Pada semester 5 ini nilai kimia saya lumayan bagus dan ada peningkatan, namun untuk nilai raport biologi turun 1 angka dari semester sebelumnya dan saya jadi ragu untuk mengambil jurusan ini. Menurut kakak sebaiknya saya tetap mengambil jurusan ini atau mengambil jurusan yang lain?

    • dulu kalau saya uang pangkal sistem subsidi silang. yang tidak mampu akan mendapat banyak keringanan. uang per semester dibayar sesuai mata kuliah yang diambil jadi besarnya bervariasi per semester

  7. Selamat Malam Ka Galih, saya andrew Mahasiswa D3 , saya mau bertanya ka, saya tertarik di ITP IPB, kalau untuk meneruskan ke S1 jurusan ini saya harus kembali belajar dari awal atau saya bisa melanjutkan sks, beberapa sks yang telah saya pelajari sebelumnya terima kasih.
    Dan untuk jurusan ini apakah ada beasiswa-Nya ?
    Terima Kasih

  8. Halo kak, saya aldo saya mau tanya kalau prospek kerja teknologi pangan ini luas atau hanya pada bidang pangan saja? Kemudian apakah jurusan inu menjajikan kedepannya ? Terima kasih

  9. Sore pak… Saya mau tanya untuk alternatif jurusan yang berhubungan dengan KIMIA dan BIOLOGI yang ada di IPB selain apa saja ya pak… TerimakasihπŸ˜€

  10. hai kak saat ini saya kelas 3 SMK pariwisata jurusan tata biga, nah saya mau tanya,menurut kaka apakah bisa jurusan pariwisata masuk ke jurusan itp

  11. untuk gaji di QC yang bapak jabat saat ini,untuk perbulannya berapa ?ini untuk pertimbangan dimasa depan.Terima kasih mohon penjelasannya

  12. Dik Galih, saya mau tanya. Anak saya tahun ini ingin mencoba tes masuk ITP -IPB. Saya dengar tahun pertama harus masuk asrama. Betulkah ? Dan apakah sulit untuk mengikuti pembelajaran di situ ? Rasanya keder juga membaca cerita di atas. Hehe. Salam

  13. Pak kalau dari pesantren keagamaan ingin masuk itp ipb bisa ngga? Atau harus ada basic ipanya? Harus ambil paket dulu taa pak?
    Terima kasih

  14. Halo ka.mau nanya bisa masuk IPB itu apa aja sih kisi2 nya?persiapan khusus apa yang harus difokuskan?makasih ka sebelumnya

  15. Permisi pak, saya ada sedikit pertanyaan. Saya berencana mengambil jurusan ITP IPB, setelah saya membaca artikel dan komentar di atas, untuk masuk jurusan ini minimal memiliki modal dalam pelajaran biologi dan kimia. Saya menyukai pelajaran matematika dan kimia, apa sudah cukup untuk masuk ke jurusan ITP IPB? Jika tidak, mohon saran untuk jurusannya yaa kak. Makasih

  16. Malam ka, saya tertarik dengan teknik pangan ini, tp saya berasal dari SMK Analis Kesehatan, apa saya bisa masuk tekpang di IPB?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s