Pengalaman Nutrifood Internship Selama Sebulan di Singapura

nbc3

team NBC 3 dan Our Coach Pak Mardi

Alhamdulillah, kali ini saya mendapatkan kesempatan langka dari Nutrifood untuk internship selama satu bulan full di salah satu supplier kami di Singapura. Program ini merupakan bagian dari kelas spesial Nutrifood Business Course atau NBC level 3. Program ini pesertanya dipilih langsung oleh Pak Mardi. Kebetulan dari team pabrik Cibitung, Alhamdulillah saya menjadi perwakilanya. Sekilas tentang NBC 3 ini, kami bersepuluh mewakili berbagai divisi, di coaching langsung oleh pak mardi. Kami bertemu rutin sebulan sekali untuk saling sharing dengan tema-tema yang sudah ditentukan sebelumnya. Setiap pertemuan sangat saya nanti-nantikan, karena di sini saya selalu mendapatkan pengetahuan dan cara pandang baru. Dalam pertemuan ini bagi saya juga sangat menantang karena kita harus baca, diskusi, sharing, dan menyiapkan presentasi yang musti dipresentasikan ke pak mardi ditengah kesibukan pekerjaan harian. Seru! Hehehe..

Nah, diakhir sesi, sebagai syarat kelulusan NBC 3 ini, kami diminta untuk  magang. Di tempat magang ini kita wajib sharing dan membuat project yang bisa memberikan input bagi kita dan mereka. Ohya, magang ini tidak harus ke supplier, tapi bisa juga ke lembaga NGO, rekan bisnis, dan sebagainya. How cool is that! Mungkin internship seperti ini biasa bagi mahasiswa, tapi buat kita yang sudah bekerja, ini kesempatan yang sangat langka. Nah, kebetulan saya memilihnya ke tempat supplier yang punya pabrik juga di Singapura. Sebenarnya dia juga punya pabrik di Indonesia. Tetapi karena ingin juga punya pengalaman bagaimana bekerja dengan international ambience dan kebetulan dapat permit juga dari kedua belah pihak, serta kebetulan juga kepala pabrik Indonesia dan Singapura adalah orang yang sama. Dan beliau lebih sering stay di pabrik yang singapura. Ya udah, kita manfaatkan untuk saling berbagi. 🙂

20181024_081322

lokasi pabrik dekat dengan Jurong central park

Saya berangkat di akhir Oktober dan kembali di akhir November 2018. Bagi saya, ini pengalamannya seperti saat sekolah S2 ke Taiwan. Excited, khawatir, kangen, deg deg-an semua bercampur jadi satu. di hari keberangkatan, saya dengan dianter bunda, nesya, eyang uti, dan eyang akungnya nesya berangkat sebelum subuh, karena saya dapat flight jam 7 pagi. Alhamdulillah penerbangannya lancar. Sampai di Singapura saya naik transportasi umum langsung ke tempat dimana saya akan tinggal selama sebulan. Saya tinggal di daerah Boonlay Jurong di sebuah rumah landed house. Saya dapat kamar di lantai 3 dengan balkon dan kamar mandi seluas kurang lebih 3 x 5 meter persegi. Cukup besar bagi saya sendiri. Rumah ini ada host/penghuninya, warga singapura keturunan India. Jarak dari lokasi saya tinggal dengan kantor sekitar 7 menit naik mobil atau taksi. Tapi biasanya saya naik bus. Butuh waktu sekitar 40 menit termasuk waktu menunggu di halte dan pindah di jurong point interchange. alternatif transportasi lain, bisa menggunakan sepeda. Nanti tinggal pakai apps sewa sepeda. saya sendiri memakai OFO bike. di sini yang cukup banyak selain OFO adalah MObike. Nah ini enak banget. Tinggal scan sepeda yang tersedia di hampir setiap sudut kota, trus pakai, dan begitu selesai, tinggal bayar pakai credit card. Simple dan praktis.

20181023_164957

View dari balkon tempat saya tinggal

2018_1027_15080900

ofo bike

Hal penting lainnya yang perlu diketahui saat tiba di Singapura adalah pembelian kartu MRT dan Bus. Kartu ini terintegrasi dengan semua transportasi di Singapura. Sangat mudah dan nyaman. Ez link namanya. ini bisa dibeli langsung di bandara saat sebelum naik ke MRT atau di sevel juga tersedia. Alternatif alat pembayaran lainnya, adalah kartu NETS yang juga bisa digunakan seperti debit di hampir seluruh merchant di Singapura. Saran saya, kalau beli, mending beli yang nets ini karena ya itu tadi, bisa buat beli item atau makanan di store. Kartu Nets ini juga tersedia di Sevel. Nah, untuk sim card, saya membelinya di sevel dengan kartu Singtel. saya ambil paket 2 giga yang sudah free chat dan spotify. Harga nanti bisa dicek di webnya langsung. untuk aplikasi instagram, saya hanya buka saat terkoneksi dengan wifi di rumah atau di kantor supaya lebih hemat kuota. hehehe…  

Lokasi saya tinggal cukup strategis untuk mendapatkan makanan halal, belanja kebutuhan sehari-hari, laundry, olah raga, masjid dan halte bus. Untuk makanan khususnya, dibanding 3 tahun lalu saya kesini, makanan halal jauh lebih mudah sekarang, karena sekarang setiap rumah makan yang halal selalu mencantumkan logo halal yang besar dari majelis ulama singapura. Hostnya sungguh sangat care dan memberikan banyak informasi terkait daerah seputar jurong. dan tidak lupa, tambahan lagi, saya sangat terbantu oleh 2 sahabat saya, fahmi dan nanto yang sudah lebih dulu tinggal di Singapura. Sholat Jumat juga tidak menjadi masalah, karena di lokasi Jurong Industrial Estate ini terdapat masjid besar. Cukup berjalan kurang lebih 20 menit atau naik bus sekitar 10 menit.  

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Selama di Singapura ini, saya belajar banyak hal. Apalagi dikasih 2 buku tebal terkait bagaimana mengelola pabrik dan bagaimana mengelola improvement. Bagi saya ini seperti kembali ke masa-masa kuliah. Seru! Belajar hal baru, bertemu orang baru, merasakan lingkungan dan ambience yang baru. Sangat memberikan perspektif yang berbeda dan benar-benar memberikan banyak pelajaran. ohya, dalam masa internship yang sangat singkat sangat penting untuk studi dulu sebelum berangkat apa saja opsi-opsi yang akan dilakukan dan mempelajari lokasi internship. di samping itu, penting sekali untuk membangun komunikasi dan hubungan ke sesama pekerja. karena merekalah sumber informasi dan improvement yang akan kita buat. kalau bisa, buatlah hubungan menjadi lebih personal, hangout bersama mereka, obrolin hal-hal di luar pekerjaan, dsb. karena semakin terbuka mereka, semakin banyak informasi yang bisa kita dapatkan dan semakin mudah untuk menyelesaikan project yang kita lakukan.

Terima kasih Nutrifood untuk kesempatan yang sangat berharga ini 🙂    

salah satu buku yang dibaca
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s