Open Space Technology at Nutrifood

Nah! Apa lagi itu Open space technology? Seriusan deh, Tadinya I have no idea, what kind of training it is… malah awalnya saya pikir training ini mengajarkan kita untuk mengenal teknologi luar angkasa lo! Hahaha😀 LOL ! ngaco banget ya….

Untuk sesi di Nutrifood, training dibawakan oleh Pak Felix, salah satu consultant kita untuk HRD…

Mau tau lebih lanjut? Cekidot…

Harrison Owen

Training ini diilhami oleh Harrison Owen yang pada tahun 1963, dia bikin acara annual conference “Organization Transformation” nah.. saat selesai bikin acara conference itu.. dia bikin evaluasi ke peserta conference.. ini yang dia tanya “apa yang kamu paling di acara conference?” trus mau tau peserta mayoritas jawab apa? COFFEE BREAK! Hahaha… ya.. seriusan ini.. gak boong… “cape dech” katanya si owen.. udah cape-cape bikin conference.. orang malah suka coffee break nya.. *tepokjidatOwen…

Ternyata.. dari sinilah, dia mengembangkan metode conference yang lain dari yang lainnya.. metode ini bernama OPEN SPACE TECHNOLOGY… sudah lebih dari ratusan negara yang menerapkan, dan ratusan ribu metode ini diterapkan sejak pertama kali dikenalkan oleh Owen.. luar biasa ya!

Ide dia menghadirkan suasana coffee break saat conference… dan dia membuat metode conference sebagai berikut…

1. Peserta dikasih post it, begitu peserta puny ide yang berkaitan dengan tema besar conference, maka peserta harus menempelkannya di spot dinding yang sudah ditentukan. Jot down idea wall!

2. Memulai acara dengan seluruh peserta duduk melingkar dengan kertas di depan kursinya.. peserta yang memiliki ide untuk membahas tema besar yang ditentukan, harus mengambil kertas, menuliskannya dikertas, kemudian mengumumkan ke tengah lingkaran. Setelah itu, peserta mengambil jadwal dimana ia harus menyelenggarakan meeting dan kapan waktunya.. (spot meeting menggunakan symbol yang lucu-lucu). Yang puny ide, harus jadi moderator dan pemimpin diskusi tentunya..

3. Selanjutnya peserta conference membuat jadwal ia ingin ada dimana saja dan berkontribusi pada ide yang mana… ^_^

4. Nah, ini part yang penting! Dan harus diingat… kita namakan sebagai The Law of 2 Feet

“Whenever you feel, that you’re not contributing, nor learning, it’s time for you to use your 2 feet to move somewhere else”

Jadi kita bisa bebas pindah-pindah dari satu ide ke ide yang lainnya.. move freely.. terserah! Asyik kan..

5. Nah.. selanjutnya nanti diskusi akan dimulai.. biasanya untuk membahas satu idea membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.. boleh juga lebih kalau mau lo… nah, rules nya seperti ini nih! Ohya, pas diskusi, juga boleh buat ide baru.. dan langsung buat group sendiri.

a. Whoever comes is the right people

b. Whatever happens is the only thing that could have

c. Whenever it starts is the right time

d. When it’s over , it’s over

6. Ohya, yang tidak kalah pentingnya juga, kita boleh berperan sebagai ini nih

a. Bumble bee : cross pollination ideas. Kita boleh gerak-gerak terus untuk memberikan ide-ide ke banyak tempat dalam waktu bersamaan

b. Butterfly : stay tune in one place. Berdiam diri di satu tempat, dan mengerahkan segala kemampuan untuk berkontribusi di satu tempat

c. Yang gak boleh Cuma jadi giraffe : Cuma nengok plenga plengo.. gak kontribusi apa-apa..

7. Setelah semua ide dibahas, kita harus menuliskan notulen pada poster dan dipajang supaya semua peserta tahu semua hasil ide yang dibahas..

8. Semua peserta kemudian memberikan vote lewat “dot-mocracy” kita memilih mana 5 ide yang bisa kita bahas lebih lanjut untuk dikerjakan dan diaplikasikan..

9. Saat terpilih ide yang top 5, maka kita bahas lebih lanjut dari sisi purpose, strategy, structure& process, metrics&rewards, people&interaction, culture. Hal ini supaya ide menjadi lebih logic untuk dipalikasikan pada organisasi.. dan tentu saja, nanti dipresentasikan di depan semua peserta dan decision maker.

10. Terakhir, setelah acara presentasi dan sesi diskusi berakhir, semua peserta wajib ngomong satu persatu tentang insight yang didapat.. mereka menyebutnya sebagai sesi “talking stick ceremony” dan selesai deh!

Waa… seru banget kan! Fun banget dan bener-bener bisa ngeluarin ide! Beda banget sama sekedar focus group discussion yang biasa.. cobain deh! Waktu itu, kita nyobain untuk tema green office, dan itu seru banget! Super Fun!

Mudah2an bermanfaat ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s