Jalan-jalan ke Manila, Palawan, & Boracay

Alhamdulillah, minggu lalu saya berkesempatan mengunjungi The Philippines🙂

Berkunjung ke negara ini sebenarnya bukan yang pertama kali.. di masa studi S1, 2008, saya pernah berkunjung ke salah satu pulau namanya Cebu untuk conference.. hehehe… Nah, kali ini jadi cerita yang berbeda, karena tujuannya memang mau menikmati keindahan alam Filipina! Yeaay…

Kami merencanakan perjalanan ini sudah 3 bulan sebelumnya. pertama dimulai dari undangan sahabat kami, Miko namanya. Dia anak asli Filipina, dari kota Naga, sekitar 8 jam dari Kota Manila. Namun, kedua orang tuanya juga punya rumah di Manila, naah.. kita bakalan mengunjungi rumahnya dia di Manila, plus, kita akan berkunjung juga ke 2 Pulau keren di Filipina, namanya Palawan dan Boracay. Seluruh perjalanan kami tempuh dengan naik pesawat. Dengan menggunakan budget airline semacam cebu pasific airline ini, dengan total 6 kali naik pesawat mulai dari Taipei-Manila-Palawan-Manila-Boracay-Manila-Taipei, kami hanya menghabiskan 8000 NTD alias 3.1 juta. Mau tahu kisah selanjutnya.. Yuuu… Yaaa… Yuuu… hehehe…

Hari 1. Taipei to Manila

Selepas ujian Accountingnya Kenny di hari Sabtu, Saya dan Kenny (sambil ditemani Diana dan Rupak) segera berangkat menuju ke Airport di  Taipei. Super Excited, karena hari yang dinantikan tiba juga.. kita jalan-jalaan.. yeaaay.. (hahaha).. Total perjalanan dari Taipei ke Manila hanya sekitar 2 jam, kami boarding jam 00.50 dan tiba di Manila pukul 03.00 pagi..

Karena kita backpackeran, maka kita tidak perlu menunggu bagasi.. diluar bandara, Miko sudah menyambut kedatangan dengan melambaikan tangannya.. Cuss… kita langsung ke rumahnya dia di daerah Xavier, Green Hills, Manila. tanpa macet perjalanan hanya ditempuh dalam waktu 15 menit.. kalau pakai macet.. bisa lebih dari 1.5 jam! Zzzzz…

Sampai dirumahnya Miko, kita langsung meluk guling sama bantal.. hahaha.. tidur dulu sebentar.. trus kita sarapan, ngobrol dan ketemu sama Mama dan Papa nya Miko, plus sama Adik-adiknya.. nah, jam 8 pagi, kita langsung angkat kaki ke Taal. di Taal ini kita akan melihat danau yang super gede, trus di dalam danaunya ini ada gunung yang punya kawah mendidih… Perjalanan dari manila ke Taal ditempuh sekitar 1.5 jam🙂

DSC_0119Untuk sampai ke kawah atau melihat kawah dari kejauhan, kita menyebrangi danau dengan kapal kecil.. trus kita naik kuda selama sekitar 20 menit dengan medan menanjak di jalan setapak! Amazing! ini pertama kalinya naik kuda lama banget dengan medan yang susah dan curam! degdegan setengah mati.. badan harus dijaga keseimbangannya biar ga jatoh.. hehehe.. Kuda ini akan menghantarkan kita ke point pengamatan.. Subhanallah.. indah banget!

Siangnya kami bersantap seafood di salah satu resto yang menghadap ke Danau di Taal dari ketinggian.. Juara view nya! salah satu menu yang menarik.. mereka ternyata punya juga semacam botok jantung pisang🙂 trus yang khasnya lagi.. dessert yang bernama Halo-halo. Dessert ini terdiri dari kelapa yang disajikan utuh dengan eskrim ubi ungu, plus ada es kacang merah.. OMG.. sedapnyaaa..🙂

Malamnya kami main ke Mall green hills yang hanya berjarak selemparan batu dari rumahnya Mmiko.. hehehe.. kita cari beberapa souvenir plus beli kaos buat dipakai pas ke boracay.. hahaha..

Hari 2-3. Palawan

Palawaaan… Here we come! Setelah terbang sekitar 1 jam 20 menit🙂 Alhamdulillah kami tiba di Puerto princesa (PP). ini adalah ibu kota nya Palawan. Sampai di PP ini, kami segera dijemput oleh staff dari Aziza paradise hotel. Personelnya ramah dan sangat informatif🙂 soalnya sepanjang perjalanan (15 menit) dari bandara ke hotel, si driver ga berenti cerita tentang kota ini.

DSC_0280Aziza paradise hotel ini keren abis🙂 lobinya besar, nyaman, kolam renangnya bersih dan persis di depan kamar, dan kamar yang bersih serta luas🙂 Begitu sampai di hotel ini, kita langsung disuguhkan jus jeruk.. pas banget ditengah teriknya matahari🙂 di Palawan ini, kita akan main-main di ecopark, trus kita akan berkunjung ke sungai yang gelap gulita untuk melihat kunang-kunang, dan besoknya bakalan ke pulau Dos Palmas🙂 Sebenernya masih ada satu spot lagi yang kelewat, yakni underground rivernya😦 tapi karena udah mepet jadi next time ya.. hehehe…

Irawan ecopark🙂 begitulah namanya.. sekilas namanya “enggak banget” hahaha.. tapi jangan salaah.. di sini kita bakal cobain flying fox sepanjang 1.3 km! lebih dari 2 menit kita bakal menggantung dan nyawa ini hanya bergantung pada 2 harness yang nyantol di sling baja.. hehehehe… cukup dengan 1100 peso, kita bisa menikmati tarzan swing, feeding fish di sungai, zip line sepanjang 1.3 km dan berjalan di kanopi🙂 worthed banget! dan bener-bener pengalaman pertama untuk nyobain flying fox sepanjang itu.. seruuuu!

Selepas makan malam, kami sudah dijemput dengan travel agent untuk pergi ke sungai di pedalaman Palawan ini.. di sungai yang gelap gulita ini, kita akan melihat ratusan kunang-kunang yang beterbangan di pohon bakau..  Subhanallah! Ini indah banget🙂 semacam pohon natal yang kelap-kelip! Sepanjang perjalanan di sungai, kita diceritakan banyak hal mengenai kehidupan kunang-kunang dan bagaimana menjaga ekosistem serta lingkungan! Mantaaap!

Keesokan harinya, kami sudah siap dari pagi hari untuk pergi ke Dos Palmas.  dari Palawan, pulau ini berjarak 1 jam🙂 cukup jauh ya🙂 di pulau ini kita mencoba kayak mengitari pulau! hahahaha.. kurang lebih 2 jam kita kayak-ing buat ngiterin satu pulau ini.. Amazing! hahahaha… Trus kita berkeliling dengan sepeda, bertanding dart serta billiard.. trus ditutup dengan snorkling! yeaaay!! Subhanallah.. coralnya indah banget!! dan ikannya juga banyak!

Malam harinya.. kami istirahat sambil menikmati film How to train your dragon 2🙂 dan makan ayam goreng di Jollibee..hahahaha… di Robinson mall Palawan🙂 seruuuu!!!

Hari terakhir di Palawan kami habiskan untuk city tour dan mengunjungi pusat oleh-oleh di Baker’s Hill🙂 di sini berbagai macam kue khas palawan salah satunya bakpia ubi ungu dan brownies cookies jadi unggulan makanan di Palawan🙂 di belakang toko rotinya, kita bisa menikmati taman tematik sambil tentu saja foto-foto.. hehehe…

Terima kasih banyak Aziza Paradise Hotel! The best hotel in Puerto Princesa, Palawan!

Hari 4. Back to Manila

Sore harinya kami sudah kembali ke Manila untuk istirahat di rumahnya Miko🙂 sekalian cuci baju dan isi amunisi buat ke Boracay.. hehehe..

Hari ke 5-6-7. Boracay!!

Pagi hari kami sudah bergegas ke airport untuk pergi ke boracay… Yeaaay! Waktu tempuh dari Manila ke Airport Caticlan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam saja🙂.. ada 2 bandara untuk mencapai ke Boracay.. pastikan anda landing di Caticlan.. karena jaraknya hanya 15 menit saja untuk ke port menuju boracay.. lain hal dengan bandara satunya lagi yang memakan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam katanya..

Pas di pesawat, kami sempet ngobrol dengan bapak-bapak.. dia nanya-nanya kita dari mana dan tinggal di mana di Boracaynya.. nah.. si bapak ini cerita.. kalau ada waktu disuruh main ke hotelnya di Discovery Resort.. oke.. sip.. Naah.. ternyata pas turun dari pesawat.. bapak ini menghampiri kami dan nyuruh kami buat ikut aja pakai mobil dan kapalnya si discovery ini.. usut punya usut.. bapak June ini ternyata direkturnya si Discovery.. alamaak.. pantesan aja.. begitu sampai.. tasnya langsung dibawaain..trus langsung dijemput mobil.. dan kapal buat nyebrang ke boracaynya pun pakai kapal pribadi si Discovery.. wenaaak…. rejeki yang tidak terduga..

Kalau manual, dari bandara ini kita musti naik tricycle ke port selama 10 menit.. dari sana kita akan nyebrang lewat kapal selama 15 menit, dan dilanjutkan kembali naik tricycle kurang lebih 20 menit ke lokasi hotel.. total penghematan sekitar 300 peso.. hehehe.. pas turun dari mobil, bapak June ini bilang, kalian nanti besok jam 7 malam datang ke Discovery ya.. kita makan-makan.. hehehe.. oke..🙂 siapa takut.. apalagi gratisan.. (otak dasar mahasiswa.. )

Ohya, kami menginap di Pahuwayan resort. lokasinya di Bulabog beach, sisi yang berseberangan dari Station 1-2-3 beach. lokasinya ke D-mall juga sangat dekat.. cukup 5 menit berjalan kaki.. sudah sampai di pusatnya Boracay🙂 Kamarnya luas dan langsung menghadap ke pantai! Amazing! untuk 2 hari kita bayar sekitar 4500 peso plus 1200 peso untuk tambahan bed. harga ini sudah termasuk sarapan di pagi hari..

hari itu hujan deras sekali.. kami tidak bisa apa-apa selain berdoa hujan lekas berhenti.. untuk mengisi kekosongan, setelah makan siang di Mang inasal.. di sana kita makan ayam bakar yang rasanya mirip kayak mas mono dengan nasi boleh nambah sepuasnya.. unlimited.. waaw.. hehehe.. abis itu, kami memutuskan untuk mencoba helmet diving seharga 1000 peso.. ini seru banget! kita ngasih makan ikan-ikan yang warna-warni🙂 sambil ga perlu takut kemasukan air, soalnya kita pakai helm yang udah dikasih udara🙂

Malamnya kami masak spaghetti dan saya tidur lebih cepat.. keesokan paginya kami berlayar ke hopping island untuk snorkling, kemudian mencoba berbagai permainan penguji adrenalin di magic island.. disini kami loncat dari ketinggian 15 meter dan mencoba tarzan swing dari ketinggian yang sama.. waaw.. tak lupa juga kami mencoba berenang diantara goa karang.. seruuuu… harga sewa satu boat berisi 5 orang hanya 2500 peso beserta perlengkapan snorkling ditambah biaya masuk ke magic island sebesar 150 peso setiap orang. Pulangnya, kami menyempatkan bermain flying fish seharga 500 peso.. seru seru sedap… tangan sampai lemes soalnya kita dibawa kapal dengan kecepatan tinggi dan musti pegangan tangan di balon lebar semacam banana boat.. seruu! ohya, tadinya kita mau main parashuting, tapi karena cuaca yang tidak mendukung, akhirnya kami harus cancel.. nanti deh mainnya di Bali aja🙂 hehehe…

20140703000212Malamnya, sesuai dengan janji Pak June, kami berkunjung ke Discovery Resort.  Di sini kami cukup terkejut.. soalnya ternyata yang diundang makan bukan kami saja.. ini merupakan acara tahunan Discovery buat director, rekanan, dan kolega dari Discovery.. setelah memberikan sambutan, Pak June ini menghampiri kami dan mengenalkan kami ke rekan-rekannya.. OMG! kita ga nyangka.. hahaha… makanan yang disajikan juga bukan makanan sembarangan.. kita makan fine dining kurang lebih selama 1 jam ditemani live band yang suaranya hits banget! Top! makanannya mulai dari calamari risotto, pumpkin soup, giant prawn, diselingi dengan orange sorbet.. sedaaaap! mantaaap! kita bener-bener ga nyangka bakal dapat pengalaman super ini.. Makasih banget buat Discovery resort🙂 dan Pak June.. Next time saya bakal nginep di sini.. hehehe… Malamnya, kami habiskan mengobrol di dekat pantai bersama rekan kami Tim and Melody dari Hongkong..

Keesokan harinya, kami harus bangun pagi buta, setelah matahari terbit, kami segera bergegas untuk ke airport dan kembali ke Manila🙂 Alhamdulillah🙂 banyak hal baru dan tidak terduga selama perjalanan ini ^^ senaaaang!

Hari 8. Manila and Going back to Taipei!

Setibanya di Manila, kami istirahat di rumah dan malamnya ditutup dengan nonton Transformer! Yeaaah! Thanks buat papanya Miko.. kita ditraktir nonton.. hehehehehe… Keesokan harinya adalah hari pertama Ramadhan🙂 alhamdu.illah saya tetap bisa berpuasa meski ga sahur.. soalnya semalem makannya udah banyak banget🙂 papanya Miko sama adiknya jago banget masak🙂 makan dirumah serasa makan di resto! apalagi menu terakhir yang dibuat sama Mika, adiknya Miko, Dori fish dengan lemon cream..alamaak.. sedapnyaa… SARAP! (sarap = delicious dalam bahasa tagalog).. sebelum pulang, kami menyempatkan mampir ke Mall of Asia, sekaligus berbuka puasa di sana🙂 Alhamdulillah ^^ Thanks banget buat keluarganya Miko🙂