Tanggal 15 nanti.. (Part 2)

Kali ini saya akan bahas mengenai daftar checklist yang sekiranya perlu dibuat untuk memudahkan persiapan pernikahan🙂 semoga list ini paling tidak bisa membantu mempersiapkan salah satu moment dalam hidup yang bersejarah🙂 paling tidak mengingatkan saya🙂 hehehe…

yang pertama kali tentu saja calon pasangan anda ya.. ini elemen paling penting dalam pernikahan.. ya iyalah.. hahaha.. masa semua udah lengkap terus yang mau dinikahin ga ada.. hehehehe… setelah yakin dengan pilihan anda, barulah memulai list yang saya buat ini ya..🙂 jangan lupa senantiasa komunikasikan dengan semua pihak terkait..

1. pertama adalah TEMPAT

Mulai dari dimana akan melaksanakan akad nikah dan tempat resepsi. Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri untuk tahu dimana letak KUA domisili anda atau calon istri anda berada. karena nanti semua dokumen dan persyaratan akan terkait dengan KUA🙂 Biasanya kalau mau ditempat yang strategis dan luas, musti jauh-jauh hari bookingnya🙂

2. kedua adalah CATATAN SIPIL

Seperti yang saya bilang di awal, setelah anda tahu letak KUA, maka selanjutnya adalah persiapkan berkas-berkas untuk menikah ya🙂 semua dokumen dilengkapi dan jangan sampai ada yang terlupa.. Penghulu ini elemen paling penting lo di dalam prosesi menikah.. soalnya nanti kan yang menjadi fasilitator untuk menikah ya petugas dari KUA ini🙂 perlu ada PJ khusus untuk menangani masalah ini. jangan sampai telat🙂

3. ketiga adalah MAKANAN

Coba deh.. kalau kamu misalnya datang ke nikahan orang lain.. apa yang ada dibenak kamu? Udaah.. ga usah bohong, makanan jadi salah satu yang kamu incer kan.. hehehe.. nah, penting banget nih untuk meyakinkan diri memilih vendor catering baik itu untuk acara akad ataupun resepsi. Yang penting juga, biar pas Hari H atau pas lamaran ga ribet, pesan via catering juga salah satu cara yang bijak🙂

4. keempat adalah DOKUMENTASI

Dokumentasi ini penting sebagai bukti kalau kita pernah menikah.. hahaha.. ya intinya si itu sih.. Kan ya ga lucu kalau nanti punya anak, trus bagaimana kita meyakinkan anak kita kalau kita adalah pasangan suami istri.. ya salah satunya dengan mendokumentasikan acara pernikahan kita. Ini moment penting dalam perjalanan hidup, jadi pilih-pilih dengan bijak🙂 ada harga ada kualitas.. nah, tinggal pilih manaa yang sesuai sama budget dan selera. Kita bisa pilih sepaket mulai dari photo prewedding, photo dan video liputan pas mulai dari lamaran hingga acara hari H resepsi kita.

5. kelima adalah DEKORASI

Supaya dokumentasi lebih apik dan undangan kita ga bosen karena ngeliatin kita doang, nah, dekorasi ini jadi salah satu yang patut diperhatikan.. Tentu saja yang paling penting adalah dekorasi lokasi akad (biasanya terfokus di meja untuk akad), kemudian dekorasi pelaminan, dan dekorasi kamar pengantin🙂 Koordinasi team dekorasi pelaminan dan dekorasi catering juga patut diperhatikan, jangan sampai nanti temanya saling tabrakan ya..

6. Keenam adalah GAUN / BUSANA

Pilih gaun yang sesuai dengan selera kita dan usahakan yang wanita menutup aurat ya🙂 biasanya fitting baju ini sudah dimulai dari minimal 6 bulan sebelum hari H, dan selalu cek ke rekanan kita setiap bulan untuk fitting terus, karena bentuk badan senantiasa berubah🙂 biasanya sih makin langsing🙂 hehehe… Menyewa menjadi pilihan yang bijak, karena kalau beli sendiri rasanya agak kemahalan ya.. hehehe.. kecuali kalau uangnya berlebih.. hehehe… jangan lupa juga mempersiapkan bahan untuk dijahit sama rekan-rekan kita🙂 terutama sahabat terdekat🙂 biar kalau seragaman atau dengan warna yang senada jadi lebih bagus kalau difoto.. hehehe🙂

7. Ketujuh adalah KARTU UNDANGAN

inti dari kartu undangan adalah mengundang dan memberitahu. meski sekarang sudah ada website, facebook, atau bahkan ada apps di android, tapi kartu undangan konvensional masih jadi pilihan🙂 dalam memilih kartu undangan ini tidak perlu berlebihan dan mahal🙂 jika undangan VIP, sertakan pula nomor meja, atau buat list saat di hari H, sehingga tamu VIP bisa diarahkan langsung ke meja terpisah. Ohya untuk pemilihan siapa yang diundang, kalau bisa dilist dari jauh-jauh hari supaya nanti ga ada yang ketinggalan🙂 Bagus juga kalau mau undang panti asuhan🙂 jadi bisa berbagi kebahagiaan juga dengan yang kurang mampu🙂

8. Kedelapan adalah SALON / MAKE UP & HAIR DO

biasanya rekanan untuk salon dan makeup ini sekaligus menjadi rekanan untuk baju sewa bagi penerima tamu atau among tamu🙂 jadi silahkan dipilih-pilih dengan bijak ya🙂 ada baiknya juga test make up dan simulasi make up nya mau kayak gemana.. ini penting banget.. jangan sampai ntar dimake up in yang too much.. jadi malah ga kenal lagi temen kita sama kita.. hehehe… kalau manglingin dalam konotasi baik si ya oke🙂 hehehe..

9. Kesembilan adalah TRANSPORTASI 

Ini juga penting nih.. apalagi kalau keluarga orang tua kita keluarga besar🙂 ada baiknya kita ikut memikirkan bagaimana mereka pergi dan pulangnya🙂 yang ga kalah penting nya mobil untuk berdua nanti pas selesai acara akan pakai apa.. kalau acara akad dan resepsi di satu tempat, ga perlu mobil.. hehehe.. jangan lupa juga perijinan keamanan dan parkir undangan.. hal sepele.. namun penting🙂

10. Kesepuluh adalah  SOUVENIR

Sekarang ini vendor untuk dokumentasi suka ngasih gratis photobooth.. nah ini bisa jadi pilihan souvenir juga🙂 kalau ada tambahan buat tamu kita atau sahabat terdekat kita, bisa kasih souvenir yang lucu🙂 biasanya souvenir yang bisa bermanfaat buat undangan yang hadir🙂 ga usah terlalu heboh kasih ipod juga sih.. ntar ditanyain KPK lagi.. hahaha…

11. Kesebelas adalah ENTERTAINMENT 

Ini penting juga nih🙂 siapa yang bisa bantuin buat jadi MC, trus hiburan yang berkualitas dan tetap apik, pilih musik yang sesuai dengan pilihan berdua, jangan sampai musik yang dimainkan malah bikin ill feel hehe.. pastikan sound system apa sudah termasuk dalam paket penyewaan gedung. ada baiknya pas resepsi tidak sepi sunyi senyap🙂 minimal ada background music untuk membangkitkan mood juga🙂

12. Keduabelas adalah PANITIA ACARA

Ini juga penting nih.. karena sebenernya ya acara resepsi juga perlu ada yang atur rundown dan ngecek semua kelengkapan dan persiapan. kalau undangannya banyak dan acaranya besar, pilihan untuk menggunakan bantuan event organizer jadi pilihan yang bijak.. atau kalau mau ada volunteer dari keluarga dan rekan atau sahabat kita juga bagus tuh🙂 bisa bantu diberdayakan🙂 Pilih dengan tepat siapa PJ nya dan siapa Pengisi acaranya🙂 pastikan dan pastikan sekali lagi🙂

13. Ketigabelas atau yang terakhir adalah kategori PELENGKAP ACARA

yang masuk kategori ini adalah bingkai foto keluarga di depan pintu masuk, atau biasanya ada juga semacam galeri, atau projector untuk menampilkan foto-foto sebelum hari H, buku tamu, trus ini nih yang jangan sampai lupa.. kotak angpau.. hehehe.. kotak ini jangan lupa digembok dan musti ada PJ khusus.. kalau bisa dari keluarga.. karena ini menyangkut masalah uang🙂 jadi perlu ditangani oleh orang terpercaya..🙂

Sepertinya itu dulu sharing saya pada kesempatan kali ini🙂 mudah-mudahan bermanfaat buat saya sendiri terutama🙂 Semoga kita semua diberikan keberkahan dan kemudahan dalam mempersiapkan segala sesuatunya.. Amiiin…

 

 

5 thoughts on “Tanggal 15 nanti.. (Part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s