Menjadi manusia pembelajar: pengalaman belajar di Taiwan

image

Alhamdulillah.. Saat ini saya sudah berada di penghujung finish masa studi master saya di Taiwan. Berbagai kisah ingin saya sampaikan mengenai bagaimana pengalaman belajar dan aktifitas di lab di sini.. Berbagai hal menarik dan baru cukup membuat sedikit shock.. Hehehe ya kebayangkan.. Udah 2 tahun ga kuliah.. Trus ketemu lagi dengan berbagai istilah yang harus ngerewind dan nyari ingatan dulu.. Hehehe.. Tapi bagusnya kalau kerja dulu trus ambil master adalah kita jadi udah kebayang prosesnya kayak apa di dunia nyatanya..
Oke sekarang mau ngomongin seluk beluk menjadi manusia pembelajar dan segala hal tentang perkuliahan disini..
Sipp.. Sekarang kita mulai dari cara absennya..
Di sini absen pakai kartu mahasiswa🙂 trus dosen akan cek kehadiran secara random.. Jadi jangan berharap bisa titip absen ya.. Si absen ini nanti akan kasih report ke dosen dan ke manager ICDF ku.. Kalau kita absen nanti pasti ditanyain ini kamu kemana kok ga dateng? Kan udah gw bayarin mahal-mahal.. Hehehe
Si Kartu ini juga cukup pintar buat bayar bus dan tiket MRT dengan harga mahasiswa serta jajan di 7-11.. tapi ga bisa ya kalau buat beli nasi uduk di pinggir jalan.. Laah menurut nganaa..
Ohya sistem absen tadi integrated dengan elearning yang seragam dan ada di semua kampus di Taiwan. Di e learning ini mahasiswa dituntut untuk selalu cek bahan kuliah, PR, tugas baca, review paper, bahkan ujian bisa aja dari sistem ini. System ini juga bisa buat conference dengan kampus lain. Soalnya di kelas kita lengkap ada kameranya segala. Kita pernah beberapa kali undang berbagai prof. Dari penjuru Taiwan buat ngisi materi kuliah🙂 di sini tentu saja ada juga email yang musti dicek, ada juga berbagai pengumuman lain..
Di sistem elearning ini kita juga bisa ambil mata kuliah, cek jadwal, bahkan bisa tau rangking kita secara nilai agregat dan rata-rata di kelas..
Sekarang sistem belajar dan suasana kelasnya gemana? Kalau sistem belajar.. Namanya Master tentu saja pembahasan lebih dalam plus harus proaktif sendiri.. Biasanya dosen hanya kasih overview, trus kita lebih banyak diskusi dari yang sudah dibaca.. Beberapa materi yang memerlukan practical work tentu saja musti disertai report.. Belum lagi setiap mata kuliah pasti ada paper review atau report.. Nah, kita dituntut ga boleh males dan deadliners. Kalau ga.. Nilai dan hasilnya pasti ga akan bagus.. Tugas juga macem-macem.. Ada yang sifatnya individu, team.. Ga ada dominan tertentu.. Ujian juga begitu.. Ga ada dominansi tertentu.. Dosen terserah kasih bentuk soal kayak apa.. Saya pernah dapet soal di dalam kelas.. Online yang langsung keluar nilai.. Atau di bawa pulang.. Buat tipe yang dibawa pulang ini paling seru.. Soalnya ga mungkin jawabannya ada di internet dan dengan kita mudah menjawabnya.. Butuh analisa dan pemahaman tertentu buat jawab soalnya.. Zzz…
Kelas tertentu juga pasti mengadakan fieldtrip gratis dan menghadirkan dosen tamu praktisi.. Biasanya untuk fieldtrip kita hanya bayar insurancenya saja.. Nah.. Dari sini kita bisa tau kondisi real industri di Taiwan seperti apa..
Buat suasana kelas.. Di kelasku yang semua anak wajib ambil mata kuliah.. Total ada 28 orang dari 10 negara berbeda.. Jadi cukup beragam🙂 nah.. Kelas minimal adalah 5 orang.. Saya pernah masuk ke kelas seperti ini.. Rasanya seru juga.. Jadi kayak private class.. Hehehe..

Oke.. Sekarang bagaimana dengan aktifitas di lab? Naah.. Di Taiwan ini setiap prof. Punya lab sendiri. Jadi kita tinggal tentukan minat kita bidang apa.. Kemudian buat proposal dan diskusi.. Selanjutnya kalau saling oke.. Kita tinggal serah terima mas kawin.. Hahaha.. Ya ga laah.. Hahaha.. Menariknya, di sini itu yang namanya guru bener-bener dihormati.. Kita musti ikut bantu prof. Kalau dia minta kita nemenin saat dia kasih ujian.. Atau disuruh bikinin poster buat conference.. Atau jafi asisten lab saat ada kelas lab yang dia ampu.. Ibaratnya kita tuh ya kerja buat dia.. Hehehe.. Di lab lain, karena saya punya 2 advisor dengan tipikal prof.yg beda.. Maka saya harus ada ketika prof. Ada.. Artinya datang lebih pagi dan pulang lebih telat.. Aneh ya.. Yup.. Tapi ini tradisi di sini🙂 tradisi lainnya juga adalah setiap alat di lab.. Seperti punya sesajinya tersendiri.. Boleh percaya atau ga.. Jadi di setiap alat apalagi kalau alatnya baru.. Biasanya ada semacam sesaji misal bungkusan snack.. Biasanya warna hijau.. Karena hijau melambangkan OK.. Hehe..
Untuk progress report hasil penelitian, haris dipresentasikan di depan teman lab dan prof. Ini membuat kita bisa dapat masukan dari yang lain.. Biasanya prof. Saya akan menunjuk random teratur kapan saya haris presentasi.. Kami punya file di dropbox yang bisa saling edit juga dan langsung kasih masukan buat apa saja yang telah saya tulis untuk thesis saya..
Selain itu.. Sebelum oral defense, kami diwajibkan ikut international conference dan setelah selesai, wajib menuliskan manuskrip untuk submit paper..

Tradisi unik lain adalah prosesi wisuda.. Di sini kita hampir bisa dipastikan 99% buat wisuda dengan teman sekelas sekaligus.. Karena wisuda hanya 1 kali setahun..

Setiap negara punya keunikannya masing-masing.. Dan inilah Taiwan🙂 semoga ulasan singkat ini bisa jadi memori saya saat telah kembali.. Hehehe.. Semangat buat kita semua ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s