Pengalamanku jadi Badan Pelaksana Universitas Terbuka Taiwan

Pernah gak sih kamu sadar kalau ternyata kualitas penduduk indonesia masih di urutan 121 dari 187 negara di dunia ini? Kalau ga tau dan ga sadar ya… gak dosa juga sih.. cuma ya kok miris banget sih! Jadi inget salah satu pidatonya pak Anies Baswedan kalau Gross Domestic Product (GDP) 57 negara OKI (Organisasi Kerjasama Islam) jika digabungkan hanya 79 persen negara Jepang. Padahal, negara-negara anggota OKI berlimpah sumber daya alam seperti Indonesia, Arab Saudi, Qatar, Iran, Irak, Libia. Zzzz.. banget kan..

Fakta lainnya, banyak sekali manusia asli Indonesia yang di ekspor sehingga menghasilkan devisa yang luar biasa banyak, namun kurang begitu dihargai, ya itu dia, rekan-rekan dari tenaga kerja Indonesia. Nah.. Alhamdulillah, atas inisiatif kakak senior kita di PPI Taiwan 2 tahun lalu, kini sudah berdiri Universitas Terbuka di Taiwan yang bisa mengakomodir rekan-rekan tenaga kerja Indonesia yang ingin kuliah ditengah kesibukan mereka mencari nafkah untuk keluarganya. Sebuah pencapaian juga di tahun ini, PPI Taiwan bisa menginisiasi program kejar paket  C untuk tenaga kerja yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang setingkat SMA.🙂

Antusiasmenya Alhamdulillah banget sangat tinggi. mereka berani meluangkan waktu seminggu sekali untuk mengikuti kelas online dengan fasilitator rekan-rekan mahasiswa yang sekarang belajar di Taiwan, kemudian dalam satu semester ada dua kali tatap muka dengan dosen atau tutor, dan tentu saja ujian tertulis selama 2 hari. Seneng banget atas semangat mereka! mulai dari yang sudah cukup berumur hingga yang baru beberapa saat lulus SMA, semua ada di UT Taiwan ini. Harganyapun sangat terjangkau, karena institusi ini buat kami para mahasiswa jadi ladang amal. ini salah satu investasi akhirat buat kami.. amiin.. kalau buat nyari duit sih.. saya ga bakalan ikut disini.. hehehe.. Tapi jangan salah, kalau kualitas lulusan dan manajemen pengorganisasiannya, boleh diadu sama yang berbayar lebih mahal dan lembaga profit seperti di Hongkong.

2013-11-11 16.19.14

saat ujian

Kebetulan, saya sejak setahun lalu ikut menjadi salah satu badan pelaksana UT Taiwan ini. yang saya kerjakan mulai dari persiapan pendaftaran, hingga mengawas saat ujian atau menemani pengawas UT dari Jakarta saat sidak ke lokasi ujian. Senang rasanya bisa melihat semangat mereka untuk memperjuangkan cita-citanya. Makanya ini juga jadi salah satu pelecut semangat! rasanya malu banget deh saya kalau sampai gak semangat.. udah sekolah gratis dan dibayarin buat belajar, tapi masih males! keterlaluan namanya! ga bersyukur! (tampar diri sendiri.. hehehe). Anak-anak pengurusnya juga asyik-asyik dan dari berbagai kampus di Taiwan. jadi nambah networking dan temen juga🙂 kalau udah chatting di grup, super kocak deh!

Mudah-mudahan idealisme rekan-rekan mahasiswa masih dapat terjaga🙂 demi masa depan Indonesia yang lebih baik! Semangat Indonesia!

nih website kita : http://ut-taiwan.org/

One thought on “Pengalamanku jadi Badan Pelaksana Universitas Terbuka Taiwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s