Trip Gratisan dari Youth Travel Taiwan ke Nantou

1379695_10151846779199792_2041688045_nYeaay, di tengah kesibukan nge-lab, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut trip gratisan ke Nantou. Sponsor trip kali ini adalah pemerintah Taiwan melalui youth travelnya. syaratnya gampang, tinggal ikut, trus nulis catatan perjalanan dan tentu saja foto-foto.. hehehehe…

Bersama 20 mahasiswa lain dari berbagai negara yang sedang sekolah maupun sedang ikutan short course, kami berangkat dari kampus jam 6 pagi. Bus yang kapasitasnya sekitar 50 orang ini cuma buat 20 orang.. sedaap! bisa guling-guling di bus ini mah.. hahaha.. kurang lebih perjalanan dari kampus ke Nantou sekitar 3 jam. sampai di sana, kami segera disambut oleh pemandu kami. kami diceritakan tentang bagaimana kisah klasik masa lalu kita.. halaah.. bukan-bukan, kisah tentang bagaimana suku asli di Taiwan. di Taiwan ini ada 14 suku asli yang saat ini dibantu oleh pemerintah untuk dijadikan lokasi wisata dan tetap dijaga serta dilestarikan budayanya. Sekilas, mereka ini mirip sama suku-suku yang berada di Kalimantan.  di Galery setinggi 2 lantai ini, kami diceritakan bagaimana mereka hidup, survive, membangun desanya setelah hancur akibat gempa besar di tahun 90an. mereka juga memperkenalkan produk khas mereka, cara berburu, menari, menyanyi, berpakaian, dan sebagainya. suku ini merupakan satu-satunya suku yang diperbolehkan oleh pemerintah untuk memiliki senjata api untuk berburu. namun demikian, mereka tetap menjaga kearifan dan kelestarian alam.

1379750_10202201890672183_564799537_nSuku yang bernama bunun ini dikenal saat ini menjadi daerah penghasil anggur terbaik di Taiwan. mereka mendapat ilmu dari Jepang, dan kini mereka malah ekspor ke Jepang. Mantaap! Setahun mereka bisa memanen sebanyak 2 kali. untuk itu, mereka juga dikenal sebagai penghasil makanan dan minuman yang berbahan baku anggur. packaging yang mereka buat lucu-lucu deh🙂 mereka semua tergabung dalam asosiasi petani. sehingga mereka sangat kuat bargaining positionnya. dan mereka juga bisa memaksimalkan keuntungan karena mereka bisa menjual langsung ke market.

Setelah belajar seluk beluk mengenai anggur, kami makan siang dengan makanan khas daerah sana. yang cukup terkejut (ciee bahasanyaa..) mereka punya teri pedes. ini mirip banget rasanya kayak teri bikinan mama… aaaa mendadak kangen..  setelah makan puas sampai 3 kali nambah.. hahaha.. saya bersama rekan-rekan yang lain belajar membuat peluit dari semacam bambu, trus bikin senapan kecil dari bambu juga, dan bagaimana caranya menangkap burung dengan bikin jebakan batman.. hehehe… seru juga, main-main kayak anak kecil lagi.. hehehe…

1374336_10151846781354792_593733908_nselanjutnya, kami menuju penginapan. penginapan kami terletak di kaki gunung jet (ga tau tulisannya bener gak.. hehe).. nama penginapannya kulupa.. hahaha.. ya bener si.. setidaknya saat menginap di sini kulupa beban hidup sementara.. hahaha.. ohya, untuk makan malam, kami sudah disiapkan makan di taman dengan aneka menu bakar-bakaran.. tentu saja mereka membakar babi! tapi untunglah.. mereka pengertian, jadi mereka membakar ikan terlebih dahulu sebelum membakar babi.. hehehe.. menariknya, malam itu, kami kedatangan anak-anak bunun yang unyu-unyu.. mereka perform nyanyian, tarian, juga permainan tradisional. seruuu!

Paginya, kami berjalan plus naik mobil truk berkanopi ke air terjun. airnya masih jernih banget! bikin kita semua langsung nyebur! seru abis dan bener-bener segeeer! kita malah sempet bikin kompetisi renang buat seru-seruan.. hahaha.. setelah puas, kami berjalan melewati jembatan gantung tua. ini jembatannya super tinggi! dan pas kita jalan diatasnya, tuh jembatan goyang-goyang dan berdecit-decit… ngeriii! tapi bener-bener bagus deh pemandangannya🙂

naah, acara ditutup dengan makan siang bersama di resto dekat sun moon lake. saya makan banyak seafood! senangnya🙂 kemudian tentu saja kami foto-foto dan naik boat keliling danau.

Terima kasih ya Youth Travel Taiwan buat acara trip gratisannya.. bagus nih kalau dibikin tiap sebulan sekali.. hahahaha! anyway, see you.. salam jalan-jalan!

dokumentasi perjalanan:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s