Mari Turun Tangan untuk Negeri Kita

Rasulullah pernah bilang kalau manusia yang terbaik menurutnya adalah manusia yang paling bermanfaat untuk sekitarnya. Nah.. jadi kini, bukan saatnya lagi kita hanya menggerutu sama apa yang terjadi di sekitar kita. yang menentukan baik tidaknya masyarakat ya bisa jadi karena diri kita sendiri. bayangkan kalau ini tertanam dalam setiap diri kita, kemudian keluarga, maka lama kelamaan masyarakat akan berubah menjadi lebih baik.

Sekecil apapun kita bisa berbuat sesuatu untuk negeri kita. jika kita bekerja. sisa waktu kerja kita bisa kita pakai untuk mengajarkan anak-anak di sekitar kita tinggal mengaji atau membaca tulis atau sekedar berbagi cerita bersama mereka. atau jika kita bisa, kita bisa buat suatu bisnis atau kegiatan yang bisa bermanfaat untuk warga sekitar. di depok rumah saya, kini kami punya workshop kue yang meskipun masih kecil, tapi lumayan, jika dapat pesanan dalam jumlah banyak, kami bisa mengajak setidaknya hingga 5-7 orang ibu-ibu lain untuk membantu kami. saya juga merasa beruntung punya ayah yang luar biasa care sama tetangga dan lingkungan sekitar. ayah saya aktif di masjid dan dengan adanya beliau di sana, ayah bisa membantu banyak orang di komplek yang membutuhkan bantuan. ada semacam dana darurat yang dikelola oleh DKM masjid sehingga bisa diberikan kepada yang membutuhkan.

nah, salah satu orang yang turut membuat hati saya makin semangat untuk berkondtribusi untuk negeri ini adalah pak anies baswedan ini. beberapa kali bertemu beliau sejak dari mahasiswa dan ikut beasiswa ppsdms, hingga saat bekerja setahun yang lalu, saya ikut inisiatif kelas inspirasi dari indonesia mengajarnya. kini, berkontribusi untuk negeri ini mudah-mudahan menjadi gelombang besar yang akan membuat negara kita semakin baik. sekarang meskipun saya sedang kuliah di Taiwan, alhamdulillah, kesempatan untuk terus berbagi dan membantu negeri ini terus terbuka. selalu saja ada jalan jika kita ada niat. semoga allah meridhoi semua usaha ini. amiin..

saya tidak bermaksud untuk ikutan kampanye atau membangga-banggakan, tetapi saya setuju atas sebagian besar isi yang beliau sampaikan. semoga semakin banyak orang-orang baik seperti beliau yang tergerak hatinya untuk membangun negeri ini. mari kita bantu bangsa kita! semampu kita🙂

One thought on “Mari Turun Tangan untuk Negeri Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s