Merencanakan Masa Depan

Hidup itu butuh perencanaan bung! agak kurang tepat buat diri saya kalau hidup itu seperti air yang mengalir saja. iya kalau ngalirnya ke kolam renang yang bersih. nah kalau ngalirnya ke comberan trus menggenang dan busuk bagaimana? hehehe… Nah, makanya butuh perencanaan.

Buat saya perencanaan ya ga usah terlalu ribet terus malah bikin pusing dan tidak achievable terus malah lesu dan letoy. Namanya rencana ya harus mungkin diraih dan harus dijalankan. perencanaan hidup yang kita buat juga harus cukup fleksible. kalau tidak, yang ada nanti malah bisa gila dan terobsesi. ya tidak apa-apa juga sih terobsesi, tapi kalau buat saya kok rasanya pegel aja kalau setiap hari ibaratnya disuruh sprint untuk kejar impian. yup impian memang untuk dikejar, apalagi kalau mimpinya bisa masuk surga nanti kalau pas udah meninggal. iya itu sih harus ya.. cuma caranya kan bisa macem-macem🙂 kita yang bisa atur sendiri gas dan rem nya.

karena saya masih belum berkeluarga (mohon doanya biar disegerakan ya🙂 hehehe ) ya perencanaan hidup saya masih untuk diri sendiri saat ini. tapi sudah terbayang sih, kalau nanti sudah berkeluarga alias sudah hidup berdua, bakalan jadi seperti apa. malah udah mulai itung-itung dan bikin rencana dari sekarang.. hehehe.. nah, itu harus dikomunikasikan ke pasangan atau calon pasangan. jangan sampai perencanaan yang dibikin memiliki vektor total negatif atau tidak bergerak alias 0. itu yang ditulis sama pak jamil azzaini dalam buku nya On sama inilah proposal hidupku keren tuh! (bantu promo..hahaha) kita harus menemukan partner yang tepat untuk mendukung rencana hidup kita. karena kalau tidak tepat.. wah.. ga kebayang deh.. naudzubillah ya🙂 hehehe..

target pun bagi saya akan saya bagi-bagi. mulai dari target harian. nah ini saya selalu tulis mau ngapain aja hari ini. terus target 6 bulan ini mau ngapain aja, apa aja yang harus dicapai dan jalan-jalan kemana aja.. hahaha.. dan target setahun serta 5 tahun ke depan. agak ribet. ya iyalah.. namanya juga mau mengatur dan ngerapihin. pasti butuh energi lah.. seperti kalau katanya hukum fisika, untuk merubah entalpi butuh energi.

trus bagaimana kalau targetnya tidak tercapai? ya dievaluasi kenapa tidak tercapai. apa targetnya ketinggian, apa kitanya males-malesan, atau waktunya kurang panjang, nah.. ini bisa didiskusikan kok. jadi ga kusut sendirian. enaknya lagi, kalau punya sahabat atau pasangan yang support, bisa diingetin kurangnya apa, kapan dengan target apa. nah.. jadi makin seru ya.. kayak main game🙂 abis ngelewatin rintangan satu, datang ritnangan yang lain. ini yang membuat saya terus hidup dan punya semangat. energi yang tidak habis🙂 alias pecicilan terus.. hahaha..

mudah-mudahan celotehaan ini bisa bermanfaat🙂 yuu kita bikin plan and make it happen! semangat untuk saya dan kamu!

One thought on “Merencanakan Masa Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s