Wisata ke Taroko Hualien Taiwan

Liburan itu memang paling menyenangkan. Apalagi kalau liburannya gratis dengan fasilitas lengkap. Muantaap! Thanks to icdf taiwan yang sudah mensponsori saya dan teman-teman buat jalan-jalan selama 3 hari. dua kata yang mewakili liburan kemarin = Keren banget!

Kami berangkat pagi pagi sekali dari kampus dan langsung menuju ke daerah Taitung. Alias Taiwan sebelah timur. Setiap jam lapar kita, makanan yang disediakan selalu prasmanan dengan meja bundar tengahnya yang bisa diputar. hehehe.. Menu saya selalu spesial, karena saya satu-satunya yang memilih vegetarian. Jadi saya selalu duduk spesial di meja program manager icdf.. Hahaha..
Hotel yang kami inapi pun hotel yang bagus🙂 juara deh kalau icdf bikin event. Ga tanggung tanggung.

Pemberhentian pertama kita pergi ke taman bunga di Hakka Cultural Park. Disini bagus bangeet! Hamparan bunga membuat kita tidak lelah berfoto foto.. Hahaha.. Di sini juga jadi base camp asosiasi petani dan penggiling beras.. mantaap🙂

Perhentian selanjutnya, kami pergi ke desa aborigin namanya Lalan village. Disini orang taiwan asli tinggal dan menetap. Tradisinya yang unik adalah dalam nemilih pasangan. Yang berhak memilih dan punya power adalah yang perempuan. Jadi yang cowo pasrah menerima. cewe harus make her first move🙂 Ohya, anyway, disini kita juga diajari menangkap ikan secara tradisional.  Tak lupa, kita juga memakai pakaian tradisional mereka. Terus menari dan menyanyi dengan gaya mereka. Seru juga.

Puas dari sana, kita ke pabrik penggilingan gula yang cukup tua di Taiwan. Kita kesini buat liat oleh-oleh sekaligus beli es krim. Malamnya kami menginap di hotel Marshall di hualien. Setelah check in dan dinner, kami habiskan buat jalan jalan keliling kota. Kotanya kecil, tidak ramai, tapi tetap indah. Keesokan hari, pagi pagi buta pun saya menyempatkan diri ke pantai buat foto sunrise.

Selanjutnya bagian yang paling keren dari perjalanan ini adalah ke taroko national park. Di sini kita nonton dulu di theater bagaimana mereka menjaga kekayaan alam yang gak seberapa dibanding indonesia..dari sini kita diajak berkeliling ke lokasi tebing tebing. Ini keren banget! Mereka bangun jalanan ini untuk membuka wilayah timur taiwan yang lebih sedikit penduduknya. Selain itu, jalan yang mereka buat membelah gunung batu cadas ini juga untuk kepentingan militer. Supaya jika dalam kondisi bahaya bisa memudahkan pergerakan logistik perang. Disini kita harus pakai helm karena takut ada batu yang masih saja bisa jatuh. Untuk membangun jalan yang membelah bukit batu ini bukanvperkara mudah. Sudah banyak korban berjatuhan dan meninggal karena kecelakaan kerja. Namun proyek masih tetap dilanjutkan demi tujuan tadi. Pekerja yang meninggal dan masih hidup hingga saat ini diberikan gelar semacam pahlawan oleh pemerintah taiwan. Menariknya lagi guide yang menemani perjalanan kami wanita yang sudah lumayan berumur lo🙂 dia bekerja part time selama lebih dari 15 tahun dan tinggal di daerah kaohsiung dekat kami. Dia tinggal selama beberapa minggu di hualien jika musim liburan seperti ini. Seru juga..

Lanjuut… kita kali ini datang ke pengrajin batu🙂 Pengrajin ini dapet bantuan khusus dari pemerintah Taiwan untuk tetap bertahan, karena mereka menganggap kerajinan batu ini adalah bagian dari kebudayaan yang penting untuk dilestarikan. mereka diliput TV dan dipromosikan🙂 kereen..di sana, kita dikasih kesempatan untuk buat dan mengukir sendiri batuannya. saya memilih batu yang mirip seperti pulau Taiwan. hehehe🙂 Malamnya kami makan di tempat yang unik dan makanannya unik. Ini kali pertama saya makan sayur bunga-bunga. Bunga yang dimakan itu orange dan panjang-panjang. enak.. krenyes-krenyes dan maknyus rasanya🙂

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berendam di hot spring! Seruu! Hotel yang kami inapi memang terletak di daerah pegunungan dengan hot spring alami. Di sini kita bisa mencoba hot springbsepuasnya.. Uenaaak! Mulai dari kolam renang besar biasa. Kolam berarus yang bisa diset macam macam. Atau kolam aroma therapi. Atau spa dan kamar uap. Luar biasaaa! Kita berendam cukup lama hingga tengah malam. Hehehe…

Perhentian berikutnya, kita ke Taitung forest park. di sini taman dan danau yang super luas, baguuuus! kita naik keliling sepeda ramai-ramai. panas terik matahari tidak terasa karena banyak pohon rindang🙂 Perjalanan lanjut makin ke Selatan, terakhir adalah museum prasejarah Taiwan. Dsini banyak sekali diorama dan benda benda arkeokogi yang ditemukan di taiwan. Part yang menarik adalah kami bermain tanah liat dan membuat kerajinan dari tanah liat. Berasa kayak jaman sd.. Ahaha.. Finally, kami pun pulang dengan membawa keceriaan.. Senangnyaa.. Terima kasih icdf🙂

berikut ini cuplikan video perjalanan kami ^^