Cerita Dibalik Layar Penampilan Tari di Kaoshiung

sesaat sebelum tampil🙂

Yap.. inilah salah satu pengalaman menarikku saat studi di sini. kisah ini berawal dari ajakan seorang kawan bahwa seluruh mahasiswa indonesia diminta tampil menari sebagai perwakilan kampus.. entah apa yang membuat pihak student affair disini begitu percaya sama temen-temen indonesia… hehehe.. ya.. oke.. kesempatan ini tentu saja harus dimanfaatkan sebaik mungkin.. karena selain membawa nama bangsa, kita juga akan bawa nama kampus..🙂

Sekitar 3 minggu kami latihan cukup keras.. ya gak keras-keras banget si.. ahaha.. soalnya kan lagi pad a sibuk kuliah, ngerjain thesis, nge-lab.. dan segala hal-hal akademik lainnya. kadang latihan baru mulai jam 11 malem.. soalnya musti nungguin temen yang baru pulang dari lab nya.. atau bahkan pagi-pagi karena di siangnya akan ada kelas.. hehehe.. selain itu, kita juga pakai tempat macem-macem.. mulai dari basement dorm, gym, di depan kelas, di depan hall sekolah,.. ahaha.. seru juga.. serunya karena rame-ramenya itu.. ya hiburan ditengah ngerjain report, baca journal atau aktifitas di lab..

Rencananya kita akan menampilkan 3 tarian sekaligus dalam waktu 15 menit. cukup ambisius, padahal sebelumnya ga ada yang bisa nari. alhamdulillahnya, karena anaknya banyak.. jadi setiap orang kebagian 1 tarian. yang cowo kebagian tari kecak… phiuuh.. ahaha.. lumayan lah.. gak sesusah yang cewenya. cewenya kebagian nari piring dan nari jaipong.. meskipun dibilang gampang untuk tarian kecak.. tapi untuk ngompakinnya ternyata ga gampang lo.. sueer.. tetep butuh latihan yang serius buat ngekompakin..

Koreografi tarian yang nantinya bakal kita tampilin nanti adalah hasil riset di situs youtube sekaligus pengalaman dari senior yang udah pernah ngelaksanain indonesian festival disini. jadi cara amati tiru dan modifikasi sangat berguna di sini.  waktu semakin dekat. beberapa hari sebelum kegiatan, ada beberapa kawan yang pergi ke lokasi dan melihat kondisi panggung. sehingga saat latihan bisa menyesuaikan dengan tarian yang akan kita tampilkan nanti. beberapa tambahan seperti video opening juga ditambahkan karena terdapat layar super besar yang ada di belakang kami.

Ohya, kami akan tampil di acara pameran pendidikan yang dihadiri oleh berbagai kampus di Taiwan. lokasi pameran ini ada di National museum of science and technology di Kaoshiung.

Tentu saja selain koreografi, kami juga harus mempersiapkan kostum, beberapa kostum kami persiapkan sendiri, beli kain dan menjahitnya, terus ada juga kostum pinjaman dari kampus lain. hehehe.. kita pinjem beberapa kostum dari kampus cheng kung di Tainan.. selain itu, kami juga mempersiapkan background music dan video untuk acara opening.

Ohya, tidak lupa, kalau di sini, jika kita mau bepergian, kita harus mendaftar asuransi. agak paranoid ya.. tapi ya begitulah prosedur di sini. jadi gak bisa kalau tiba-tiba ikut berangkat. semua harus di prepare.

Hari H!!!

Kita berangkat pagi-pagi. sebelumnya, kita memesan pientang alias nasi kotak dengan masakan indonesia. yang masak, ibu-ibu di kota Neipu, sekitar 15 menit dari kampus. Kaoshiung hanya berjarak 1.5 jam saja dari kampus. Sampai disana, kami segera istirahat, ganti baju, dan makan. Tak lama kemudian, kami siap di belakang panggung dan Tampiil!! hehehe.. awalnya deg-degan banget.. tapi begitu udah mulai nari.. deg-degan ilang.. kekeke…

Alhamdulillah semua lancar.. hehehe… kami mendapat applause dari ratusan penonton yang hadir pada saat itu.. senangnyaaa… Setelah itu, tentu saja kami tak membuang kesempatan.. kami keliling-keliling museum. ini museumnya keren bangeeet!! bener-bener menceritakan kondisi iptek dan perkembangannya di taiwan. dari negara pertanian, kemudian berkembang menjadi negara hightech di bidang IT, telekomunikasi, dan biotech. Cool..!! Setelah puas berkeliling, kami kembali dengan hati gembira ^_^

Salam Hangat ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s