Cerita Keseharian Kuliah di NPUST

Hai semua ^o^

kali ini saya mau cerita berbagai pengalaman di sini.. hmm mulai dari

Kuliah

salah satu dosen tamu dari industri

Kuliah di sini kita di deliver pakai bahasa inggris. jadi so far fine-fine aja.. masih ngerti apa yang diomongin sama professor-professor di sini. sistem absen di sini menggunakan kartu magnetic student card. Jadi sebelum mulai kelas, kita mendekatkan kartu ke alat absen tersebut. beberapa dosen tidak mengharuskan, karena udah saling kenal, karena ga semua mata kuliah kelas besar, jadi kalau ada yang ga masuk pasti ketauan.. hehehe..

Penyampaian materi macem-macem.. ada yang kuliah + praktikum di lab.. jadi apa yang dipelajarin langsung dipraktekin di praktikum, trus ada juga yang speech dengan tanya jawab, ada juga yang pakai video conference- jadi bisa kuliah di kamar dorm.. hehehe.. dan ada juga yang membagi mahasiswa untuk presentasi bab yang dipelajari, karena materi jadi lebih paham kalau menjelaskan ke orang..

Dosen

my advisors

Tipikal dosen di sini ramah dan bersahabat. mereka juga disiplin banget.. dan mereka sangat welcome dengan foreign student.. ohya biasanya kalau di sini, hubungan antara dosen dan mahasiswa sudah kayak partner kerja. jadi ya ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. rata-rata mereka lebih suka di Labnya dari pada duduk di kantor atau ngajar. jadi gak heran mereka semua produktif ngerjain project penelitian. ada dosen yang dari pagi sampai malam ada di lab untuk ngeliatin anak-anaknya kerja, dan dia ngerjain banyak hal..

Lab

salah satu sudut di lab

Lab disini lengkap banget.. mau alat apa aja ada.. hightech banget lah.. kalau ada alat yang ga ada, bisa request, jadi ga perlu takut.. Taiwan ini memang lagi banyak ngembangin biotech nya.. jadi dana dari pemerintah dan kampus untuk penelitian di bidang ini luar biasa besar… hal yang menarik adalah, kalau alat di sini suka dikasih sesaji.. hehehe.. biasanya snack dalam kemasan berwarna hijau.. kenapa? karena hijau melambangkan lampu indikator. kalau lampu indikator hijau, artinya proses berjalan lancar.. hehehe..

Hal-hal lainnya.. hehehe.. ^_^

a) biasanya di sini, kalau professor belum pulang, kita belum berani pulang.. hehehe..

b) kalau ada hari guru alias hari lahirnya lao tzu, nah kita ngasih ucapan dan hadiah ke teacher kita.

c) anak-anak di sini punya kegemaran olah raga.. mulai dari basket, bulu tangkis, jogging, waah.. pokoknya semua olah raga ada di sini. mau ga mau kita jadi semangat juga lo.. mau pagi buta, tengah malem.. masih ada aja anak yang olah raga.. ya tentu saja orangnya beda-beda.. aku sendiri olah raga berenang, basket, jogging, dan bersepeda.

d) di kantin, kita harus buang dan misahin sampah sendiri.

e) semua dapet kunci lab. jadi kita bisa akses kapan aja lab kita.. gak ada batesan waktu.. 24/7

Next time, saya akan cerita hal menarik lainnya ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s