International Lab. Symposium 2012 – Indonesia : My insight

Beberapa saat yang lalu.. gw berkesempatan mengikuti acara laboratory symposium terbesar di Indonesia. Ini pertama kali gw ikutan acara pameran dan symposium tentang lab. Ternyata dunia lab itu keren juga. Dia yang support berbagai macam industry. Mulai dari FMCG, Energy, Telco, dan sebagainya. Begitu luas cakupannya. Dan alatnya pun makin kesini makin keren-keren. Harganya pun juga keren sih.. hehehe..

Di symposium ini gw dapet beberapa insight.. diantaranya adalah..

  1. Laboratorium itu perlu mengidentifikasi dari awal, kira-kira penyebab ketidakpastian dalam pengukuran apa saja. Sehingga dalam pengukuran, dapat memperkirakan apa saja yang perlu diperhatikan.
  2. Dunia lab juga memerlukan berbagai sertifikasi pendukung selain ISO 17025 untuk menjamin seluruh kegiatan yang ada di lab. Salah satu yang terpenting adalah ISO 18000 untuk menjamin keselamat kerja.
  3. Untuk menjadi lab yang keren. Perlu menginvestasikan tidak hanya peralatan. Tetapi juga menginvestasikan pelatihan bagi analis. Karena analis merupakan ujung tombak dari lab. Semakin baik analis, maka akan berbanding lurus dengan kebaikan lab.

Nah.. itu sedikit yang bias saya bagi.. hehehe.. insight selain itu sifatnya agak private untuk pengembangan lab di kantor selanjutnya.. ya.. mudah-mudahan bias bermanfaat ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s