Teamwork in workspace : Sharing dengan adik-adik di IAAS :)

Sekitar 3 bulan yang lalu.. saya diminta untuk mengisi acara di IAAS. Kali ini temanya tentang bagaimana teamwork di dunia yang sebenarnya.. hahaha.. emang selama ini kita di dunia apaan ya? Hehehe..  gak kok.. ini Cuma becanda..  maksudnya, bagaimana sih teamwork yang baik itu.. fenomena apa yang terjadi dan bagaimana tipsnya.. hadir bersama saya ada 2 pembicara lain dalam sesi yang sama. Pembicara pertama, titis, alumni IAAS juga.. berbicara mengenai karakter apa aja yang dibutuhkan buat team yang baik..

Oke.. ktia mulai dari karakter yang saya temui selama ini.. sederhananya.. ada 3 karakter utama dalam team. Ktia sebut yang pertama sebagai detective.. kedua sebagai speaker.. ketiga sebagai mechanic. Dalam menghadapi tugas.. kerjaan.. ataupun problem.. tiap karakter ini punya perbedaan pandang dan pola piker.. serta tindakan yang dikerjakan.. nah.. seorang pemimpin yang baik.. harus bisa mengkombinasikan kekuatan dari ketiganya secara sekaligus sehingga menjadi team yang solid.

Sang detective akan selalu bertanya dari mana masalahnya.. mengapa ini harus dilaksanakan.. dan dengan kaca pembesarnya dia akan meneliti problem atau pekerjaan yang ada sehingga menjadi benar-benar jelas pokok permasalahannya.. di sinilah letak kekuatannya..

Sang speaker lain lagi.. dia akan berkoar-koar.. baik itu lewat email.. pembicaraan di meeting hingga di kantin.. bahwa ini lo masalahnya.. dia menjadi semacam reminder untuk yang lain dan membuat semua team menjadi tergerak untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan tersebut.. naah.. beda lagi dengan sang mekanik. Dia tak banyak bicara dan meneliti..tapi terus saja bekerja dengan focus hingga masalahnya selesai. Dia tidak perlu orang lain tahu dan menjadi popular..  yang penting kerjaan beres. Nah.. mantep kan.. apa salah satu diantaranya jelek.. enggak.. sama sekali enggak.. justru ktia butuh semuanya.. saling bergandeng tangan supaya kerjaan dan problem yang dihadapi bisa terselesaikan dengan efektif-efisien.

Setelah kita memetakan team kita seperti apa.. nah.. tinggal action deh.. ini dia beberapa tipsnya..

  1. Support bawahan.. jangan sekali-kali merendahkan apalagi jika berhadapan dengan pihak eksternal. Ini penting banget nih..
  2. Tujuannya diperjelas.. jangan sampai rancu.. pastikan bahwa mereka tahu mau dibawa kemana hubugnan kita.. hehehe..
  3. Komunikasi.. ya iyalah.. nenek-nenek juga tau.. pahit manisnya harus dikomunikasikan.. dan jujur ya dalam berkomunikasi..
  4. Kasih motivasi yang bener.. yang paling awet biasanya internal motivation.. ini adalah ketulusan dan penghargaan serta kenyamanan.. gak ada yang ngalahin ini..
  5. Atur sumberdaya jangan sampe overload atau kerjaan yang sifatnya project dan kegiatan sehari-hari harus dipastikan gak ngeganggu..

Mudah-mudahan bermanfaat ya kawan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s