Photoshoot Brownies Mr. BrownCo

Kalian mau tau bagaimana caranya memfoto produk-produk makanan supaya terlihat lebih menarik? Meskipun saya belum expertise di dunia foto memfoto ini.. ya tapi ini yang saya tau.. nah.. Ini tips sederhananya ya..

  1. Search di google.. konsep makannnya kayak apa.. trus bagaimana cara fotonya.. hehehe..

Mulai dengan amati, trus tiru.. dan sedikit modifikasi.. ini akan jauh lebih efektif.. dan lebih terkonsep..

  1. Siapin makanannya.. ya iyalah.. dan peralatan pendukung..

Nah.. siapin makanannya yang bener ya.. kalau bisa cari garnis yang cukup kontras.. trus warna taplak yang dipakai.. sendok garpunya..

Berbagai trik bisa dilakukan. Kalau mau foto air es trus ada es batu.. gunakan resin bening berbentuk kubus biar gak mencair pas di shoot. Trus kalau mau shoot embun di gelas.. bisa gunakan vaselin dan semprotkan air di dinding gelas.. trus kalau mau foto eskrim.. biar gak mencair cepet.. bisa pakai campuran mentega, pewarna dan tepung.. ya.. itu sih pinter-pinternya kita aja nyiasatinnya…

  1. Gunakan lampu tambahan – flash light

ini berguna banget kalau kita foto dalam ruangan. Dari pada naikin ISO trus ntar gampar pada bintik-bintik saat diperbesar.. lebih baik dikompensasikan ke penambahan cahaya aja. Ohya, kalau gak mau pakai lampu, bisa juga shoot deket jendela. Ini cahayanya juga bagus loo..

  1. Setting kamera dan jepret..

Ini sih variasi banget ya.. Cuma saran saya sih gunakan bukaan f yang besar aja. Supaya keliatan depth of field nya gak gede. Atau.. lebih baik lagi pakai lensa makro.. nah.. kalau pake lensa ini sih ya udah gak usah ditanya lah.. udah pasti mantep hasilnya di f 11 sekalipun. Tujuannya supaya lebih menonjolkan sisi terenak dari si makanan.. jadi focus mata langsung dibawa ke makanan.. bukan ke sendok, pirin, atau gelas yang digunakan pas shot..

  1. Crop.

Ini juga part yang penting.. soalnya menurutku, foto makanan yang bikin tempting itu yang emang focus ke makanannya.

 

Selamat berekspresi ya.. nah.. kalo ini hasil foto saya.. ya.. baru dikit sih.. ntar kapan-kapan coba lagi.. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s