My Super Trip to Derawan-Maratua-Kakaban Islands, East Borneo

Alhamdulillah.. akhirnya jadi juga berangkat di bulan Mei.. hehehe.. soalnya ini second trial setelah di bulan februari gw gagal berangkat bareng temen-temen kantor karena ada kerjaan kantor yang gak mungkin gw tinggal. Alhamdulillahnya waktu itu duit tiket pesawat bisa dibalikin meski hanya 75% kalo gak salah.. ya lumayan lah.. dari pada lumanyun.. hehehe..

Derawan ini terletak di Kalimantan timur.. sebenernya dia masuk ke kabupaten berau.. dan di kabupaten berau ini ada puluhan pulau.. kenapa gw tertarik banget dateng kesini? Jauh-jauh dari Jakarta.. mau liat apaan sih emangnya? Naah.. gw pengen banget bisa megang jelly fish dan berenang bareng jelly fish.. hehehe.. dan spot ini hanya ada 2 di dunia lo.. satu di Indonesia..dan yang lainnya ada di Pulau Palau kepulauan pasifik Micronesia. Naah.. bangga gak sih.. Indonesia punya beginian.. ini dia makanya yang membuat saya bener-bener pengen banget dateng ke kepulauan derawan ini..

Hari 1

Yeaah.. Gw berangkat dari bogor pagi-pagi buta. Jam tiga udah berangkat dari kosan trus ke damri. Sampe di bandara pas banget subuh.  Takut aja kalo ntar macet di jalan.. secara tol bandara kalo liburan panjang bin kejepit begini ramenya minta ampun.. jadi daripada daripada.. mending berangkat kepagian..🙂

Gak lama kemudian sobat seperjalanan gw dateng.. Danny.. ini temen-temen kantor udah ngeledekin abis-abisan dikirain gw mau honeymoon di sono.. hahaha.. ya gak laah.. orang kita bertigapuluh di satu travel.. hahaha.. menurut ngana…  oke.. trus kita langsung check in dan mulai masuk bandara.. ohya fyi.. ini pertama kali gw menginjak pulau kalimantan.. loo.. hehe..

Perjalanan akan ditempuh dari Jakarta, kemudian transit di Balikpapan.. dan langsung ke Tarakan. Selama di perjalanan kita udah nebak-nebak mana aja orang yang bakal pergi se travel sama kita. Hehehe.. ternyata beberapa tebakan kita bener..

Sampai di tarakan sekitar jam 11 siang kemudian gak lama kemudian kita langsung diangkut pakai bus TNI AL ke darmaga penyebrangan kapal. Di sini kita pas banget satu travel dapet 1 kapal. Dari tarakan menuju kepulauan derawan memakan waktu sekitar 2.5 jam dengan speedboat kecepatan tinggi. Alhamdulillah banget cuaca cerah dan ombak tenang.. jadi praktis tidak ada hambatan selama diperjalanan.. ohya kita makan siang dengan pecel ayam di kapal ditambah supplemen antimo biar bisa tidur.. hehehe.. pecel ayam ini jadi makan ayam terakhir di derawan.. soalnya abis itu kita makan ikan terus.. hehehe…

Alhamdulillah sekitar jam 4 sore kita sudah sampai di pulau Maratua. Ini adalah pulau yang akan kita tinggali selama 3 malam ke depan.. pulau ini cukup luas. Dan di sini juga ada danau yang ada ubur-uburnya. Cuma sayangnya sangat sulit diakses. Sehingga kita gak sempet ke danau yang ini. Penduduk di pulau ini berjumlah sekitar 2000 orang. Terdapat SD, SMP, dan SMA di pulau ini. Jadi cukup lengkap juga. Di sini juga tersedia telepon, internet, dan bioskop.. hahaha.. ya gak lah.. masa ada bioskop.. hehehe.. penduduk di sini mayoritas muslim. Jajanan anak sekolah di sini adalah sosis dari Malaysia dan otak-otak ikan.. di pulau maratua, ada sisi yang terdapat garis pantai.. juga ada yang bergaris pantai hutan bakau. Nah.. di sinilah banyak sekali penyu ktia temukan. Alam nya masih alami banget. Sebagai transportasi mayoritas jalan kaki dan sebagian lagi naik motor. Katanya Cuma ada 2 mobil di pulau maratua ini. Ohya di sini juga ada puskesmas.. dan kantor KUA trus kantor kecamatan.. karena memang maratua adalah 1 kecamatan.

Rumah yang ktia tinggali sederhana namun nyaman. Ada 2 lantai dan Terdiri dari banyak kamar. Sudah ada TV dan kipas angin.. jadi ya lumayan banget.. setelah berkemas, mandi, dan sholat.. gw segera siap-siap hunting ke resort water villa. Jaraknya kurang lebih sekitar 500 m dari lokasi penginapan kita. Sunset hari pertama ini subhanallah banget.. keliatan banget ROL nya🙂 zupeer..

Sekitar jam setengah 7 kita kembali ke penginapan untuk makan malam. Abis makan malem.. gw ngabisin dengan baca buku di depan rumah dan milih buat tidur cepet. Persiapan buat ambil sunrise besok.

Hari 2

Alhamdulillah bisa bangun Sebelum subuh. Dan abis subuh, kita berangkat ke darmaga di sisi lain pulau untuk melihat sunrise. Subhanallah.. indah bangeet.. sip.. udah puas.. kita langsung sarapan dan ngeliat anak-anak SD Maratua ini beraktivitas. Soalnya SD nya persis banget deket sama penginapan kita. Gw ma danny sempet ngobrol sama gurunya.. ternyata anak-anak SD di sini lumayan banyak lo.. lebih dari 140 anak..

Abis moto anak-anak SD ini.. kita pun berangkaaat.. spot pertama adalah pulau Nabuco.               Ini pulau resort dan yang ngelola adalah orang jerman.. huhuhu..  pulau ini keren.. villanya bagus cocok buat honeymoon.. hahaha.. kita di pulau ini ngeliat-liat dan jalan-jalan di darat aja. Abis itu, kita ke pulau seberangnya.. ini pulau Cuma pasir datar.. lumayan luas.. trus kita berenti ke beberapa spot snorkeling. Karang di sini bagus-bagus.. Cuma memang ikannya  pas lagi gak terlalu banyak.. tapi ini subhanallah banget lah..🙂

Abis itu kita makan siang..  dan lanjut ke pulau Kakaban. Nah ini dia nih.. tujuan utama gw.. ngeliat dan berenang bersama ubur-ubur di kakaban. Pulaunya luas dan berair asin. Kenapa bisa gak beracun ubur-uburnya? Ya itu karena kehendak Allah.. kalo para biologist sih jelasinnya karena mereka di sini gak ada predatornya.. selama ribuan tahun mereka terperangkap di dalam atol ini.. jadi mereka gak ngeluarin racun..  ini bener-bener subhanallah.. kayak nyemplung di dunia lain.. pas berenang ada ratusan ubur-ubur yang lewat-lewat.. dia kembang kempis maju mundur.. unyu-unyu bangeet.. *ciumuburubursatusatu* di sini gw ngeliat ada dua jenis.. yang satu yang besar.. dan yang satu tipis panget kayak selembar kain potongan bullet terbang-terbang.. ohya berengan di sini tidak disarankan mamakai fin. Soalnya karena sepakan fin kita.. ubur-uburnya bisa ngebelah jadi 2.. T_T kasian ya.. karena saking tipisnya.. ohya pas di sini kita juga pas barengan sama syuting acara.. gak tau namanya.. tapi yang jelas banyak crew TV dan ada presenternya lagi ngomong di depan kamera pake logo RCTI.. mungkin acara Indonesian Idol.. hahaha… rasanya megang ubur-ubur gemana? Persis kayak megang konjaku jelly. Geli-geli gemanaaa gitu.. hehehe.. ubur-ubur yang berenang bareng gw ada yang mulai dari segede kuku, sampai segede telapak tangan.. itu yang keliatan si.. gak tau mungkin ada lagi yang segede gw.. *kebanyakannontontipi*

Puas main sama ubur-ubur di kakaban.. kita pun menuju spot snorkeling berikutnya.. ya.. kemudian pulang untuk mendapatkan sunset berikutnya di darmaga. Malamnya.. kami ada acara bakar-bakar.. yeay.. kita bakar jagung.. eh.. disini jagung barang mahal loh.. karena musti ambil dari Tarakan atau Balikpapan. Di sini gak bisa tumbuh jagung. Sayur pun juga susah.. jadi bersyukur banget tuh tinggal di jawa barat.. apa-apa gampang..🙂 Alhamdulillah ya.. puas bercengkrama dengan sesame traveler lain.. mereka rata-rata udah pernah kemana-mana.. jadi gak rewel dan asik-asik anaknya🙂

Hari 3

Tentu saja kita hunting sunrise lagi.. trus ktia ke derawan.. jarak dari maratua ke pulau derawan cukup jauh ternyata. Sekitar 2 jam. Di sektiar pulau derawan, ktia sempet snorkeling dan main di pulau gosong.. alias pulau yang isinya pasir semua… di derawan.. pulaunya lebih ramai.. dan semacam kurang syahdu buat liburan.. hehehe.. keramean sih.. ya.. semacam gili manuk di Lombok.. penuh dengan resort dan lain-lain.. gw sih lebih suka suasana di maratua.. di sini kita makan siang.. dan beli oleh-oleh..

Selanjutnya tentu saja kita kembali nyemplung untuk snorkeling.. hingga sore hari.. segeeer.. ohya malam minggu kemana nih? Naah.. kita pun memutuskan untuk sama-sama ngobrol-ngobrol sekaligus memandangi langit yang penuh dengan bintang-bintang di darmaga. Indah banget subhanallah… persis kayak di planetarium.. gak ada awan.. very clear twenty twenty.. angin pun tidak terlalu kencang.. Cuma sepoi-sepoi.. pas bangeeet.. ohya pas kita memandang langit.. ktia sempet ngeliat bintang jatuh lo.. alias asteroid yang menabrak bumi.. aaaa… subhanallah.. udah gitu kita sambil makan es kelapa muda lagi… slurp.. segeeer… Alhamdulillah..

Cukup lama kita duduk-duduk tidur-tidur.. gegoleran di darmaga.. gak berasa udah jam 10 dan mata mulai gak bisa diajak kompromi.. sip..

Hari 4

Ini hari terakhir kita di maratua. Pagi ini tetep aja ktia hunting sunrise.. hehehe.. gak bisa bosen.. soalnya keren.. udah gitu bisa ngeliat penyu berenang-renang sesuka hati sambil makanin daun bakau.. aaah.. kereen..

Pagi ini ktia sudah siap-siap dan berkemas kembali ke tarakan. Bye-bye maratua dan derawan..

Sampai di maratua, setelah makan siang.. kali ini dengan ayam..finally..  hehehe… kita ngeliat bekantan di taman nasional hutan bakaunya tarakan. Bekantan ini monyet maskotnya dufan.. naah.. tau kan.. ya Cuma bedanya ini monyet gak warna-warni sih.. ya semua badannya berbulu cokelat.. hehee.. menurut nganaa.. ada yang lagi berantem.. ada yang lagi tiduran asik di atas pohon.. trus ada juga yang lagi ngopi.. hah? Seriusan gal.. ya menurut ngana.. oke.. di sini mirip kayak taman ekowisata di deket pantai indah kapuk Jakarta utara.. teduh banget.. pas banget di saat matahari di tarakan lagi terik-teriknya…

Finally.. inilah spot terakhir kita.. ohya gak lupa juga beli oleh-oleh ikan asin yang tipis-tipis kayak kerupuk buat di rumah.. Alhamdulillah.. perjalanan lancer.. Cuma pas pulang naik pesawat.. deg-degan abis.. soalnya abis dari Balikpapan.. pesawat udah terbang 10 menit.. trus balik lagi dong ke bandara.. seumur-umur naik pesawat baru kali ini balik lagi ke bandara.. ternyata pressure di cargo agak ngedrop.. sehingga harus di cek dan balik lagi. Alhamdulillahnya gak papa.. soalnya serem aja.. huhu.. ya.. at the end happy ending lah.. hehehe.. gw sampe bogor finally jam 1 malem.. sampai jumpa di acara menikmati kebesaran Illahi berikutnya.. kayaknya ke pulau komodo keren ya.. satu-satunya di dunia lo.. dan Cuma ada di Indonesia.. hehehe.. yuu mari..  sapa mau ikuut?

6 thoughts on “My Super Trip to Derawan-Maratua-Kakaban Islands, East Borneo

  1. foto2nya mana ni bang?
    ane belom pernah kemari, tp dh pernah ke pulau komodo..
    visit komodo is a must, bang🙂
    visit what you voted, worthed banget, asli dah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s