Mengajar di Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar : Sebuah Kontribusi untuk Negeri Kami Tercinta

Yattaa…. Alhamdulillah banget nih.. bisa ikutan gabung di social movement kelas inspirasi. Kelas inspirasi ini dimoderatori oleh Indonesia mengajar. Sebuah yayasan nirlaba yang aktif mengirimkan duta-duta terbaik negeri untuk mengajar SD di pelosok daerah.

Kelas inspirasi ini adalah sebuah bentuk gerakan kongkrit kepedulian kaum professional untuk menginspirasi adik-adik di sekolah dasar di pelosok Jakarta.

Proses taunya sederhana.. karena mantengin twitter sahabat-sahabat ku yang sudah lebih dulu ikutan Indonesia mengajar. Trus karena menarik banget, akhirnya ikutan daftar deh. Alhamdulillah bisa keterima diantara 200 professional lainnya. Seneng banget🙂 soalnya yang daftar lebih dari 600an orang. Yeaay..

Nah, sebelum penyelenggaraan kelas inspirasi ini, kami terlebih dahulu dikumpulkan di auditorium PGN. Waaw.. seneng banget bisa ketemu banyak temen baru dan tentu saja pak anies baswedan. Di sana ternyata juga ketemu sesame beasiswa ppsdms. Seru..

Acara diawali dengan penjelasan dari pak anies mengapa gerakan ini dibentuk. Yup.. bener banget! Gearakan ini tergagas untuk mengakomodir rekan-rekan yang sebenarnya peduli dengan pendidikan.. siapapun itu..  namun kesempatan untuk mengabdi selama setahun di daerah terpencil tidak memungkinkan. Nah.. kegiatan ini harapannya bisa menjadi jembatan, dan media untuk memberikan sumbangsih kepada negeri. Kegiatan ini harapannya mampu menjadi inspirasi bagi kita semua, bagi masyarakat Indonesia, dan adik-adik yang nanti kita datangi. Karena kita masih yakin bahwa pendidikan adalah salah satu cara paling efektif untuk akses mobilitas vertical. Dan kita semua adalah buktinya. Mengapa kita harus repot-repot? Karena pendidikan ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah. Namun kita semua. Percepatan daya dorong tidak hanya bisa digantungkan oleh satu instansi atau badan.. semua elemen harus bergerak untuk mempercepat. Dan melalui kelas inspirasi Inilah saatnya memberikan kembali apa yang pernah kita dapatkan.  Menginspirasi adik-adik untuk terus sekolah. Karena jika ada kemauan pasti ada jalan.

Di kesempatan meeting perdana ini, kami juga diajarkan beberapa trik mengajar! Indeed.. menarik banget. Sebenernya udah keliatan banget ni acara dibikin santai meski serius. Sang MC mengkondisikan acara seperti di dalam kelas SD. Jadi saat sambutanpun, kita tidak hanya tepuk tangan biasa. Tapi pakai tepuk wush lah.. trus yang lucu lagi sambil meragain lampu, kamera, action! Hahaha.. ini sumpah.. kocak banget dan suasana jadi jauh lebih cair.

Selanjutnya, tentu saja kita dibagikan kita akan mengajar di SD mana saja plus dengan siapa partner mengajarnya. Total ada 25 kelompok yang disebar ke berbagai daerah di Jakarta. SD yang dipilih merupakan SD yang berada di lingkungan marginal. Sehingga kesempatan untuk bertemu dan diajar oleh orang luar merupakan sesuatu yang baru.

Saya masuk ke kelompok 20 dan mendapatkan sekolah di SD Duri Pulo. Dan inilah rekan satu kelompok saya:

  1. Ario = entrepreneur muda ini punya bisnis ngurusin kargo pesawat etihad
  2. Karina = staf ahli kepresidenan UKP4
  3. Cika = banker yang mengurusi CSR di bank permata
  4. Wicak = second man nya director Aquarius musikindo
  5. Gita = breeder tanaman di perusahaan benih, alumni IPB juga🙂
  6. Rene = penulis buku terkenal “your job is not your career” dan “ultimate U”
  7. Zoya amirin = psikolog

Seru kan? Nah.. kita pun mulai berkoordinasi via email dan bbm hingga kopi darat tentang materi apa aja yang mau disampaikan, trus pernak pernik apa aja yang mau dibawa, jadwal pembagian kelasnya seperti apa.  Dan survey lokasi. Ohya, kita juga bahas teknis berangkatnya, soalnya kita musti udah standby di sekolahan jam 7 pagi.

Persiapan gw sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Brownies panggang buat gift ke guru-guru dan sesame pengajar
  2. Produk nutrisari FV 125ml dan hilo school buat memudahkan penjelasan saat mengajarkan apa aja yang gw kerjain di kantor
  3. Peta Indonesia dan makanan khas daerah supaya di mereka kegambar bahwa potensi Indonesia itu sangat banyak untuk makanan lokalnya. Lagian biar mereka tau bahwa makanan enak itu gak Cuma spaghetti sama pizza ataupun fried chicken.. hehehe..
  4. Gambar makanan dan jajanan yang sehat dan tidak sehat supaya sekalian ngejelasin ke mereka, mana aja jajanan yang boleh dan gak boleh dimakan
  5.  poster serta alat bantu lainnya J
  6. Kamera dong pastinya.. hehehe..

Akhirnya tibalah tanggal 25 april. Ini hari kerja lo… dan kita emang sengaja ambil cuti buat dateng dan ngajar di kelas inspirasi ini. Rugi? Gak.. sama sekali gak! Yang ada malah seru abis.. karena bakalan ketemu banyak orang, ketemu adik-adik yang unyu-unyu dan berbagi.. asyiik.. hehe..

Yups.. Pagi-pagi buta kita udah saling ping dan miscall biar kebangun. Jam 3 tuh udah sibuk beres-beres. Gw rencananya berangkat bareng gita. Karena sama-sama dari depok. Sebenernya kita janjian jam setengah 4 pagi. Tapi eh ternyata, kok dia gak nongol-nongl, akhirnya gw memutuskan untuk berangkat sendiri ninggalin dia. Haha.. maaf ya git.. padahal yang gak tau jalan gw. Ya udah lah ya.. gita nyusul pake mobil ketemuan langsung di sd nya. Sedangkan gw, sempet nyasar ampe stasiun kota. Hahaha.. sok-sok an sih.. Huhuhu.. untunglah geng aryo dan Karin dengan baik hati nungguin gw di Lawson sambil sarapan isi perut.. Sekitar jam 6 kami pun tiba di sd duri pulo.

Sd duri pulo ini cukup besar.. besar banget malah.. dibandingin dengan sd waktu gw sekolah dulu. Soalnya ada 9 sekolah yang ikutan gabung di sini. Banyaak yaa :0 sekolah ini Dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Dekat sekolahan ini ada pasar dan rel kereta api. Jadi cukup ramai kondisinya. Akses jalan masuknya cukup sempit. Kalau mobil pas-pasan harus gentian masuk.

Sang pengobar inspirasi sudah mulai berdatangan. Kami tak lupa memperkenalkan diri dulu ke dewan guru, kemudian siap-siap untuk masuk ke kelas. Ohya, kami dapat ruang untuk mempersiapkan diri di perpustakaan. Di ruang perpus ini, terlihat computer seri udah lama banget teronggok begitu saja di ruang perpus. Kata seorang guru, computer itu sudah lama tidak digunakan karena rusak. Nah.. kesempatan tuh.. sapa mau nyumbang computer tuh..🙂

Partner ngajar pertama gw bareng sama gita. Kelas pertama yang kita masukin adalah kelas 3. Di awal sempet rada speechless dikit sih.. ya ampuun.. ni anak-anak muka innocent begini mau gw apaain ya… hehehe… daan, ya sudah.. kita isi dengan cerita, bernyanyi, yel-yel, dan belajar bareng. Gita cerita tentang bagaimana pentingnya jadi petani.. trus kita belajar nanem sayur. Seru abiis.. gw cerita bagaimana susu dibuat dan diformulasikan hingga proses pengemasan. Dan terakhir, bagaimana mengenal makanan Indonesia sambil belajar geografi. Waa.. satu kelas aja udah serek begini.. gemana ngisi 5 kelas berturut-turut? Waaw.. salut banget deh buat para guru kita. Saluuut… selanjutnya gw ngisi di kelas 2 dan 5 bareng sama Karin. Karin nyampein tentang pentingnya planning. Dan gw bawa permainan lain, yakni menentukan jajanan mana yang sehat dan yang enggak. Nah.. ternyata mereka udah pada pinter semua.. mana yang sehat dan yang enggak. Cuma.. ada beberapa jajanan yang mereka anggap itu aman, padahal enggak. Contohnya ciki yang sangat gurih dan es limun yang warnanya mencolok. Nah.. kesempatan banget deh aku buat jelasin.. bahaya nya dimana.. mudah-mudahan anak-anak pada ngerti. Lanjut kelas berikutnya kelas 1 dan 6 dengan partner gw cika. Cika jelasin tentang pentingnya uang dalam kehidupan kita. Trus kita semua belajar mendesain uang. Seru juga nih!

Mengajar paling berat memang ada di kelas kecil alias kelas 1-2-3. Ini effort untuk bikin anak-anak perhatian ke kita lumayan banyak. Cuma.. sekalinya anak-anak udah lengket.. hasilnya bisa ngikut terus.. hehehe.. malah ada salah satu anak yang minta.. kak.. besok ngajar lagi ya.. T_T huhuhu.. bikin terharu.. nah, kalau ngajar yang kelas 5 dan 6 itu udah mulai sedikit lebih waras lah.. mereka udah bisa mikir dan gak macem-macem. Jelasinnya juga enak karena pada anteng serius dengenerin..🙂 mereka semua pinter-pinter lo.. soalnya setiap akhir kelas, kita selalu minta feedback dengan mereka disuruh berdiri di depan kelas dan bercerita. Naah.. ini mereka pada berani loo.. salut kan! Berarti masa depan Indonesia masih cerah ini.. hehehe.. mudah-mudahan mereka termotivasi untuk sekolah yang tinggi.. supaya bisa berkontribusi juga ke masyarakat.. –berat amat ya.. hehehe…

Next.. gw gak akan berhenti sampai di sini.. gw akan terus menginspirasi.. hahaha (jangan geli ya bacanya) karena kita smua adalah sang inspirator bagi sekitar kita! Bravo!

5 thoughts on “Mengajar di Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar : Sebuah Kontribusi untuk Negeri Kami Tercinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s