Wisata Kuliner Bogor : part 2

Hai-hai.. jumpa lagi dalam sesi membedah wisata kuliner bogor. Ternyata posting saya yang part 1, banyak sekali yang mengakses (T_T)*terharu*, selain itu, ternyata juga banyak yang memberikan saran lokasi-lokasi wisata kuliner baru di bogor.. terima kasih ya.. *peluk satu-satu*

Kali ini, saya akan share lagi hasil jalan-jalan saya mengunjungi lokasi wisata kuliner di bogor..

Soto karak – air mancur
Berlokasi di dekat air mancur, kalau dari istana bogor, nengok kanan terus, nanti pasti ketemu. Resto ini special karena sekaligus juga sebagai galeri bagi kerajinan tangan dan batik khas bogor. Sang pemilik, ibu…. Sudah beberapa kali dimuat di media massa karena kreatifitas kerajinan tangannya dan batik bogor ciptaannya. Di sana saya mencoba 2 menu. Satunya adalah soto karak tentunya, yang satunya lagi adalah nasi dalam bamboo bercampur dengan jamur shitake ditambah dengan lauk ayam, ikan asin, dan sayur asem. Rasanya.. maknyuss!! Cuma porsinya dikit aja. Kalo makan 1 porsi nasi, itumah Cuma cacing di perut doang yang makan.. hehehe..

ali baba resto
Penasaran dengan resto bergaya timur tengah di kota bogor. Saya akhirnya mampir juga di resto alibaba ini. Lokasinya persis dekat dengan resto kedai kita. Dari segi kenyamanan, buatku agak kurang ya, karpet nya udah lumayan lusuh dan banyak asap sisha. Zzzz… buat saya yang cukup merasa terganggu degnan bau asap kurang nyaman berada di tempat ini. Anyway, disana saya nyobain 2 tipe nasi kebuli. Yang pertama ayam, yang kedua dengan iga. Yang ayam, rasa nasi kebulinya tidak lebih enak dengan yang versi daging. Jadi lebih baik pesan yang versi daging ya. tapi sebenernya kalau mau jujur, nasi kebulinya masih lebih enak bikinan mamanya temen ku naseh dan azmi. hehehe.. dengan harga yang ditawarkan, menurutku value for money nya agak kurang kali ya.. mending makan di resto sebelahnya, kedai kita.🙂

Pecel super ibu dewi – pajajaran
Berlokasi di jalan pajajaran, bersebrangan dengan karaoke huppy puppy, pecel super ibu dewi ini menjadi alternative makanan sehat. Gado-gadonya enak. Waktu itu saya makan nasi campur gado-gado dengan ikan mujair nya. Enaaak..

Iga bakar di deket balai karet
Sengaja makan ke sini Cuma untuk nyicipin iga bakar madunya. Ternyata lumayan juga, meski tidak seenak iga madunya s-one café di sebelahnya, tapi dengan harga yang lebih murah, iganya oke laah.. hehe..

Rumah solo
Nah, resto ini memang lokasinya agak tersembunyi. Kalau tau rumah sakit Bogor Medical Center. Nah, resto ini lurus terus sambil nengok ke kanan. Resto bergaya solo yang sangat kental ini punya menu yang sangat solo. Mulai dari gudeg, botok, salad solo, sosis solo. Mantaap! Semua manis ya pastinya.. aku udah nyobain menu-menu tadi dan menurutku enaaaak… Cuma gudegnya 11-12 kalah tipis sama gudeg deket BMC yang aku ceritain di part 1. Gudeg itu belum terkalahkan. Ambiencenya enak banget, banyak area hijaunya. Perabotannya pun unik, bagus untuk foto-foto. Ada meja dari bekas mesin jahit, sampai becak. Lucunya… harganya pun reasonable. Jadi mampir aja kesana ya..

Mie aceh – resto gampoeng aceh
Pas lagi hujan di bogor, enaknya makan sesuatu yang bisa bikin perut hangat. Nah, mie aceh ini patut dicoba. Cukup pesan dengan versi pedas yang sedang saja, bibir aja udah kebakar.. hehe.. mie aceh memang dikenal dengan mie berisikan seafood dipenuhi rempah-rempah. Rempah-rempah itulah yang bikin perut jadi hangat.. meskipun tidak seenak mie rajali waktu saya mampir di banda aceh, tetapi setidaknya cukup mengobati rasa kekangenan sama mie aceh. Rasanya sih cukup standard. Tidak waw gemana gitu. Enak lah..

Warung nasi ampera – jalan baru
Warung nasi ampere ini sih udah ada dimana-mana ya kayaknya. Intinya tempatnya enak, dan makanannya juga enak. Parkirannya luas. Terakhir kesana waktu ada acara jumpa alumni IAAS bogor. Pesen ayam bakarnya. Enaaak…

Dapoer sunda
Dengan harga yang murah tapi kualitas maksimal, resto ini oke banget lo! Dia ada di depan resto sushi hatsu tei – bogor. Di menunya sampai ada tulisan kalau ada yang lebih murah, akan diganti selisihnya! Mantap kan.. ambience nya juga enak banget lo.. waktu itu kesana malem-malem dan cobain menu ikan dan ayamnya.. mantaap.. dan muraah.. hehehe..

Steak obonk
Steak obonk ini terletak di dekat rumah sakit PMI. Tempatnya kecil nyempil. Steak di sini harganya ok. Walaupun memang tetep lebih mahal dari pada steak and shake (kalo itu murah banget ya.. hehe). So, memang ada harga, enaknya juga beda. Lebih enak dari steak and shake.

Soto bogor mang dayat – gang aut
Mau tau soto bogor yang paling enak? Nah.. ini dia tempatnya. Namanya soto mang dayat di gang aut. Santannya pas, tidak pecah.. jadi bener-bener mantap. Saya pesan pakai daging. Soalnya kalau babat dan sebangsanya takut kolesterol euy.. hahahaha..

Bubur kacang hijau gong tju
Mau tau bubur kacang hijau paling enak se bogor? Nih tempatnya! Di surya Kencana ada namanya gong tju. Mouthfeel nya mantap, rasanya manis, gurih, dan aroma jahenya pas banget. Harganya memang lumayan mahal untuk ukuran bubur kacang hijau. Dibandingkan dengan bubur kacang Madura yang pakai susu, menurutku ini jauh lebih mantap. Selain bubur kacang hijau, disini juga dijual nasi goreng petai. Waktu itu, saya coba nasi goreng biasa, karena emang gak suka petai. Rasanya menurut saya sangat gurih, enak, tapi jadinya little bit over menurutku.

7 thoughts on “Wisata Kuliner Bogor : part 2

  1. punten kang. hehe bukan dapoer soenda tapi dapoer geulis terus bubur kacang ijo guan tjo. Ralat aja, haturnuhun, abdi warga bogor juga

  2. nice info……
    mw saran neh klo bisa kisaran nominal harganya dicantumin biar yg baca (termasuk saya) bisa menyiapkan budget dan ga ragu2 cz takut budget ga cukup buat nyobain kuliner di tempat2 yg direkomendasiin.

    salam kuliner

  3. Pingback: wisata kuliner kota bogor | Info Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s