My Photo-Trip to Belitung Island

Tau negeri laskar pelangi? Ya.. anda benar.. negeri ini bernama Belitung. Tulisan ini tertampang sangat jelas saat kita berada di bandara baru Belitung ini. Propinsi yang tergolong muda ini memiliki daya tarik yang luar biasa karena kepopuleran novel lascar pelangi karya andrea hirata… kini, surga yang dulu terpendam memiliki magnet yang luar biasa dahsyat.. sampai saya sendiri pun mengunjunginya.. hahaha.. lebay amat dah..

Oke.. perjalanan ini dimulai dari ajakan maut sang suhu dan guru fotografi saya, Ko Edo. Tanpa pikir panjang.. kesempatan untuk belajar dan sharing dengan para fotografer dari penjuru Indonesia langsung saya ambil.. worth it banget lah.. soalnya emang ini tour didesain khusus untuk para fotografer. Yang ngadain adalah GPI, ini semacam kumpulan pecinta fotografi begitu lah..🙂 komando nya ada di Om Jeffry..

Dengan berbekal uang 3.1 juta sudah termasuk tiket pesawat, tax, hotel bintang 3, pemandu, makan, transportasi.. pokoknya kompliit.. selama 3 hari 2 malam.. saya sangat puas!! Indeed!! Satu-satunya yang saya tidak puas adalah saya membawa filter merek Tianya.. filter untuk fotografi merek ini sangat tidak direkomendasikan untuk dibawa..😦 nyesel aku.. banyak foto yang jadi color cast.. gak jelas warnanya kemana.. melenceng.. haish.. tapi untungnya ada beberapa foto yang terselamatkan… jadi masih bisa pamer foto lah.. hehehe…

Di pagi buta jam 4 pagi, saya sudah bangun.. dan segera bergegas ke airport. Praktis saya hanya tidur 2 jam saja. Sebab, di malam sebelumnya, saya harus ke depok untuk bertemu dengan sahabat. Dan kembali ke bogor larut malam. Perkiraan saya perjalanan ke airport akan macet. Ternyata tidak. Jam 6.30 pagi saya sudah sampai di bandara.. haha.. padahal ngumpulnya baru jam 9, itupun kalau pesawat tidak delay. Dan ternyata bener.. delay Pesawat delay hingga pukul 11 siang sodara-sodara.. zzz…(-____-)” nunggu itu memang sesuatu banget deh.. orang yang dari bandung aja baru berangkat ke airport jam pas aku udah nyampe di bandara. Miris… hehehe.. tapi tetep dibuat seneng aja.. kan bisa sholat dhuha dulu.. *alim*

Total grup ada 20 orang dengan berbagai latar belakang… saat itu aku yang paling muda.. hehehe.. perjalanan ke Belitung di bandara tanjung pandan dari Jakarta memakan waktu sekitar 1.5 jam. Cepet juga ya.. sampai di bandara, ktia langsung dijemput dengan 2 van besar. Dan langsung menuju hotel. Hotel grand pelangi ini hotel bintang 3 pertama di Belitung. Dia dekat dengan pantai Air Saga. Kurang lebih 2 km dari pusat kota. Setelah meletakkan barang di hotel, perjalanan dimulai dengan makan siang seafood di pinggir pantai. Maknyuuus.. udang, ikan, cumi, komplit! Dan yang paling enak dan seger ini nih.. minuman jeruk kuncinya.. mantaaap…

Setelah kenyang makan siang, perjalanan dilanjutkan ke tanjung tinggi. Di sini adalah salah satu lokasi shooting film layar lebar lascar pelangi. pantai dengan kontur batu granit menjulang. Berpasir putih. Indah luar biasa. Subhanallah. Selesai hunting di sana, kami segera ke tanjung binga untuk menikmati sunset. Karena sehabis hujan, maka langit masih mendung, sehingga praktis tidak bisa terlalu berharap banyak dengan kepulan awan-awan, tetapi dengan adanya darmaga kayu yang puanjang.. sangat menarik dijadikan object. Termasuk slow shutter dengan siluet kapal.. nice..

darmaga tanjung binga

Malam harinya, kami makan di resto sari laut. Resto ini terkenal dengan baso kepitingnya.. mantaap.. enak banget. Lokasinya di jalan wahab azis tanjung pandan. Tempatnya bersih dan legaa… bisa buat main bola.. hehehe.. tentu saja makanan yang disajikan adalah sari laut. Mulai dari kepiting dengan berbagai bumbu, udang  bakar, ikan goreng dan bakar.. wow.. Alhamdulillah.. maknyuuus…

sunrise🙂

Sesampai di hotel badan langsung rebahan gak kuat.. dan less.. langsung bobo. Keesokan paginya, kita sudah dibangunin dari jam 4 pagi. Kali ini kita akan mengejar sunrise dari tanjung kelayang dan batu berlayar.. indahnyaaa… subahanallah!! Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke pulau kera, pulau burung.. ini juga gak kalah indahnyaa.. luar biasa… selanjutnya kami makan siang ke pulau lengkuas, di sini terdapat mercusuar yang tingginya hingga 16 lantai.. naik turun pakai tangga besi..  lumayan kan.. kita nyebutnya tangga aborsi.. hahaha…  :)

pemandangan dari atas mercusuar🙂

Puas jepret, kami bergerak ke berbagai lokasi untuk melihat dan mengitari batu telur, pulau tukong, dan istirahat di pulau kepayang. Selanjutnya, kami menunggu sunset di pulau babi kecil… sumpah demi allah.. ini indahnya luar biasaaa… subhanallah!! Malamnya kami makan baso ikan special di resto bukit berahu. Ini resto agak masuk ke hutan tapi indahnya dan masakannya…mangstaaab… seger banget baso ikannya.. kaldunya mantaap..  tenaga terkuras karena foto-foto terisi kembali.. selanjutnya kami istirahat di hotel. Ohya, aku sekamar dengan mas ismu. Beliau ini orang depkeu yang udah lama banget tinggal di Belitung.. waa… jadi banyak cerita deh sama beliau.. mantaaap…. Mana gear nya juga Nikon dengan lensa super widenya.. mangstab…

sunrise di danau kaolin🙂

Keesokan paginya, seperti biasa, kami bangun sebelum matahari terjaga. Kali ini kami mengendap di danau kaolin. Danau ini bekas penambangan kaolin. Senyawa untuk membuat porselen, dsb. Di Belitung barat ini banyak sekali tambang kaolin, sedangkan di Belitung timur, yang banyak adalah tambang tembaga. Sunrise dari sisi ini luar biasa indah.. pantulan sempurna dari awan dan matahari di danau membuat makin cantik🙂

Selanjutnya, kami mengunjungi kedai kopi keh belitong dan suto belitong – ini semacam lontong sayur yang bumbu khas Belitung – kedai kopi ini sangat sederhana, berada masuk ke gang, ditengah bangunan tua, diiringi kicauan ratusan burung wallet , sedari pagi terlihat penduduk asli belitong yang duduk-duduk santai mengobrol sambil menyesapi kopi hitam belitong, tak jauh dari kedai tersebut sekitar 200 meter kami juga sarapan mie belitong – rasanya unik semacam mie ayam berkuah yang beralaskan daun simpor. Rasa rempah dan aroma seafood dari bumbu nya khas sekali. Unik. Kedua tempat ini berada persis sangat dekat dengan monument batu hitamnya atau disebut batam Belitung.

Walaupun sebagai sesame fotografer.. kita pun juga tetep narsis dengan gaya yang kocak. Kami tidak lupa foto-foto di tengah jalan di dekat monument batu hitamnya Belitung.. hehehe.. kebetulan memang pas sepi.. jadi gak malu-maluin amat lah.. hehehehe….

Selanjutnya, kami mengunjungi kembali tanjung tinggi untuk mendapatkan view di sisi lainnya.. mantaap… dan makan siang di resto seafood untuk mencoba gangan, dan belacan khas Belitung. Ohya, penjelajahan kami itu baru di Belitung barat lo.. sisi pantai dan pulau-pulau kecil di kawasan belitung barat memang punya keunikan untuk para fotografer.. jadi kita eksplore di situ…. nah, kalau si lascar pelangi itu, dia ada di Belitung timur. Manggar, gantung, nah, itu semua ada di Belitung timur. Dan itu dengan mobil sekitar 2 jam lagi. Jadi Belitung itu pulau yang cukup besar lo.. gak sekecil yang aku kira.. hehehe…

Finally… Tak terasa memang, kami sudah harus kembali ke Jakarta. Senang … banyak dapet foto bagus, belajar teknik baru, mendapatkan teman baru juga… memang Indonesia indah banget ya…🙂 I love Indonesia!! Mudah-mudahan saya dan kita semua bisa dikasih kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat keren lain di Indonesia🙂 amiin… kalau ada yang mau bikin trip dan kasih info tempat apalagi yang harus dikunjungi🙂 tolong kasih tau saya ya….🙂

17 thoughts on “My Photo-Trip to Belitung Island

1. wiii…udah nyampe belitung aja dia…..mantap…banyakin posting ginian dong, aye demen bgt :D…huehehehehehe…err…krn gw newbie, ngelink2 ke blog iku piye carane?

• makasih ya.. oke.. ntar dibanyakin deh postingan beginiannya.. mudah-mudahan bisa jalan-jalan terus.. amiin..
      ngelink blog pakai links di dashboardnya bu.. tinggal tambah add links

2. Ohiya, cobain ke Sorowako mas, kata yang pernah kesana, kehidupan bawah lautnya lebih bagus dari Belitung. Oh sama Danau Maninjau. Itu juga bagus buat tempat hunting foto, yang ini aku liat sendiri bukan kata orang.

• mantaap🙂 baiklah.. memang ada rencana juga ke sana.. tapi pengen ke derawan dulu nih🙂