Malang Trip 2011: Bromo, Sempu Island, Jatim Park ^_^

Yeaay! Kali ini kita berkesempatan liburan bareng lagi… hohohoho….. biasanya selalu misah nih antara sahabatku di kantor dengan sahabat sma ku.. kali ini.. aku gabungin.. sahabat kantor plus sahabat SMA… heee.. alhasil total 16 orang yang ikutan.. banyak bener ya.. yup! Tapi jadi seeru banget!

Rencana liburan ini sudah disusun sejak 1 ½ bulan yang lalu.. kita sudah mulai berdiskusi tentang mau kemana saja kita selama di Malang.. selain pastinya ke Bromo.. karena semua belum pada pernah ke spot ini.. akhirnya tersusunlah jadwal yang super padat untuk 4 hari 3 malam di Malang.. hahahaha.. gak tau deh.. ini bakalan tepar atau enggak..

Jadwalnya sbb:

1. Hari 1 / kamis = air terjun coban rondo, keliling kota batu
  2. Hari 2 / Jumat = Bromo, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular
  3. Hari 3/ Sabtu = Pulau Sempu + Segara anakan, Kuliner
  4. Hari 4 / Minggu = Cangar Hot Spring, Kuliner

Pesertanya sebagai berikut: Darius, Fachmy, Inggit, Ratih, Nanto,Yunus, Ridwan, Karen, Septi, Inge, Hesti, Rina, Yoga, Ara, Galih, dan Riri. Sebenernya agak kecewa ini.. soalnya harusnya Dianita dan Indri bisa ikutan.. tapi apa daya.. mereka sedang ada project yang harus dikerjakan sehingga kami harus merelakannya.. ahaha.. lebay..

Tiket kereta sudah kami pesan jauh-jauh hari.. soalnya takut kehabisan.. ohya mesen tiket kereta juga gak gampang lo.. soalnya pas mau beli tiket tunai, jaringan di bogor lagi offline.. fiuuh.. akhirnya mau gak mau harus telpon ke hotline tiket.. sekali nelpon Cuma bisa untuk 8 orang.. alhasil gw nelpon 4 kali untuk mendapatkan 16 tiket pulang pergi.. dan batas pembayaran harus tidak boleh lebih dari 3 jam.. atau booking tiket hangus.. ooo.. karena aku gak bawa atm mandiri.. akhirnya aku minta tolong sama indri.. thx ya ndri..

Mendekati hari H, aku semakin galau.. hahaha.. soalnya kebayang bakalan seru abis nih perjalanan..

di hari Rabu.. kita berangkat dari stasiun bogor ke stasiun gambir naik pakuan.. trus kita naik metromini ke senen.. tepat jam setengah 5 kita udah sampe.. kirain pertama nyampe..eh gak taunya inggit udah nyampe duluan.. hahaha.. mau ngepel stasiun kayaknya dia.. hahaha.. selanjutnya berdatangan secara berurutan yang lainnya berkumpul di Hokben.. Hokben di senen ini agak miris.. sepertinya ini Hokben yang tidak masuk list jaringan Hokben.. hahaha.. kita sempet berpikir ini karyawannya pasti karyawan buangan dari Hokben lainnya.. hahaha.. piss.. just kidding..

setelah semua komplit, kami pun masuk ke kereta.. keretanya agak terlambat berangkat.. baru berangkat jam 18.30.. suasana di kereta bisnis ya.. anget.. hahaha.. trus memang banyak penumpang yang gak dapet kursi.. jadi aja penuh sesak Menuhin lorong kereta.. perjalanan berakhir di stasiun pasar turi.. kami sampai di keesokan harinya di pukul 7.30 pagi..

stasiun pasar turi Surabaya

setelah puas mengantri di wc yang jumlahnya limited ini.. kami bergegas untuk naik bus ke terminal bungur asih. Bus P05 ini bisa dicapai dengan hanya berjalan kaki lewat pintu belakang stasiun. Jangan terkecoh oleh tukang becak yang menawari tumpangan seharga 5 ribu.. anda niscaya akan menyesal.. karena jaraknya deket banget.. hehehe..untung aja gak jadi naik becak itu..

dari terminal bungur asih.. kita naik bus ke malang seharga 15 ribu saja.. perjalanan ditempuh sekitar 2.5 jam.. dengan bottle neck terlama di Porong.. di situ macet banget.. kami turun di perempatan karang Lo. Sebelum mencarter angkot, kami isi tangki perut dulu.. ada yang makan baso, pecel, soto, es kelapa.. ya terserah deh.. untungnya yang jual makanan ada banyak..

setelah bernegosiasi dengan angkot.. jadilah kita diantar ke penginapan yang sebenernya kita gak tau tuh tempat di mana.. CP penghubung kita tidak bisa dihubungi.. haish.. ya udah.. percaya pada ingatan saja..  setelah puter-puter lumayan lama.. akhirnya jam setengah 3 sore.. sampe juga kita di penginapan.. lokasinya di jalan Indragiri no. 10-12 .. di villa PT. POS Indonesia.. villanya terdiri dari 1 aula dan 3 kamar tidur yang besar dan nyaman… Alhamdulillah.. senangnya.. ohya.. villa ini disponsori sama dianita lo.. thank you ya Dian ^_^!

villa at Batu. Thx to Dianita ^_^

Selesai beberes dan sholat.. kami segera meluncur ke air terjun coban rondo. Lokasinya sekitar setengah jam dari villa.. air terjun nya tinggi lo.. ada kali sekitar 50an meter lebih.. dengan debit air yang cukup besar.. membuat semakin indah air terjun ini… setelah puas berfoto-foto..

at coban rondo

kami melanjtukan perjalanan ke alun-alun kota batu sambil mencari makan malam… alun-alun kota batu sungguh semarak.. selain ada berbagai lampion indah.. ada juga kicir-kicir yang cukup tinggi.. wah.. keren ini… anak-anak jadi gak usah perlu ke mall.. cukup ke alun-alun kota saja.. senangnya.. harusnya di Depok ada beginian juga nih..

Alun-alun Batu.. bagus banget!

Malam ini kami hanya istirahat di kasur 3 jam saja.. sebab jam 12 malam.. kami sudah harus bangun dan berangkat ke panajakan.. spot taman nasional bromo-tengger-semeru untuk melihat keindahan 3 gunung tersebut.. menaiki colt L300 yang nyaman.. kami diantar selama 2.5 jam ke lokasi pananjakan.. setelahnya.. kami harus melanjutkan perjalanan dengan menaiki jeep hartop. Udara di atas gunung sekitar 10 derajat.. lebih dingin dari suhu AC di kantor.. haha.. akhirnya terpaksa beli kupluk untuk nutupin kuping biar gak terlalu dingin…

Subhanallah banget deh.. emang bener ni gunung wajib kalian kunjungi.. langit yang clear.. aku bisa ngeliat jutaan bitnang di langit.. moment yang sangat jarang terjadi di depok.. apalagi di bogor.. bisa ngeliat bintang dengan begitu jelas… so sweet…  kamera tentu saja dalam posisi on terus.. dan jeprat-jepret gak berenti-berenti.. pake long shutter speed.. ada kejadian lucu pas di sini.. berikut petikannya..

Septi : Gal.. ini kok gak bisa ya..

Galih : hmm.. coba setting kamera lo disamain kayak gw.. ini gw aja dapet..

Septi : oke.. shutter speed 30 detik.. iso 3200.. f nya di 11.. focus di manualin.. sip..

trus.. cekrek.. shutter pun dipencet.. setelah ngeliat .. kok tetep gak mau ya galih.. apa gw ganti Nikon aja ya? hahaha…

galih : eh.. coba lu cek lens cap nya deh..

septi: hahaha.. iya belum kebuka.. ya mpe lebaran kuda juga gak mungkin bisa.. hahahaa…

Sunrise at Bromo

moment matahari terbit di atas gunung ini memang luar biasa indahnya.. bener-bener kereen banget.. sekali seumur hidup.. kalian harus nyobain ya.. nyesel kalo enggak.. hehehe.. kami pun jepret-jepret sampai pukul 8 pagi.. selanjutnya perjalanan dilanjutkan.. kami semua terlelap di dalam mobil.. sepertinya semua mimpi hal yang sama.. betapa indahnya ciptaanNya..^_^

destinasi selanjutnya.. kami tidak langsung ke villa.. tapi kita langsung main ke jatim park 2.. woooo… bodo amat deh.. bau badan dan muka bantal..udah gitu gembolan jaket kemana-mana.. gak peduli.. pokoknya lanjut main! Hahaha.. jatim park 2 ini bagus banget lo..  dengan tiket masuk 50 ribu.. ini worthed banget.. karena desain bangunan dan theme park nya benar-benar didesain serius.. kayak di luar negeri.. te o pe be get e deh… spot fotonya banyak banget.. dan bener-bener ngebuat kaki gempor.. soalnya muter-muternya lumayan jauh.. bukan lumayan deng.. tapi emang jauuh..  ada baiknya nyewa scooter listrik.. itu akan sangat membantu…

jatim park 2

kita di jatim park sampai maghrib.. hahahaha… luar biasa.. selanjutnya team mecah jadi dua.. yang satu team LEMAH.. yang satu team KUAT.. hahaha… team L kembali ke penginapan karena sudah gak kuat lagi.. dan yang team K.. lanjut main ke BNS! Batu Night Spectacular.. aigoooo…. Team K terdiri dari fachmy, inggit, septi, Karen, Ridwan, nanto, dan aku sendiri.. hahaha… sebenernya kita gak tau jalan.. dan males kalo naik ojek.. karena pasti jatohnya jadi mahal banget untuk jarak yang dekat.. alhasil.. aku ngeliat pick up teronggok di pinggir jalan.. dan kita puny aide untuk nyewa tuh pick up ke BNS. Dan.. beneran dong.. Ridwan dan inggit maju ngelobi yang punya pick up.. dan hasilnya.. kita ke BNS pake pick up! Hahaha.. kereen.. norak.. haish… beruntungnya lagi.. pas mau dibayar.. si sopir gak mau.. wow.. ya udah deh.. kita doakan saja.. supaya si bapak supir rejekinya makin banyak.. amin..

Tim KUAT di BNS

di BNS ini kita sempetin untuk makan malam.. di sini system bayarnya pakai isi voucher.. ntar kalo mau makan.. tinggal gesek deh.. unik juga…. ^_^.. lanjut kita masuk ke lampion-lampion untuk foto-foto.. harga ke taman lampion ini hanya 10 ribu saja.. di sini baguuus banget…. Lampionnya keren-keren! Gak rugi deh! Kejadian lucu itu pas kita mau foto di atas lampion balon udara.. si nanto harus mencet si shutter dan berlari sekenceng2nya biar sampai di atas tepat waktu.. hahaha… niat abis.. ya kapan lagi.. hahaha… abis itu kita liat pertunjukan air mancur.. lagu yang diputer pas banget .. “rumah kita”.. haaa… mata udah berair.. karena denger itu lagu.. inget sama pas perpisahan SMA.. huhuhuhu… dancing fountain ini menurutku lebih keren dibanding yang di Grand Indonesia.. soalnya ada pertunjukan laser dan api-apinya.. kereeen… ohya trus di atas langit-langit.. setelah acara dancing fountain.. ada pertunjukan film di layar yang super panjang.. ada kali tuh layar sepanjang 150 meter.. menggantung di atas langit-langit foodcourt.. keren abis! Salut untuk BNS! TWO THUMS UP!

Badan cape dan pegel sih pasti.. tapi belum selesai lo.. setelah itu kita naik jet coaster sebagai hidangan penutup..  di sini kejadian kocak kembali terjadi.. pertama.. si nanto aku minta tolong bawa kamera.. padahal itu jet coaster serem abis.. dan kita ketawa-ketawa ngeliat dia kesusahan megangin tuh kamera.. hahaha.. yang kedua.. ini lebih kocak lagi.. ada satu oknum beinisial RDW gak jadi naik roller coaster.. padahal dia udah pake sabuk.. dan mitna turun.. hahaha.. ohya perlu ditekankan.. dia ini cowo! Hahaha.. dasar.. penakut.. jadi ragu aku dia beneran cowo bukan sih.. hahahaa… sorry ya.. piss.. ^_^ oke.. saatnya pulaang! Alhamdulillah ada angkot kosong jatuh dari langit.. hahaha.. alhasil setelah nego cukup a lot.. dia mau jgua nganterin kita ke villa.. di jalan sebenernya dia agak marah.. lo.. soalnya kita gak tau letak pasti villa.. dan sepertinya dia menyesal udah nganterin kita.. hahaha.. sempet terpikir ni kayaknya bakal diturunin ditengah jalan.. tapi untungnya itu hanya fantasi ku .. syukurlah.. jam 9 malam kita udah sampe di villa.. mantaaap!

Keesokan harinya kita udah harus bangun pagi karena kita akan ke pulau sempu!! Yeay! Kami berangkat dari jam setengah 8 pagi.. menggunakan 2 mobil charteran.. sebelum berangkat.. kita sempet diskusi berat tentang siapa harus di mobil yang mana.. soalnya mepet dan tricky.. hahaha.. kami sempat sarapan dan membekal di pecel ayam jalan kawi..  nikmatnya! Jalan kami tempuh sekitar 3 jam untuk sampai di sendang biru.. dari sendang biru.. kami menyebrang dengan kapal penduduk sekitar 15 menit saja.. dari sendang biru.. perjalanan ajaib dimulai.. dengan kondisi jalan yang licin dan bertanah lempung.. pakai sepatu atau sandal gunung wajib hukumnya kalau mau kesini.. jangan sampai ke sini pakai sandal buat ke mall.. bisa gak nyampe ntar.. hehehe.. selama dua setengah jam kita masuk hutan… huuu.. mantapp.. jalannya juga gak Cuma datar.. ya tapi persis kayak naik gunung.. ada naik turunnya juga.. lengkap.. kalo jatoh dan kejedot.. udah biasa kali.. aku berkali-kali kepeleset dan sekali kejedot pohon.. haish.. .. tapi memang keindahan danau laut segera anakan ini memang luar biasa.. ohya.. perlu diingat.. karena kita harus sudah sampai di area penjemputan jam 5 sore.. artinya kita Cuma punya waktu sejam di spot segera anakan.. haaaaa… cape bener deh.. ini waktu Cuma buat makan.. sholat.. dan foto sejepret-jepret aja.. udah.. ada baiknya nanti kalo ke sini lagi harus nginep atau nge camp.. ohya parahnya.. di sini gak ada air tawar.. jadi harus ngebekel air tawar selama perjalanan dan di sana.. grrrr… mantap.. inilah makan siang paling mewah.. dan paling susah.. perlu 2.5 jam pergi.. dan 2.5 jam pulang.. Cuma untuk makan dan menikmati pantai yang Cuma 1 jam.. hoooo.. tapi puas.. puas capenya.. huehuehue… ohya, pas pulang.. ada kejadian keren juga.. yakni lautnya jadi surut.. akhirnya kita harus jalan kurang lebih 100 meter dari Titik pantai semula.. karang-karang juga jadi pada keliatan.. subhanallah..

sesaat sebelum ke Sempu (masih pada senyum :p )

Malam harinya, kami memtuskan untuk singgah di resto Inggil di dekat stasiun.. ini resto mantap abis.. suasananya retro jawa dan seperti museum.. persis seperti resto mbak jingkrak di Jakarta.. yang lebih okenya lagi.. sepanjang ktia makan.. alunan keroncong tak habis-habis membanjiri telinga kami.. hahaha.. model bahasa apa ini? Makanannya pun oke.. dengan harga yang reasonable.. benar-benar puas!

Inggil Resto : You Must Try!

Keesokan harinya.. ini adalah hari terakhir kami di malang.. kami pun menyempatkan diri untuk beli oleh-oleh.. trus ke toko ice cream oen di kota.. took ini sudah berdiri sejak jaman belanda lo.. tak heran makanya banyak WNA yang terlihat duduk-duduk dan bernostalgia menikmati hidangan di took ini… sebelum ke terminal terakhir.. kami mencoba bakso bakar pak man. Untuk mencari spot ini.. darius sampai sempat bersitegang dengan pak supir.. soalnya kesel.. masa kagak ketemu.. heey.. orang malang.. bukan lo? Hahaha.. oke deh.. ternyata memang semua puas.. bakso bakar dan bakso malangnya ueenak tenan… harus mampir ya kalo ke malang..

Bakso Bakar Pak Man🙂

Perjalanan pun dilanjutkan kembali ke Surabaya dan ke jakarta.. di sepanjang perjalanan.. aku sempet kena interograsi sama mbak inge.. hahaha… lupakan saja isinya.. trus ktia juga sempet mainan werewolf di stasiun.. hahaha.. serunya.. kami sampai di stasiun kota jam 7 pagi.. dan paginya langsung masuk ke kantor lagi.. hahaha…

Liburan yang menyenangkan! Terima kasih sahabat.. kapan-kapan.. kita pasti akan liburan bareng lagi ya! cheers!

20 thoughts on “Malang Trip 2011: Bromo, Sempu Island, Jatim Park ^_^

• ooooo… ci cynthia harus ke sana.. bagus banget lo ci… pasti bisa lah.. kan deket di malang..
      haha.. ya nih.. pas scene nya septi emang kocak abis.. pada ngakak semua..😀

• ehem..ehem..yg diomongin nongol neeh >.<
        hahaha..tapi emang bener seeh, malu2in dan kocak bener dah itu scene😀..tp gpp asalkan semua jd senang aku juga ikut senang..hahaha #thinkpositive

1. Thank you gal, udah boleh ikutan ke bromo. Semula gua kayak org asing yg ikut perjalanan ini. Untung septi akhirnya ikutan jg, jd ada temennya deh :p
    Seneng banget jadi nambah banyak temen yg seru2. Kapan2 lagi ya..

2. wah, jadi kangen nih, setaun lalu ane juga ke sempu n bromo ama beberapa temen2 smansa 2007 bang, tapi ga jalan2 di malang, kayanya trip bang galih paket komplit banget nih, keren euy catpernya, like this😀

3. Keren Lih post-nya..komplit dan detail bener smp kejadian2 seru dan kocak diceritain semua..Thanks ya Lih udah boleh ikutan ke Bromo dan ngatur semua rundown acaranya yg TOP abis😉..senang jg bisa kenal banyak teman2 baru yg seru dan unik2😛..It’s truly a wonderful journey! ^^

4. nice post galih.. agak terobati juga walaupun ga bisa kesana dng liat foto2nya…. semoga ada trip selanjutnya ya..:)

5. keren lih trip nya… kapan ya bisa maen ke bromo🙂 .. BTW, ngakak pas baca adegan septi moto bintang… untung gak ada ko tony di sana, kalo beneran di racun tuh buat pindah “aliran”.wkwkw