Your Passion is Within You

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk ikut training dari kantor. Training kali ini diisi oleh ReneCC. Coba search aja lah di google… beliau dikenal sebagai carrier coach. Sebelum sesi training dan sharing dimulai.. dia ngasih 3 kuis.. dan setiap pemenang kuisnya, akan dapet buku dari dia.. bukunya dia itu “your job is not your carrier” nah.. mulai ngeh kan… kuis 1. Kata apa dalam bahasa inggris yang paling panjang?

Nyerah? Nih.. jawabannya smiles. Karena jarak antara s yang pertama dan terakhir adalah a mile. Hahahaha…😀 oke.. kali ini gak ada peserta yang bisa jawab…

Kuis 2. Hubungkan 9 titik tanpa membuat garis berbelok dan harus satu garis saja. Nah lo…

Beberapa peserta maju.. membuat segitiga yang ada payungnya.. kata dia masih salaah! Nah lo.. soalnya masih ada sudut dan berbelok garisnya… oke… trus aku mikir lagi… ohya.. akupun memberanikan diri untuk maju ke depan.. aku pun jawab.. ya udah.. anggep aja kita punya spidol segede gajah dan bikin satu garis lurus ngelewatin tuh 9 titik… bravo.. jawabanku beneer… cihuy.. aku dapet buku gratis… thank you ya rene!

Kuis 3. Ada berapa angka 9 dari bilangan 1 hingga 100…

Semua peserta coba nebak. Dan ternyata ada salah satu peserta lain yang bilang tak terhingga! Ya itu jawabannya! Tak terhingga… soalnya bisa aja 0,99999 trus 1, 999999 kan jadi tak terhitung angka 9 nya… hehehe cerdas!

Oke… ice breaking yang lumayan seru! Ngasah otak dan think out of box. Dalam kesempatan kali ini, beliau cerita perjalanan hidupnya bagaimana titik balik beliau dalam fase kehidupannya. Dia awalnya gak terlalu percaya sama tuhan sampai dia menemukan ayah kandungnya. Di saat itu dia menyadari dia hidup “for something”. Melalui berbagai perjalanan karier nya, rene mengamati kok banyak teman-temannya yang tidak ngerti sebenernya lo (baca lo = kamu) hidup mau apa? Apa Cuma kerja trus dapet duit, trus lo nikah, punya anak, and meninggal begitu aja… meeen..(gaya lebay 4l4y) itu gak seru… hidup Cuma sekali dan lo harus memiliki arti buat sekeliling lo… itulah intinya.. lo harus bisa nemuin purpose of life.. dengan begitu lo akan nemuin passion.. dan dengan passion itu lo akan membuat hidup lo menjadi lebih berarti…

ohya, yang perlu diingat bahwa namanya kerjaan sama karier itu beda.. kalo kerjaan alias job itu adalah punya nya perusahaan, itu semacam tools. Sedangkan karier itu milik kita dan kita yang nentuin. Di samping itu.. perlu diingat juga, bahwa passion itu udah ada dalam diri kita.. kalo kita ngerjain sesuatu dengan cinta.. maka udah gak jamannya lagi ada stress dan bosen.. karena selalu kita nemuin sesuatu yang menarik setiap harinya… dan kita nemuin challenge…

Penting diingat bahwa ada porsi dalam kehidupan kita yang harus kita gunakan untuk mengabdi. voluntary service… bentuknya bisa apapun.. ini yang membuat hidup semakin hidup.. karena dengan demikian, kita merasakan bagaimana hidup ktia menjadi berarti untuk orang lain. Dan ini pembelajaran yang sangat penting. We are living not only for our self. We are living for others.

Mau tau lebih lengkap? Ikutin aja tweet beliau @ReneCC … dan beli bukunya “your job is not your carrier” … wah.. dibayar berapa nih … hahaha… gak lah.. hidup itu untuk memberi.. tidak berharap untuk menerima.. indahnya berbagi (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s