Saya tidak boleh terlalu baik?

“Jleb…” Lumayan dalem juga nasehat salah satu sahabat baik saya. Nasehatnya sederhana.. tapi dalem dan cukup mengena dengan saya. Ia bilang begini. Galih, kamu gak boleh terlalu baik sama orang.. apa lagi sama wanita.. wanita? Yup… terutama wanita. Hati-hati, karena orang bisa mengartikan perasaan yang macem-macem sama kamu…. dan kamu gak tau, itu baik buat kamu dan dia atau enggak…

Deg… bener juga ya..  memang terkadang kita selalu berpikir.. menurut saya.. pengennya saya.. harusnya sih kalo saya.. dan sebagainya dengan saya-sentris… yang dipikirin Cuma dari sisi saya saja.. dan jarang kita mikir dan berempati dengan perasaan orang lain…

Berbuat baik tentu saja bagus. Harus malah… namun, terkadang, sekedar berbuat baik saja belum tentu bisa jadi baik lo… kalau waktu dan tempat yang salah.. maka maksudnya jadi beda.. malah membahayakan kedua pihak.. pihak yang membantu dan dibantu… ini ibarat makan buah saat puasa. Makan buah bagus dan baik lo untuk kesehatan.. tapi waktunya gak tepat… pas puasa.. akhirannya kita bukannya malah dapet pahala.. malah dapet dosa.. karena puasa batal. hee.. nyambung gak ya analoginya? hehehe… intinya So.. emang harus hati-hati banget nih.. apalagi sama yang namanya perasaan… fiuuuh… ribet emang.. tapi sebenernya kita bisa belajar by experience..

Alhamdulillah, saya dikelilingi oelh sahabat yang sangat care dan sering saling mengingatkan..

Hmmm…  so sederhananya adalah.. please think twice before you will do something, even its good… yang baik menurutmu baik, belum tentu baik menurutnya. Dan yang buruk menurut kamu, belum tentu buruk menurutnya…  tapi inget.. tetap berbuat baik dimanapun kamu berada.. begitu bukan? Hehe…

2 thoughts on “Saya tidak boleh terlalu baik?

  1. Asw. Halo Galih..
    Kamu sama banget lho sama aku, banyak bgt sahabt-sahabatku yang ngasih masukan seperti itu ke aku. tapi bedanya km baik sama perempuan, sedangkan aku sama laki-laki. Aku tau banget niat baik km adalah tulus adanya untuk mejalin silaturahmi, sama seperti aku.
    Tapi lagi-lagi semua yang baik belum tentu baik, km betul bgt.
    Yah..semoga kita tetap bs berbuat baik kepada siapapun dikondisi, tempat, dan waktu yang benar.
    Wass.

  2. yup.. mudah2an Allah memberikan petunjuk mana yang baik untuk kita ya ^_^
    tetap semangat utk berbuat baik.. mudahan niat dan amal baik kita selalu dicatat sebagai pemberat timbangan kebaikan nantinya.. amin…

Leave a Reply

