Ilmu Berenang

Ilmu berenang itu sungguh unik. Karena tidak hanya bisa diajarkan sesuatu yang sifatnya teoritik, tetapi ini adalah ilmu yang mengharuskan sang pembelajar harus terjun langsung ke air untuk merasakan bagaimana berenang. Tak ada satu gurupun di dunia ini yang membuat muridnya bisa belajar berenang dari dalam kelas darat, mengajarkan teorinya dan membaca buku teknik berenang yang baik serta benar. Impossible. Semuanya harus dilakukan di air.

Saat berenang pun kita menghadapi resiko tenggelam, tersedak air, atau meminum banyak air. Saya ingat sekali ketika belajar berenang saat di SMP. Berkali-kali menghadapi maut karena tersedak air dan mungkin airnya sudah masuk ke paru-paru saya (hahaha…lebay). Hal ini Cuma karena sang guru renang saya mewajibkan (istilah lain dari memaksa) setiap anak didiknya menyebrangi tepi kolam renang sedalam 1.7 meter. Tapi dari situ.. saya jadi bisa! Dan itu menyenangkan. Yang gila lagi, saya pernah diwajibkan 30 menit berada di kolam dan tidak boleh ke tepi. Jadi saya berusaha untuk menghemat tenaga dan mengurangi gerakan untuk bisa tetap mengambang di atas air selama 30 menit. Jika sudah ke tepi, guru renang saya akan menarik kembali ke tengah. Luar biasa. Kini saya bisa dengan mudah mengambang meski tanpa gerakan yang berarti (hahaha…sombong).

Berenang ini juga menjadi ilmu yang unik. Karena sekalinya kita bisa berenang. Jika berpuluh-puluh tahun kemudian kita tidak berenang. Maka sekalinya kita tercebur di kolam dan mencoba untuk berenang. Maka ilmu berenang ini sekejap menjelma seakan-akan kita sering berenang. Ilmu berenang telah menjadi bagian dari jiwa, pola pikir dan tersimpan dengan baik di bawah alam sadar kita. Luar biasa.

dalam hidup, sering kali kita mengeluh dahulu sebelum mencoba, ataupun merasa bisa sebelum mencoba. Secara teoritis baik, tapi belum tentu di prateknya. Nah, dari ilmu berenang yang sederhana ini, sebenarnya sudah cukup jelas bukan.. bahwa tidak ada alasan bagi kita untuk mengeluh sebelum mencoba dan merasa sok bisa sebelum mencoba.

Semoga bermanfaat.. ngomong-ngomong.. kamu sudah bisa berenang belum?

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

