Open Leadership sebuah catatan kecil dari buku yang kubaca

Di kantorku, di tingkat management, kita punya forum bedah buku lo..🙂 dan itu seru banget.. Kali ini kita bedah buku tentang open leadership. Karangan Charlene Li. Buku ini menggugah kita untuk mempertanyakan kembali budaya 2.0 yang sangat merubah gaya hidup, cara berkomunikasi, bahkan struktur organisasi, fungsi kehumasan, dan lain sebagainya. Dan trendnya, semakin lama, setiap orang memiliki akses internet, smakin terkoneksikan antara satu dan lainnya. Sehingga, siapapun bisa jadi juru bicara. Siapapun bisa menjadi ambassador bagi suatu citra produk, perusahaan, institusi, dan lain sebagainya. Rekrutmen, tidak perlu menggunakan tes, atau diumumkan lewat berbagai media. Sekolah, mungkin tidak ada lagi. Karena setiap siswa mampu mencari ilmu sendiri. Mungkin saja seseorang tidak perlu lagi ke kantor. Atau bahkan, tiap orang menjadi perusahaan dirinya. Dunia menjadi semakin berbeda setelah adanya social media ini.

Inilah yang perlu diantisipasi oleh setiap perusahaan. Siapa yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan budaya baru ini, akan menjadikan ia sebagai pemenangnya. Setiap konsumen, saat ini dan ke depan, akan semakin membutuhkan personal touch dari sebuah produk. Membuat produk menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak hanya sebagai our needs, tapi menjadi part of our life.

Yang menarik lainnya dari buku ini adalah anjuran setiap organisasi untuk selalu belajar. Learning organization. Karena tanpa adanya proses pembelajaran yang terus menerus, perusahaan menjadi tidak up to date terhadap konsumennya, yang pada akhirnya mengurangi potential profit serta potential growth dari perusahaan tersebut.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s