My Journey to Karimun Jawa Island

karimun jawa

Tanggal yang dinanti telah tiba! tanggal 23 sampai 27 oktober 2010. We were Super excited! Kali ini kita pergi berenam. Aku, adel, ci karen, rina, ipeh, dan mamang. Kita berangkat dari bogor jam 3 sore. Menggunakan bus muji jaya. Harga tiketnya 125 ribu termasuk makan malam. Kasihan mamang, dia dari depok harus ke bogor, padahal ternyata busnya ini gak taunya lewat simpang depok. Hehehe. Teman perjalanan satu bus ini sepi. Kita satu bus cuma ber sepuluh. Asyik banget. Jadi satu orang bisa dapet 2 kursi. Bus ini ternyata super ngebut. Jam 3 pagi kita sudah sampe di jepara. Dan langung foto-foto. Hehehe. Kita pun memutuskan untuk Istirahat d masjid agung jepara. Setelah sholat qiyamullail dan subuh, kita sarapan pake nasi timbel. Mantap. Setelah sunrise, kita mencarter angkot ke darmaga. Harganya 25 ribu. Tidak jauh. Hanya 15 menit. Sampai di pelabuhan kita kepagian. But its oke. Artinya kita bisa milih tempat duduk dengan leluasa. Kita pilih tempat duduk yang paling pw didepan tv. Ohya, kalau mau coba naik feri kmp muria ini, sebaiknya dapetin yang vip. Karena di kelas ekonomi kursinya kayak di metromini. Gak nyaman untuk duduk selama 6 jam. Lebih baik lagi kalau bisa kapal cepat kartini. Soalnya you just need less than 3 hours untuk sampai di pulau karimun jawa. Worthed untuk membayar sedikit lebih mahal asal cepat. 6 jam itu ternyata lama juga ya.. Dari ngantuk, tertidur, seger, ngantuk lagi, tidur lagi, dan seger lagi. Dan diulang 3 kali berturut-turut. Ternyata belum sampai juga. Huhuhu.. Bosan tidur, kita naik ke dek kapal. Foto-foto.. And finally, I see land😀

Pukul 2 siang kami sampai di darmaga pulau karimun jawa. Air lautnya jernih abis. Mantap🙂 kami langsung di sambut mas alex dan segera diangkut dengan carry ke tempat penginapan kita. Kita dapat penginapan di home stay liandri. Asyik banget tempatnya. Bersih dan nyaman. Kamar mandinya juga oke. Setelah mandi dan beres-beres, Sorenya kita jalan-jalan. Kita mencari es kelapa muda di alun-alun dan keliling kota karimun jawa. Dan tentu saja.. Foto-foto.. Di darmaga perintis untuk dapetin sunset. Indah banget. Silently beautiful.

Hari minggu pagi aku dan mamang sepedahan. Ternyata pegel banget. Soalnya banyak trek tanjakan. Lumayan.. Badan kemeringet. Jam 8 pagi kita mulai berangkat untuk snorkling. Kita ke 3 pulau yang berbeda sekaligus. Pulau menjangan, Pulau tugu, dan pulau apa gitu.. Subhanallah.. Pasirnya.. Putih banget. Koralnya indah banget. Dan airnya jernih banget. You could see clourful fishes at beach. Waaa… Keren banget. Unbelieveble, ini masih di indonesia lo.. Bagus banget. Setelah itu, Trus ke penangkaran hiu dan penyu. Ini seru banget. Soalnya kita bisa nyebur dan foto dikelilingi hiu-hiu itu. Wow.. Jantung ini berdegup sangat kencang. Apalagi saat sang pawang memberikan umpan ikan. Bezz… Takutnya setengah mati. Ganas banget tu hiu! Anyway aku sama adel turun juga untuk foto. Bukan katena bosan hidup. Tapi karena pengen nyobain gemana rasanya snorkling sama hiu. Hehe. Malamnya, kita tidur cepat karena kecapean. Tapi tetep, setelah foto-foto di alun-alun sambil beli es kelapa muda.

Keesokan harinya, hari ke 3 di karimun jawa, Hari senin, kita ke pulau yang luasnya cuma sekitar 50m2 di tengah laut. Jadi cuma pasir putih saja. Soo beautiful and so cool. Namanya pulau gosong putih. Terus kita ke pulau that I forgot its name. Di sini kita kayak snorkling di aquarium. Kita ngasih makan ikan dengan roti. Trus nanti akan didatangi ratusan ikan-ikan yang lucu dan cantik menghampiri tangan kita. Waa.. Bener-bener excited. Gak mau pulang!! Hahaha… Makan siang setiap hari adalah ikan bakar yang fresh from the sea. Mangstab! Pakai sambal kecap.. Dan nasi hangat.. Ajib.. Maknyus! Terus kita ke pulau tengah untuk istirahat dan leyeh2. Di sini kita ngasih makan ikan yang gede banget di penangkaran. Seru ngeliat mereka berebutan makanan. Ohya, teman satu perjalanan kita juga ada orang asingnya lo.. Mereka dari amerika dan korea. Dan mereka bilang. Its amazing.. Your country is dangerously beautiful! Hehe.. Sempat diantara perjalanan ke berbagai pulau tersebut, kita menemui badai. Tapi its okay. Semua alhamdulillah selamat. Mantap. Allahuakbar. Sampai d karimun sore jam 5. Malamnya, kita makan juga enak banget. Cumi saos tiram.. Beuh.. Ajib..! Dan, tentu saja kita lagi-lagi minum es kelapa kopyor ditambah pisang molen plus singkong tela-tela. At the end malam terakhir kita main kembang api bersama anak-anak di karimun. Trus kita tes foto-foto kocak di darmaga. Seru.

Hari terakhir di karimun jawa kita manfaatkan untuk menyewa mobil dan keliling pulau karimun jawa. Karena kita masih punya cukup banyak waktu untuk melakukan itu. Kita sewa mobil seharga 100 ribu untuk durasi 4 jam. Ditambah bensin jadi total 150 ribu. Tapi kita sendiri yang nyetir. Senangnya! Kita pun ngebekel sarapan. Dan kita sarapan di pinggir pantai yang juernih banget airnya.. Waa.. Setelah itu kita jalan lagi, melihat PLTD, sawah-sawah, hutan mangrove, dan petani rumput laut. Sebenernya kita pengen banget ngeliat bandara pesawat chesna. Itu jaraknya 22 km dari penginapan. Tapi ternyata kita tidak sengaja melihat spot yang lebih seru lagi. Kawasan taman nasional hutan mangrove karimun jawa. Cool. Keren banget. Kita melewati jalan setapak titian kayu mengarah ke pantai sejauh 800m melewati hutan mangrove. Indah banget. Cocok untuk foto prewed. Hahaha.. Puas foto-foto, kita bergegas kembali ke penginapan untuk siap-siap pulang. Kami pulang dengan kapal cepat kartini. Full ac, bangku nyaman, dan cepat. Tak terasa, karena sambil tertidur, kapalpun sudah berlabuh di jepara.

Sampai di pelabuhan kami makan siang. Setelah itu, kami jalan-jalan mengelilingi kota jepara menggunakan angkot carteran. Kita sempat ke sentra kerupuk tenggiri bakar, muter alun-alun, museum RA Kartini, sentra kerajinan pahat kayu, dan sentra kacang oven. Alhamdulillah! Puas! Tepat jam 6 sore kami naik bus muji jaya kembali untuk pulang ke bogor.
Senangnya.. Terima kasih sahabat🙂 next trip kmana ya? Bagaimana kalau medan atau sabang? Atau belitong? Atau raja ampat? Wuiii… Yang jelas november nanti kita pasti akan ke Bali! Yes..😀

Posted with WordPress for BlackBerry.