Presentasi yang baik seperti apa ya?

Pertanyaan ini yang seering muncul di benak diri saya. Apa lagi mungkin inilah saat pertama kali presentasi di tempat yang sama sekali baru. Tidak mudah memang untuk menjawab pertanyaan ini. karena jawabannya adalah tergantung. Loh kok.. ya iya… tapi tenang..ternyata berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa guideline umum supaya minimal, presentasi kita tidak memalukan… hehehe.
Kalau anda Tanya apa saya pernah melakukan presentasi yang memalukan? Jawabannya adalah pernah. Hehehehe… malah pernah waktu itu yang denger sampe malas dan menguap-nguap. Trus kalau presentasi yang sukses pernah juga gak? Ya pernah dong… : )
Ohya biasanya saya membedakan beberapa jenis presentasi. Ada presentasi ilmiah, presentasi pekerjaan, dan presentasi untuk memotivasi orang lain/mengajak orang lain. Klasifikasi ini sih Cuma untuk membedakan persiapan yang kita lakukan untuk menghadapi presentasi tersebut. Hehehehe..agak ngasal ya…ya.. ini berdasarkan pengalaman lo…
Kita bahas satu-satu ok…
1. Presentasi ilmiah
Presentasi ilmiah ini harus jelas mana latar belakang, metodologi, hipotesis, pembahasan data, dan kesimpulan. Urutan presentasi harus runut sesuai logika berfikir. Jangan kebalik-balik. Data harus tampil jelas, tidak malah menjadikan ambigu. Ada penekanan pada data yang dijadikan bahan kesimpulan. Kesimpulan mengacu pada tujuan. Dan komparasikan. Ini penting, karena audiens ingin melihat sejauh apa hasil tercapai dari tujuan awal.
Ilustrasi juga harus jelas dan ada sumbernya. Trus, animasi diminimalisir. Transisi slide tidak boleh aneh-aneh. Jika ada video proses akan lebih baik. Durasi berkisar 7 hingga 15 menit. Kalau lebih dari itu biasanya sudah disertai sesi Tanya jawab diantaranya.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku. Ohya, trus biasakan di setiap presentasi outputnya audience bisa menjawab why? What? How? Tentang topic yang kita sampaikan.
2. Presentasi pekerjaan
Kategori ini mungkin agak aneh ya… Hahaha…ini klasifikasi bukan tanpa dasar. Tapi karena tuntutan. Biasanya kalau presentasi di kantor, saya langsung straight to the point. Masalahnya ditekankan. Dan solusi serta follow upnya seperti apa. Makin bagus jika bisa mengkomparasikan serta memberikan benefit apa dari alternative yang kita sampaikan.
Terkadang tidak perlu terlalu detil, yang penting audience bisa melihat dimana letak perbedaan dari pilihan yang kita buat. Dan pilihan itu tentu saja mengandung resiko. Jadi akan lebih baik jika kita turut membahas impact atas resiko yang kita ambil.
3. Presentasi untuk memotivasi/mengajak orang lain
Kalau jenis presentasi ini gak ada pakemnya. Bebas. Makin variatif makin bagus. Kadang bisa diselipkan lagu dan liriknya, video, foto-foto, dan kata-kata penyemangat. Contoh yang digunakan sebaiknya yang mereka atau kita alami, jadi ada nuansa experiencenya. Biasanya itu lebih ngena dibandingkan Cuma teori-teori saja. Bagus lagi kalau sambil diajak diskusi. Lalu usahakan bahan yang ditekankan, disampaikan serta terekspose berkali-kali. Supaya makin lekat. plus ada wrap up di bagian akhir.
Ohya, ingat ya…biasanya orang berminat atau tidak dengan presentasi kita itu terjadi di menit-menit kritis di awal. Itu terjadi sekitar 3 menit. Jadi usahakan openingnya minimal bagus…hehehe… paling gak ada yang mereka/audience ingat. . .
Oke deh… gitu aja… selamat berlatih… karena seperti kata-kata mutiara waktu saya pertama kali punya buku tulis bergaris.. “pengalaman adalah guru terbaik”… hehehe… memang benar adanya. Gak perlu takut salah atau malu di depan penonton… kalaupun takut ya itu wajar… loh… ya dengan begitu, kita jadi lebih prepare untuk segala kemungkinan… ya kan… have fun with your presentation..wish you all the best.. amin.

5 thoughts on “Presentasi yang baik seperti apa ya?

    • hehehe…gak juga…
      yang part 2 ya? coba nanti ak cek.. itu ceritanya bbelum selesai juga ya.. maklum dah kelamaan gak nulis, jadi gitu..pengalamannya keburu lupa…
      thx dah berkunjung ya..

    • waktu ak presentasi di usa, itu di depan profesor2 trus dilombain pula… deg2an setengah mati..🙂 hehehehe…
      bisa liat cerita pengalaman ku ke california …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s