Pengalaman menjadi juri di kompetisi “national student paper competition”

“halo…kak galih nanti di bulan mei kosong gak?” kita minta kakak jadi juri di acara nspc ya..untuk mewakili pihak industry pangan..”
Tanpa pikir panjang, langsung saya jawab. “ok. Saya kosong, nanti tolong emailkan saya detil nya ya..”
Waw…. Gak nyangka aja.. saya baru aja seumur jagung lulus dari IPB dah langsung diminta jadi juri…gaya nya…. Hehehehe
But its oke, gak boleh disia-siakan nih… pertama dapet moment silaturahmi, trus bisa dapet insight baru, dan menguji tingkat kritisme…
Hadir sebagai dewan juri yang lain adalah ibu professor hanny wijaya. Beliau dosen favorit saya..  beliau ini top markotop lah… ketua asosiasi flavor Indonesia, pembina di IAAS, trus dosen juga di IPB, UPH dan NUS-Singapore. Wah, pokoknya mantap abis lah.. selain itu, hadir pula ibu Melanie, PhD dari yayasan …. Beliau ini selain aktif di berbagai LSM juga aktif di dewan iklim nasional. Mantap!
Bener-bener gak rugi saya, karena bertemu dan berdiskusi banyak tentang banyak hal dengan mereka berdua…wa…awesome…
Di sesi penjurian presentasi finalis nspc ini, pesertanya ada yang dari UNS, UI, UB, UWM, dan IPB. Mereka semua hebat-hebat dan pede banget dengan karya mereka. Salut! Dari UNS mereka bikin cabuk – sejenis condiment dari wijen (rasanya unik, pedes, seperti terasi, dan sangat gurih). Trus dari UI mereka membuat yogurt dengan oligosakarida (mereka mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan minum yogust mereka…), trus dari UB mereka buat Susu kedelai dicampur beras (ini untuk menggantikan susu formula bayi…), dari UWM mereka membuat kacang mede yang tahan oksidasi (mereka menggunakan teknik edible film dari rice bran), dan IPB membuat makanan darurat bencana dari umbi garut, serta biji kacang hijau (mirip kayak dodol, dengan rasa manis). Cukup sulit juga menentukan juaranya, karena mereka bagus-bagus semua. Tapi akhirnya tim juri memutuskan untuk memberikan juara 1 ke IPB, 2 ke UNS, dan 3 ke UI. Mereka memang layak dan semoga tidak ada yang kecewa ya… teruslah berkarya !!
Ohya, perasaannya jadi juri tu gemana ya? Hmmm, sebenernya memang lebih enak jadi juri/evaluator ya..dibandingin peserta…hahahaha…soalnya kita kan Cuma bagian yang nanya2 aja..dan kita dengan seenak hati bisa ngebantai para peserta…hahahaha…
Anyway.. semoga cerita ini bisa bermanfaat… paling tidak bisa membuka sedikit wawasan tentang makanan khas nusantara…  emang iya ya…hehehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s