My trip to Nanggro Aceh Darussalam

August 2009

What? Kita ke aceh Cuma 2 hari? Gak salah nih?… hahaha
Ini serius, kita ke aceh Cuma 2 hari. Berangkat pagi buta, trus pulang keesokan harinya di pagi hari. Serasa kayak pejabat yang tight schedule..
Kami pergi ke aceh dalam rangka mengisi acara himpunan mahasiswa peduli pangan Indonesia. Kami mengisi materi tentang sharing selama kami di amerika dan bagaimana membangun jejaring di tingkat internasional.
Ohya … Keberangkatan kami atas sponsor dari DIKTI. Terima kasih ya DIKTI..  senangnya ….
Nah, cerita bermula dari proses keberangkatan kami yang sangat ketakutan untuk ketinggalan pesawat. Sebenernya pesawatnya sih jam 7 pagi. Tapi, yah..karena lebih baik kepagian dari pada telat. Akhirnya kami berangkat pukul 3 pagi!! Kita berlima kumpul di depan BNI. Trus kita sewa angkot (ari…harusnya sewa angkotnya bisa lebih murah…huhuhu). Nah, kemudian, setelah sampai pool bis damri, ternyata kita kehabisan tempat duduk. Akhirnya kita nyewa mobil ke bandara. Karena kebetulan juga, si mobil abis nganterin orang ke bogor dari bandara. Jadi dia mau balik lagi ke bandara. .. perjalanan gak berasa, karena semua ketiduran. Tau-tau dah sampe bandara. Kita sampe bandara pas azan subuh jam 5 pagi. Heuheu… mantap.
Setelah subuhan di musola bandara, kita berempat nunggu boarding sambil nonton film korea…hahahaha… teteup… nah satu lagi ngapain? Si cath, dia asyik nge-stabilo-in buku teks yang berjudul protein-protein apa gitu… trus sambil ngeringkas2 gitu…waw… ya wajar juga sih..secara dia waktu itu udah mau sidang…. Hehehehe
Setelah menghabiskan beberapa part film, kami boarding juga.. sambil masih dengan muka bantal, kami masuk ke pesawat yang ternyata gak ada nomor tempat duduk. Siapa cepat, dia dapat…hahahaha… harus dapet nih..kalo gak ntar disuruh turun…hehehehe…maskapai penerbangan yang aneh…sigh!!
Lama perjalanan dari Jakarta ke aceh sekitar 3 jam. Dengan kecepatan pesawat sekitar 800 km/jam.. (sok tau..). sehingga pertanyaannya adalah…berapa jarak dari Jakarta ke aceh? (gunakan rumus segitiga vst…hahahha)
Sampai di aceh sudah sekitar jam 11 siang. Bandaranya masih baru banget lo… dan katanya sih baru akan diresmikan besok. Dan menurut gossip yang kami dapatkan, peresmiannya akan dihadiri oleh pak SBY. Ohya, karena kami telah tiba di aceh, artinya kita harus mengikuti peraturan di sini… yang cewe, menutup kepalanya dengan kerudung… (cath dan kamlit pun pake kerudung deh… )
Kami pikir, kami akan dijemput oleh panitia. Tapi ternyata tidak… ya udah gak papa… kita pun sewa mobil untuk sampai ke tempat acara. . oya, di tengah jalan, kita menyempatkan diri untuk makan siang khas aceh. Kita pesen sop kambing, iga bakar, sayur beli….. pokoknya mantap lah… masakan di sini kaya akan rempah dan rasanya cenderung pedas asam. Tempat acaranya di unsyiah. Universitas syah kuala Aceh. Unsyiah ini lumayan besar lo… bangunan antar fakultas terpisah-pisah… suasana jalanan kampus sepi…
Sampai di on the spot, kita langsung disambut oleh teman2 dari berbagai kampus mulai dari tuan rumah, ipb, universitas andalas, ugm, uns, unpad, universitas gajah putih, universitas jambi, Bengkulu, wah…banyak deh… senangnya…
Kami mengisi acara di sesi akhir. Biasa…bintang tamu kan ngisi terakhir…hahhahaha…
Sambutan dan respon dari teman-teman ternyata luar biasa. . semoga pengalaman kami waktu membawa nama Indonesia bermanfaat untuk semua ya… dan teruskan perjuangan kita… kita pasti bisa… amin.
Setelah kurang lebih 2 jam cuap-cuap. Kami saling berbagi souvenir dan foto bersama. Setelah itu, kita ke penginapan. Lokasi penginapan cukup jauh dari unsyiah, tapi sangat dekat dengan pusat kota. Penginapan kita itu dekat sekali dengan sungai besar ke muara laut. Kalau ke pusat kota, cukup 15 menit saja.
Setelah selesai sholat maghrib, kami berlima, plus delegasi ipb – lebih tepatnya ITP..ada wiwi, umam, marina, dan si bolang dimas, dengan ditemani 2 orang panitia, kami pergi ke pusat kota. Kami harus melihat masjid baiturrahman aceh, kemudian harus makan mie aceh, dan mencoba kopi khas aceh. Oke deh… cukup banyak to do list malam itu. Berangkat!!! Destinasi pertama adalah makan mie aceh. Kita makan di restoran mie aceh ……. Tentu saja, sebelum memesan kita mendiskusikan menu apa yang mau kita coba. Setiap orang milih menu yang beda, jadi biar bisa saling nyobain… Setelah ribut mau makan mie aceh…datanglah sang pencatat menu… dan plis dong…dengan santainya dia bilang kayak gini… mbak, kalo menunya beda semua, ntar lama jadinya…gemana kalo disamain semua…. Kita saling pandang dan what (baru sadar…)!!! Huh..dasar si abang mie…gak mau repot banget deh… ya udah, secara kita juga masih mau keliling kota aceh, akhirnya kita pilih menu yang paling oke…mie aceh special seafood. Mantap… minumannya, kita nyobain jus yang aneh…yakni jus buah …… jus ini dipercaya sebagai penambah stamina, karena campurannya adalah ramuan khas (diantaranya ada telur, madu, habatusauda, dll)
Setelah puas, kita naik becak motor ke masjid baiturrahman banda aceh. Seru…….! Melihat malam banda aceh, duingin…angin laut… sampai di masjid baiturrahman, kita sempet foto-foto dan keliling. Subhanallah, indah dan megah betul masjid ini. Dipikiranku terbayang saat kejadian tsunami orang-orang pada ngumpul semua di masjid dan berjuang melawan kematian… wah… luar biasa..
Selanjutnya kita ke daerah ule kareng, untuk beli kopi khas aceh. Jaraknya sektiar 15 menit dari masjid raya. Hmmm…sedap… ohya, tadinya kita juga mau ke festival aceh di alun-alun. Tapi karena sudah terlalu malam, kita pun kembali ke penginapan. Karena besok pagi, kita sudah pulang…
Keesokan paginya, jam 6 kita sudah diantarkan panitia ke bandara. Semua berjalan lancar seharusnya. Tapi… ternyata…plis dong.. ternyata pihak maskapai bilang, kalo kursi pesawat kita Cuma untuk berdua. What!!! Kok bisa!! Maskapai penerbangan yang aneh (baca : lion air). Huh…kita jelas marah2… tapi ternyata percuma, karena akhirnya flight kita digeser jadi jam 11 siang… sigh! Tapi, tentu saja kita melihat positifnya. Dengan begitu kita bisa sarapan dulu di bandara, trus melanjutkan nonton film korea hingga habis…dan yang paling oke adalah, kita bisa ketemu dan bertatap muka langsung dengan pak SBY!! Hehehhee… gak nyesel dah…
Akhirnya, perjalanan singkat yang cukup melelahkan pun berakhir… kami kembali ke Jakarta!! Eits… tapi tunggu dulu…malamnya (di hari yang sama) saya langsung diminta untuk sharing pengalaman bersama alumni PPSDMS lainnya ke adik-adik PPSDMS yang sedang latihan gabungan di Jakarta. Alhasil, gak langsung pulang ke rumah.. tapi mampir dulu kePPSDMS… dan luar biasa…di sana saya ketemu dengan alumni-alumni lainnya yang hebat-hebat… luar biasa… terima kasih semuanya!!
Salam perjuangan!! Hehehe (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s