My journey to California, USA

Tiba-tiba saja pak pur calling. “halo, galih, kita bisa ketemuan tidak? Hari ini saya tunggu di kantor ya..”. wa..ada apa ini? Jangan-jangan ada masalah nih.. hehehe. Waktu itu hari jumat. Gaya banget nih..diajakin dosen ketemuan langsung.. jarang-jarang nih.. Nah supaya pede, aku ngajak temen. Ntar kalo ada apa-apa kan bisa minta panggilin bala bantuan..hehehe. Karena kebetulan anak 43 waktu itu masih awal banget di kepengurusan himitepa. Makanya aku ngajak anak 43. Kebetulan waktu itu dedi kosong gak ada jadwal. Ya udah..aku ajakin dia aja lah..secara dia juga sekretaris umumnya himitepa 2009. Jam menunjukkan pukul 11. Kami ketemuan di seafast. Setelah saling bertukar kabar (kayak apaan aja:) kami pun ditunjukkan suatu kertas..isinya seperti sayembara jaman majapahit.. barangsiapa yang mau mengikuti kompetisi teknologi pangan internasional..akan terbang ke amerika dengan dibiayai oleh penyelenggara.. huhuhuhu…mau… ya iayalah.. langsung saja kami berdua sumringah..ealah.. init oh penyebabnya.. trus pak pur nanya.. “bagaimana? Kalian mau mencoba atau tidak? Ini sih kompetisi untuk anak s1 sampai s3, tapi ya kalian gak akan tau kalau tidak mencoba..bagaimana? tertarik?” kami berdua secara reflex segera berangguk-angguk tanda setuju.. di dalam hati berkata “oke pa..siapa takut..hehehe”. trus pak pur bilang lagi “oke, kalau gitu saya print kan, nanti kamu bisa download juga di webnya. Untuk pembimbing saya saja, karena pembimbing harus member dari ift. Trus tolong kalian kasih tau yang lainnya”. “kami berdua menjawab “sip pak!”
Sejurus kemudian, saya kembali ke secretariat himitepa. Kebetulan disitu ada temen2. Langsung aja deh kita kasih tau. Aku langsung posting juga ke milis2.. nah Waktu itu kebetulan aku lagi ngobrol barengan sama cath. Nah langsung aja deh aku ajak..mau ikutan gak? Bikin kelompok yuk.. trus cath ngajak kamlit, aku ngajak ari, dan ari ngajak riza.. dan riza ngajak… stop.. kelompoknya Cuma berlima aja.. hehehe. Beberapa hari kemudian ternyata di itp sendiri sudah terbentuk tujuh kelompok. Luar biasa. emang gini nih di itp..suasananya kalo ada lomba hot banget.. seneng banget deh..
Kelompok sudah ada..nah sekarang tinggal bikinnya gemana..hehehe. oke. Kita ketemuan pertama kali di perpus iptp-fateta. Trus berlanjut di berbagai tempat lainnya. Dari perpustakaan ke perpustakaan..lebay..hehe. setelah melalui perdebatan, sedikit ngotot-ngototan, dan tuding menuding berdasarkan fakta akhirnya kita putuskan.. bahwa masalah yang kita angkat ialah masalah kekurangan gizi mikro pada ibu hamil di wilayah asia tenggara. Trus caranya ada beberapa nah..setelah kita rumuskan.. kita akan mengambil teknologi mie jagung instant trus kita fortifikasi zat gizi mikronya. Terus terang ini teknologi belum ada..yang ada baru teknologi mie kering dan mie basah yang dikembangkan oleh departemen ITP melalui program rusnasnya. Literature pun dicari..dan tereng-tereng… (sambil pake nada yang pas bintang tamu mau keluar gitu..) makalah kita untuk seleksi pun selesai. Boleh dikatakan tulisan ini murni pemikiran kita sendiri. Di edit pun sama kita sendiri. Without bantuan dosen2. Hohoho
Zap… kemudian kita melupakan.. ya iyalah.. kita pikir ini kompetisi bagaikan lolos dari lubang jarum. Hampir mustahil untuk lolos. Coz lawannya s1 sampai s3. Lagian kita juga lagi pada sibuk penelitian.
Beberapa minggu kemudian, waktu itu kebetulan aku lagi ke kosannya harist. Trus harist bilang “eh gal..coba cek email deh..yang pengumuman DSDC dah keluar tuh.. tim gw gak lolos..” trus aku jawab “ ah yang bener rist..oke deh..ntar coba gw cek..sapa tau lolos..hahaha”. trus.. karena penasaran.. abis dari kosannya harist.. aku langsung mampir ke warnet deket kosan. Global net. Ku buka gmail, masukin username, trus password, loading..agak lama.. trus muncul inbox.. eh ada tulisan CONGRATULATION! Ah yang bener nih.. adrenalin ku langsung meningkat..deg..deg..deg.. spam kali nih.. kan suka gitu.. trus aku buka.. gak taunya email dari andrea-chief nya kompetisi ini. Katanya tim kita masuk jadi finalis… WHAT? ALLAHUAKBAR.. langsung aku baca tuh email beberapa kali untuk memastikan kalo emailnya bener dan gak salah… dan aku langsung sujud syukur di warnet.. hehehe… sedetik kemudian aku langsung telpon cath (pas tau, dia ini yang paling histeris.. sampe teriak2 gitu..hahaha), kamlit (biasa aja, nada datar.. seolah tidak percaya), trus ari (kayaknya sambil mesem2 gitu..dan setengah mikir..gemana caranya kesana ya..hahaha), mamaku, dan harist… riza kagak bisa ditelpon jadi di sms aja..
Fiuh..pekerjaan bertambah..rencana disusun dengan matang supaya semuanya bisa berangkat. Bagaimanapun juga kita harus berangkat..hidup itp 42.. hehehe. Proposal disiapkan, list sponsor, paper yang dibawa, urus visa, paspor, pokoknya semua deh..
Persiapan proposal cukup singkat..secara udah pada jago bikin proposal..hehe. tinggal urus ke departemen, fakultas, dan pihak rektorat. surat pun juga sudah disiapkan. trus tentu saja kita harus nyebarin proposal ke seluruh penjuru Jakarta. Aku sama ari sebagai tim A, kamalita sama riza sebagai tim B. tim A berhasil menyebarkan proposal hingga 15 perusahaan/instansi dalam satu hari dan tim B berhasil menyebarkan 9 proposal. Lumayan lah.. nah trus proposal lain pun juga dimasukkan.. hingga kurang lebih kita telah menyebarkan proposal hingga 60 proposal. Banyak banget ya.. pak pur pun juga bantuin kita lo.. lewat teman2 alumninya, pak pur berhasil meyakinkan berbagai industry.
Ngurus visa juga bukan perkara yang sederhana. Kita harus ngisi berbagai form yang jumlahnya berlembar2. Kita masuk jenis visa b1/b2 trus kita ngisi formnya. Nah untuk anak laki, ditambah lagi dengan ngisi form tambahan. Ngisi form ini via internet dan setelahnya kita harus bikin janjian sama kedutaan kapan kita ngurus wawancara visanya. Untuk ngurus visa ini, kita nginep di rumah tantenya ari di daerah senayan. Ngurus visa ini seru. Pelamar telah ngantri dibawah jembatan deket kedutaan. Di situ, handphone harus sudah dinonaktifkan. Trus pas ngantri, tas kita dicolek sama alat tes kit gitu..tau deh..diambil sampel kali ya.. setelah itu kita bayar di kasir. Bayar 1.5 juta. Trus nyerahin dokumen dan dapet kartu untuk ngantri ambil sidik jari dan foto. Setalah menunggu beberapa saat, baru kita dipanggil wawancara. Nah waktu wawancara ini aneh..jadi kita gak dipanggil2..padahal dah lama ngantri..yang dipanggil malah yang baru dateng.. gak taunya setelah di cross check berkas kita yang satu kloter itu salah taro ke loket yang kosong alias gak ada orang nya.. yah..cape deh.. nah.. diluar prakiraan cuaca.. (padahal kita dah ngapalin alamat trus contact person disana..dan lain sebagainya) yang ditanya malah ikut kompetisi apa? Trus produknya apa? Manfaat dan kelebihan produk yang dibuat apa? Gubrak.. Alhamdulillah, finally visa kita dapat.. yeyeyeye..
Selanjutnya tentu saja kita mulai ngider untuk ngasihin dan ngebagiin proposal. Mulai dari instansi pemerintah hingga pihak swasta kita sebarin proposal. Mulai dari yang nyambung ke pangan sampe yang gak nyambung juga tetep kita masukin proposalnya. Cukup deg-degan juga nih. Karena tiket dari panitia Cuma cukup untuk satu orang. Berarti 4 orang lagi belum tentu berangkat. Dan kita pengennya semua berangkat. Ya iayalah… he3. Jeleknya sih nanti kayaknya bakal diundi siapa yang berangkat. Dan harus gigit jari kalo gak berangkat. Bismillah. Usaha dulu lah… ntar baru mikirin plan B. pertama, kita dateng ke tempat pak dahrul. Pak dahrul ini ketua departemen ITP. Beliau menyarankan agar kita pasang berita dulu di web IPB. Ini supaya memudahkan untuk membentuk suasana agar keberangkatan tim ini menjadi sangat penting. Sip pak! Usul yang brilian. Sehari kemudian, berita kita udah mejeng di web IPB. Dan sedetik itu pula ternyata langsung booming, karena langsung dimuat di berbagai situs berita. Seperti di detik.com, suara pembaruan, kantor berita antara, dan lain sebagainya. Pokoknya heboh! Terima kasih pak dahrul. It really works! Proposal yang berjumlah sekitar 60 proposal tersebar harus habis. Dan Alhamdulillah, sebulan terakhir menjelang keberangkatan, dana sponsorship mulai berdatangan. Mulai dari pemerintah kota bogor, pemerintah kabupaten bogor, departemen pertanian, PT nutrifood Indonesia, PT ajinomoto, PT Indofood, departemen kehutanan, bulog, IPB, alumni ITP/TPG, departemen luar negeri, konsulat jenderal RI di Los Angeles, dikti-diknas, tak lupa dukungan dari teman-teman di ITP-42, himitepa, dan hmppi. Alhamdulillah, setelah dihitung-hitung kami semua berlima bisa berangkat!
Tiket pesawat maskapai yang paling murah kita cari. Ketemulah maskapai eva-air. Kita bayar sekitar 1100 USD untuk tiket pp. cukup murah, dibandingkan dengan maskapai lainnya. Kalo diliat di schedulenya, kita bakalan terbang lebih dari 21 jam. Transit di Taiwan. Jadi total sekitar 24 jam. Wew… mantap. Dua hari sebelum berangkat. Terus terang kita agak ketar-ketir. Karena uang sponsor belum semuanya cair. Alhamdulillah, dengan baik hati bu heni meminjamkan beberapa puluh juta ke kita berlima. Hehehe. Ini rekor peminjaman uang terbesar sepanjang sejarah di ITP. Makasih banyak ya bu.. nanti kita pasti balikin kok. Hehehe..
Ohya sebelum berangkat, tentu saja kita harus sudah mensubmit paper versi finalnya. Kita sih cukup pede, karena kita udah bikin selengkap dan se-ok yang kita bisa. Presentasi papernya juga udah kita siapin dengan cukup matang. Tapi kemungkinan besar masih bisa berubah. Karena kita masih terus cari data dan update info dari temen-temen kita yang di USA. Terus, kita juga siapin hasil trial mie jagung instan kita, plus kemasan yang oke punya. Kita relain hari libur kita untuk nyiapin produk ini. Terima kasih ya isna dan indri. Kalian baik banget deh… dah bantuin kita. Baju polo shirt aja kita khusus bikin Cuma untuk 5 orang limited edition, biar bisa seragaman pas disana. Kaos polo shirt ini bahannya kita pilih yang paling oke. Berwarna dasar putih, dengan sablonan logo sponsor lengkap. Hehehe. Sebelum berangkat pun, pak dahrul dan bu heni masih dengan setia mengomentari presentasi kita dan memberikan tambahan serta saran. Sehingga memperkaya presentasi di final nanti. Tambahan lagi, kita bawa juga batik khas pekalongan yang seragam untuk pas presentasi nanti. Mudah2an gak dikira tukang catering nanti…hahaha. Kita pinjem ke umam, nanda, wiwi, aji, dan hesti. Thank you banget ya… batik merah kalian emang keren abis. Ngejreng bo…
Sehari sebelum berangkat. Aku, ari, dan riza masih harus berkutat di Jakarta untuk mengejar beberapa kepastian, sekaligus mencairkan dana. Kamlit udah di rumahnya dan mulai packing. Kalo cath, gak usah ditanya, dia udah di bandung dari 3 hari sebelum berangkat. Kami bertiga menamai perjalanan keliling di Jakarta sehari sebelum berangkat dengan nama “heart operation”. Hehehe. Karena kalo sketsa perjalanannya digambarin di kertas, bentuknya mirip kaya hati. Pertama, ari akan ke Jakarta dengan motor. Kemudian galih dan riza akan berangkat dengan motor ke stasiun. Terus dari stasiun bogor akan ke cawang dengan kereta. Dari situ nanti aku akan ke dephut dengan riza. Trus ari akan ke bulog. Dari situ ari akan ke dephut, selanjutnya ari akan mengantar riza ke stasiun cawang. Sedangkan galih akan ke dikti. Nanti dari stasiun bogor, riza akan ke bogor dengan motor yang ditinggal di stasiun. Selanjutnya ari akan menjemput galih di dikti. Dan akan kembali ke bogor dengan membawa motor bersama ari. Hehehe… pusing kan.? Nah parahnya lagi diantara rencana yang udah dibuat itu. Terdapat tragedy bahwa aku kehilangan hape di kereta pas berangkat. Ini memperburuk keadaan dan merusak sedikit rencana. Karena di sela antara dikti, aku harus melaporkan kehilangankartu, dan harus dengan cepat mengganti kartu simpati. Karena kalo enggak aku berarti bakalan putus hubungan selama 10 hari dengan dunia luar. Fiuh… ampun…tobat. Dan malemnya dong… plis banget. Tiba-tiba ari ditelpon sama mama nya. Supaya kita ikut makan malem sama omnya ari. Om nya ari ini pernah kita datengin juga lo, waktu itu kita minta nasehat dan minta semangat serta dukungan dari beliau. Om nya ari ini dulu pernah sekolah di Amerika, dan pernah jadi atase militer luar negeri di beberapa Negara di asia selatan. Om nya ari ini jadi petinggi juga di PBSI. Jadi beliau juga baru dateng dari cina lo.. semangat nya itu lo..membara banget kalo ngomong…fiuh… mantap! Semangat, kita harus memberikan yang terbaik!
Pokoknya malam itu, kita nitip motor di cijantung, terus kita makan di city walk di sudirman! Asyik… gratis.! (dasar mahasiswa..). ampun…padahal kita seharian tadi muter-muter di situ. Kita makan sayur, jamur, dan olahan ikan rebus-rebusan gitu. Plus secangkir kopi panas. Omnya ari sekeluarga lengkap, plus mama dan neneknya ari. Pulang dari city walk udah jam 10 lebih. Dan mau tau gak… sebenernya gw belum packing… hah.. parah. Padahal besok pagi harus sudah berangkat ke bandara. Tapi yang di-list sih udah ada semua. Yang ketinggalan-ketinggalan udah nitip ke riza, kamlit, dan cath. Sampe di kosan dengan mata setengah ngantuk. Aku beres-beres dan mulai packing. Mungkin selesai packing sekitar jam satu malam lebih. Belum lengkap semua, tapi lumayan lah.. nanti di sambung lagi bada subuh. Setelah solat subuh, aku siap-siap lagi, karena jam 7 pagi kita sudah siap-siap untuk ke bandara. Sempet kita foto kopi semua dokumen, trus masih harus njemput profile organisasi nya hmppi utnu kdibawa ke sana (thanks to dati-ITP 44) Kita janjian di bandara jam 11 siang, karena kita take off jam 2 siang. Dan harus sudah mulai check in jam 12 siang. Riza pun dateng ke kosan dianter sama muji. Sekalian aku pinjem jaket ITP nya muji. Hehehe… karena jaket ITP punyaku bolong dan lagi dijahit di tukang jahit (doni…awas ya..!! hehe). Dengan dianter temen2 kita pun berangkat menuju bandara. Yeyeyeye… ke amerika… pas ditanya orang selama perjalanan, baik itu di angkot dan bus damri “ dek.. mau kemana ya? Pulang kampung?”, dengan agak gemana gitu, kita bertiga bilang.. “ ehm..kita mau ke Los Angeles, USA”. He3..
Alhamdulillah. Ternyata gak macet. Dari bogor ke cengkareng cepe juga, Cuma sejam setengahan. Dan kita udah nyampe di bandara jam 10 pagi. Huhuhu… cengar-cengir bertiga. Untungnya mama dan adikku udah dateng. Mamaku bawa burger beberapa. Lumayan untuk ngisi perut..Terus mama dan neneknya ari beserta omnya juga ikut nemenin kita ke bandara.. mereka juga bawa burger dan donut…dan eh..ternyata Papaku ambil cuti di hari itu demi melihat anaknya ini…hehehe. Papaku dateng jam 11an. Cukup rame… dan jadi banyak makanan…hahaha..
Tik-tok-tik-tok. Jam sebelas lewat sudah…kita bertiga mulai deg2an dan gelisah. Kamlit dah deket di bandara. Cath masih di tol. Entah tol mana. Jam 11 lewat banyak. Hampir jam 12, kamlit dateng. Tenyata dia lagi sakit. Bawa jaket tebel. Dan dikawal sama papa, mama, dan adiknya. Ya iyalah…dia yang bawa uang kita… sekitar lebih dari 30 jutaan dia pegang… langsung pas nyampe nukerin duit. Jadi total semua sekitar 3000 dolaran gitu deh.. nah lo.. tinggal cath.. pas ditelpon “Cath, masih dimana?” trus dia bilang, “masih di jalan. Kalian check in duluan aja..” wah…gemana nih… ya udah lah.. natar pasti juga dateng. Kita check in duluan aja deh. Oke. Setelah foto-foto dulu sebentar, kami masuk check in. karena dah jam 12 lewat. Sambil check in, kita ngasih kabar ke pihak eva air kalo ada temen kita yang masih di jalan. Dan baru dateng sekitar jam satu-an. Kita juga masih tetep kontak sama cath. Sebenernya waktu check in berakhir pukul 1 lewat 15. Tapi ternyata ditunggu-tunggu, temen kita yang satu ini belum juga dateng. Sambil memelas, kita minta pihak eva air untuk nungguin temen kita. gak lucu aja, udah susah2 nyari duit. Trus gak berangkat gara-gara ketinggalan pesawat. Kalo ketinggalannya ke bali sih gak papap…ini ke amerika! Ha3… sambil kita sogok makanan yang dibawa sama kamlit, akhirnya mereka ngelonggarin untuk temen kita yang satu ini. Mau tau cath dateng jam berapa? Jam 13. 30. Ampun deh. Untungnya semua gak masalah. Langsung check in, terus bayar tax, terus urus bebas fiscal, cek paspor. Trus tidak lupa kita foto bareng dulu sebelum masuk pesawat (tetep narsis..hahaha). pengecekan terakhir pun lolos. Kita masuk pesawat!
Flight ke Taiwan sekitar 5 jam-an. Jadi tiba di Taiwan sekitar jam 8 malam. Karena Taiwan dan Indonesia Cuma beda 1 jam. Ohya mau tau gak kenapa si cath telat? Karena dia baru berangkat dari bandung jam 11 siang. Ampyun… bikin orang panic aja. Kita janjian di bandara jam 11 siang. Dia baru berangkat dari bandung jam 11 siang. Huhuhu… pantesan aja. Itu berarti pas di telpon masih di cipularang kali ya… gile, bener2 nekat. Ya wiss..yang penting semua anggota tim selamat. Bisa berangkat. Ciah….ayo… Sebagian besar passenger juga pada pake masker. Takut nular kali ya.. ohya di pesawat eva ini, kita udah pesen halal meal. Jadi gak perlu takut makan. Semua sikat habis! Di pesawat kita menghabiskan waktu untuk maen game dan nonton film. sampe di Taiwan kita dicek suhu badan ngelewatin detector panas. Karena lagi rame flu babi. Sambil nunggu sekitar 3 jam, kita update status di facebook, trus sms. Kita juga keliling2 bandara. Bandaranya keren dan gede banget. Gak segede waktu di dubai sih..tapi ini bandara gak kalah keren. Ada tempat relaxing zone. Trus banyak banget galeri2 gitu. Wah keren abis lah bandaranya.
Untuk menghindari jetlag sampai di los angeles, kita gak boleh full tidur nanti di pesawat. Karena nanti sampe LA adalah malam hari. Kita harus nyesuain jam kita sampai ke jam destinasi kita. kita nyibukin diri dengan nonton dan maen games. Ato cerita-cerita. Pokoknya diusahakan tidak tidur. Karena selama di pesawat kita akan ketemu malam terus. Dan sampe di LA malam. Di pesawat untuk nyebrang samudra pasifik butuh waktu sekitar 16 jam. Kebayangkan. Jauhnya kayak apa. Ini tuh kayak ngelilingin setengah bola dunia. Hehehe. Sampai di LA itu sekitar jam 8 malam waktu setempat. Agak aneh ya.. iyalah.. kita aja juga bingung.. beda waktunya ekstrim banget. Malam di sana, siang di sini. Begitu pula sebaliknya. Sampai di bandara LAX, kita ngantre untuk di cek paspor. Ternyata ada petugas bandara yang orang Indonesia loh.. kita jadi seneng. Cath dan kamlit lancar. Aku, riza, dan ari ditahan. Waduh. Alamat jelek nih. Bakal dideportasi gak ya? Apa jangan-jangan gak boleh masuk? Ah enggak…mudah2an hanya pengecekan biasa. udah deg2an banget nih. Untungnya ini bandara destinasi, bukan bandara transit. Kalo gak bakal ribet nih! Kita bertiga kepisah. Jam sudah menunjukkan pukul 11 malam. Haduh… jangan2 nginep di bandara nih.. akhirnya dipanggil juga. Lumayan kaya orang bego deh pas nunggu. Diem dan mengamati. Ternyata semua cowo yang berasal dari Negara muslim atau Negara tertentu akan dapet “extra check”. Apalagi ini pertama kalinya aku ke amerika. Aku diinterview ulang, trus di foto dan disidik lagi. Semua mereka input satu-satu dalam database. Fiuh..lumayan juga tuh. Lama. Ini memang prosedur yang mereka terapakan setelah kejadian black September. Interviewnya cukup mendalam. Sampe ditanya ikut organisasi apa aja di Indonesia, trus suruh nunjukin KTM IPB. Trus pake nanya “ are you a good moslem?” ak jawab “yes… ya iyalah”. Ampun… yah emang sih mereka agak paranoid. Tapi kalo Negara kita kena kejadian kayak mereka. Kita mungkin akan juga melakukan hal yang sama. Karena mereka gak ingin kejadian itu terulang lagi ke mereka. Pokoknya jam 12 malem baru selesai. Di luar dah nungguin dengan sabar kamlit, cath, pak Begawan, dan bu nike. Bandara LAX tuh biasa banget. Malah terkesan agak kuno. Di sana-sini masih direnovasi. Beda banget sama Taiwan. Dari aku bertiga yang ketahan. Aku duluan. Trus disusul ari, kemudian baru riza. Setelah semua komplit. Kami langsung menuju ke kjri. Letaknya di pinggir kota LA. Di Korean town. Dari bandara sekitar 40 menit naek mobil. Mobil yang jemput kita tuh gede abis. Baru pertama kali aku liat van segede gini. Panjang banget. Mungkin kalo dikasih kursi semua, bisa muat lebih dari 15 orang. Alhamdulillah ada yang jemput. Gak kebayang deh, kalo kita gak dijemput… huhuhu..bisa gak tidur kali ya.. meskipun udah dini hari, tapi mobil masih banyak yang berlalu lalang. Kotanya tidak seperti kota mati. beda banget sama kota di eropa. Kalo udah malem super sepi. Tapi kalo di sini, masih rame aja.
Wisma tempat kita nginep keren punya. Soalnya biasa dipake untuk pejabat2 yang dateng atau tamu Negara. Udah kayak hotel. Mantap… setelah solat isya. Kita langsung terlelap di kasur yang empuk. Karena cape dan emang ngantuk. Huah… mudah2an paginya gak telat bangun… hahaha…
H1
Pagi pertama di LA kami bangun jam setengah 6 pagi. Di sini gak ada azan. Jadi yah..begitulah. he3. Itu matahari udah terang. Setelah sholat subuh, kita langsung siap2 untuk lapor ke tingkat 5. Semua berpakaian rapih. Ohya pas banget pas hari kita pertama di LA adalah hari terakhir pameran batik ibunya barrack obama. Jadi kita foto2 dulu deh bareng batik ibunya obama. Pameran batik koleksi beliau akan keliling ke kbri di kota lainnya di AS. Setelah puas, kita naik ke lantai 5 untuk melaporkan diri, sekaligus kenalan dengan orang2 kbri. Di sini, satpamnya orang amerika lo… hahaha. Di lantai 5 kita ketemu warga Indonesia lainnya yang lagi urus macem2. Di sini, ada juga orang amerika yang apply visa untuk liburan ke Indonesia. Lapor diri itu kita mengisi formulir supaya nanti kalo ada apa2 di sini, pihak kbri akan mudah melacaknya, trus nanti di paspor akan dicap kalo kita udah pernah lapor. Selanjutnya, kita ketemu dengan pak esfandri. Beliau salah satu konsul muda di sini. Beliau menyambut kita dengan sangat hangat. Kita juga bertemu dengan berbagai macam pejabat konsulat di sini. Tak lupa kita foto bareng. Setelah itu, kita diajak sama bu nike untuk keliling kota LA pake mobil konsulat. Melihat rumah2 yang lucu, unik, dan keren2. Hari ini, kita mau ngeliat Hollywood. Sebelum ke sana, kita mampir dulu ke restoran burger in and out. Di sana kita makan beef burger dan French fries. Uniknya, di tissue makannya, ada nutfact dari menu yang kita makan. Trus dia selalu ngebandingin dengan nutfact McD punya. Kentang yang digoreng di resto ini adalah kentang organik lo.. minum boleh nambah tanpa harus bayar lagi di sini. Perjalanan kami lanjutkan ke Hollywood!! Kami turun di jalan yang ada hall of fame, persis di depan china theather. Itu tempat cetakan kaki atau tangan dari bintang2 hollywood. Di sepanjang jalan ditanam di dalam trotoar semacam plakat penghargaan untuk semua film, musisi, dan tokoh yang berpengaruh di dunia entertainment. Kami menyusuri jalan itu, di sepanjang jalan ada hotel Roosevelt, trus ada juga el capitan theather, dan Kodak theather – tempat penganugrahan Oscar award! Dari Kodak theather, kita bisa masuk dan naik hingga ke lantai 4. Jadi kita bisa dengan jelas ngeliat tulisan Hollywood di bukit sebelah yang gede banget itu. Percaya ato enggak, kios yang jual pernak-pernik dan merchandise di sini gak taunya punya orang Indonesia… mantep juga. Setelah puas berkeliling di sana. Kami melanjutkan perjalanan untuk melihat staples center. Ini tuh markas besarnya klub basket LA Lakers. Di sini juga tempatnya upacara pemakaman Michael Jackson. Persis banget di depannya staples center itu Nokia Plaza. Nah… Alhamdulillah, kebetulan banget, pas hari itu adalah partai pertama NBA finals LA Lakers melawan New Orland. Jadi suasana di sana rame banget. Ada yang nonton bareng di nokia plaza, trus siaran langsung radio, tv di sana. Pokoknya rame abis…. Selanjutnya, kita pulang, untuk sholat zuhur dan ashar. Sementara itu, yang cewe pada belanja makanan untuk malem ke restoran Thailand. Menu malam mini adalah, ikan gurame goreng!! Mantap. Malamnya kita diajak keluar lagi, untuk melihat staples center lagi… tapi kali ini dengan sensasi yang berbeda. Karena cahaya lampu birunya itu membuat staples center menjadi begitu cantik dan luar biasa. malam itu, selain ke staples center, kita juga ditunjukkan kantor walikota dan gubernur, university of California, masjid, sinagog, gereja2 tua, center library, terowongan yang dipake shootingnya the Matrix, marlynrose road(whatever..), Disney theather, baverly hills, trus pusat butik (sepanjang jalan itu merek terkenal semua, mulai dari Gucci, channel, zara, D&G, dan lain2 lah pokoknya- kalo ini yang exited yang cewe2. Gw gak ngerti beginian..haha) dan tempat lainnya.
Keesokan hari adalah saatnya kami siap2 untuk pergi ke Anaheim. Di pagi hari, kami disuguhi ketoprak!! What? How come? Ya… ternyata ibu-ibu pkk di sini yang jual. Jadi tiap hari Jumat, aka nada makanan tradisional gitu deh… asik ya.. ketopraknya tuh satu porsi buat cowo bisa untuk berdua. Tapi kalo cewe harus bertiga makannya. Porsi jumbo bo… ya iyalah..harganya aja sekitar 5 dolaran. Alias 50 ribu.. bu nike juga ternyata beliin kita donat! Mantap! Donatnya gede2 banget, dan enaknya pol!! Siang itu kami sibuk untuk mempersiapkan perjalanan nanti ke Anaheim. Packing. Ohya, karena selama ini kami memakai rice-cookernya kbri. Ternyata bu nike bilang. Kalo kita boleh bawa ricecooker punya dia. Asyik! Alhamdulillah. Lumayan lah.. buat masak2 di hotel. Biar irit!! He3.. Ups. Boleh gak ya? Ya itu urusan nanti lah…hahaha. Kami sholat jumat di kbri. Alhamdulillah, bisa bertemu dengan saudara seiman di sini. Dan mantap banget deh.. kita diumumin dan dikenalin sama semua jamaah… mantap. Memang terasa banget kekeluargaannya di sini.
Selanjutnya, kami berangkat ke medan pertempuran! Dari LA ke Anaheim itu sekitar 1 jam. Sebelumnya kami mampir ke supermarket Thailand. Di sana kami beli buat kebutuhan sekitar 5 hari di Anaheim. Coz takutnya ribet dan susah nyari apa2 lagi. Pas banget, kita ketemu lagi sama ibu2 pkk di sini yang jual nasi box makan siang… hehehe asyik. Menu siang itu adalah daging semur dan sayur asem… Alhamdulillah. Mantab! Anaheim itu kota kecil yang rapih banget. Nih kota jalanannya lurus2. Sistem rumahnya blok2 gitu. Lokasi Anaheim convention center itu persis sebelahan dengan hotel kita menginap. Di Hilton.. sekali lagi di HILTON! Norak ya…hehehe. Mantep banget emang nih hotel.. yah gak papa…namannya juga gratisan. Ohya trus disneylandnya ternyata juga gak jauh loh. Gak sampe sekilo udah sampe. Tapi kalo jalan ya gempor juga.. hahaha.
Sampe di Hilton, kita ternyata kelupaan bawa air minum. Oleh karenanya, kita beli aquades (ini serius loh..kita minum aquades yang biasa dipake ngelab) sekitar 4 galon kecil. Selanjutnya, kita check in. ternyata kita dapet kamar jauh2an. Wah, susah kordinasi nih kalo kejauhan. Akhirnya kita pindahin deh..jadi sebelah2an kamarnya. Nah. Selanjutnya, kita registrasi. eh ternyata registrasi masih belum bisa. karena bu Kristen kayaknya kelupaan deh. Yang ada Cuma nama riza. Alhasil, kita registrasi rame2 semua. Nah pas registrasi kita ketemu dengan pak ken Buckle!! Wah…pas kita tegor, eh si bapak ternyata masih ngenalin kita. fyi, kita pernah ketemu pas seminar internasional yang diadain sama seafast di Jakarta. huhuhu…seru! Ya udah deh. . ohya trus kita foto2 tentunya, dan jalan2 di sekitar venue. Kita kenalan dengan winny, mahasiswa indonesia.dia itu Mahasiswa PhD di Minneasota. Umurnya sih masih sama kayak kita. hahaha kaget kan! Karena di sini sistemnya bisa cepet kalo kita pinter. Dan tidak ada skripsi (hanya optional). Sore harinya, kami mingle dan dinner di taman. Asyik kan! Gratis pula! Di sini kita ketemu dengan lebih banyak lagi teman dari Indonesia. Ada vidya, sekarang master di Rutgers. trus melvi, undergraduate dari Cornell. Liem, master dari NY. Wah…seru banget…. Walaupun baru kenal. kita udah kayak keluarga… hahaha. Maklum, jauh dari perantauan. Udara di sini dingin banget! Menggigil bo… maghrib pun tiba (di sini magribnya jam8 malem). Kami pulang ke hotel. Menu kita mala mini adalah makanan sisa di pagi dan siang tadi, plus indomie. Hahaha. Di sini tuh makanan cenderung lebih awet, karena gak banyak mikroba di udara (suhu dingin dan udara kering). Malamnya. Surprisingly!!! Ada fireworks!! Dan itu lama banget, sekitar 40 menit. Arah kembang apinya dari Disneyland. Kita dengan jelas bisa ngeliat, karena kamar kita kacanya persis ngadep kea rah Disneyland. Subhanallah! Mantap. Pertama-tama, kita exited, kta rekam pake video. “ah, paling juga sebentar”. Eh gak taunya…ampun deh..nih kembang api kok lama banget ya…dan gak abis2..udah gitu keren2 lagi…huhuhu, pegel juga lama2 nge-video in nya… hahaha..
Keesokan harinya, kami mengikuti nanoscience conference. Keliling food expo, Dan sibuk untuk latihan presentasi buat keesokan harinya. menu mala mini lebih special. Kita makan vegetarian pizza. Hahaha. Dan ternyata kembang api ada lagi… dan lama pula… wah, jangan2 tiap hari maen kembang api di sini… hahaha. Gak banyak yang bisa diceritain selain SERU abis!! Di sini, saat kita masuk dan berkunjung ke stand, kita akan diminta name tag nya untuk di scan barcode. Dari barcode itu, perusahaan yang kita kunjungi akan mengetahui biodata yang telah kita masukkan saat registrasi. di sini setiap stand sudah hamper pasti memberikan barang gratisan. Mulai dari sample produk yang mereka offer, tas, kaos, gantungan kunci, sampai flashdisk.
Hari yang dinantikan tiba. Kami berangkat pagi2. Sebelum masuk ke arena pertempuran, kami bertemu dengan professor wayne, beliau akan datang ke Indonesia pada bulan agustus nanti untuk berkunjung ke departemen itp tercinta. Acara di sini simple banget, gak pake master of ceremony. Saat sambutan, satu-persatu tanpa diminta langsung mengisi acara berturut-turut. Setelah itu langsung lomba. Kami dapet urutan ke empat. Lumayan. Gak terlalu lama nunggu. Hehehe. Pas lomba, sejujurnya kami sudah melakukan hal yang terbaik. Dan menurut kami, kami punya kekuatan di sisi penyampaian presentasi. Hal ini jika kami compare dengan tim sebelum kami. Mudah2an ini pertanda baik dan usaha keras kami terjawab. Amin. Ohya di sini kita ketemu pak labuza, beliau ini yang nemuin kurva Aw dan hubungannya dengan mikroba. Mantap kan. Beliau ternyata jadi dosen pembimbingnya anak2 Minneasota. Walaupun udah tua, beliau tetep semangat untuk nyemangatin tim yang dia bimbing. Luar biasa. jadi ngiri…hehehe. Selesai lomba, kami tetep keliling2 food expo dan kali ini pula kami menyempatkan untuk datang ke sesi poster. De sesi poster, poster yang ditampilkan jumlahnya ribuan. Poster tersebut tidak ditampilkan sekaligus, tetapi bergelombang sesuai dengan tema dan jadwal yang telah ditentukan panitia.tambahan lagi, kita dapat mengakses ribuan poster tersebut dalam softcopy. setelah itu, kita juga mengikuti kegiatan “mingle” sesame mahasiswa foodtech di sana sekaligus makan malam. Mereka nampilin poster kegiatan2 mereka lo.. dan kegiatan2 mahasisa di sini juga gak kalah mantep.. malamnya, adalah malam penganugerahan. Di kesempatan ini, salah satu sahabatku, kamalita menari bali di opening ceremony nya. Di acara penganugerahan ini pun, acaranya relative sederhana. Pemenangpun hanya diucapkan begitu saja tanpa ada penekanan tertentu. Kami membawa gelar second runner up, dari 16 tim dari berbagai negara. Inlah yang terbaik yang dapat kami peroleh. Alhamdulillah. Selepas acara, kami menyempatkan makan malam di kedai pizza. setelah itu, kami berjalan-jalan mengelilingi garden walk Anaheim. Tempatnya mirip kayak citos – cilandak town square. Cuma lebih artistic sedikit.. setelah puas, kami mampir ke minimarket untuk persiapan perbekalan besok pagi. Karena kita akan ke Disneyland!!
Tiket ke Disneyland cukup mahal. Sekitar 95 dolaran satu orang. Tapi kita boleh bebas maen mulai dari pagi jam 9 sampai jam 12 malam.. hahaha..mantap. ohya Disneyland ini ada dua park. Yang pertama California adventure, satu lagi baru Disneyland park nya. plan kita, dari pagi sampe jam 3 an sore, kita ke California adventure, setelah itu dari jam 4 sore kita akan ke Disneyland park sampe tutup jam 12 malam. Di sini seru abis. Gak nyangka, akhirnya bisa sampe ke Disneyland.. bareng2 sama temen lagi (^_^). Permainan pertama, kita nyoba arung-jeram, trus ngedinginin badan naek jet coaster yang sumpah top abis!! Panjang lintasannya sekitar 4 kalinya di dufan. Mantap!! Trus naek ontang-anting, pesawat2an, trus ngeliat film 4D nya a bugs life, Kermit, trus naek tower yang tingginya sekitar 100 meter ke atas dan kita di shake di atas tower itu, trus kita juga naek lift yang parah banget. Tingginya sekitar 8 lantai. Selain itu kita juga masuk ke wahana moster Inc. trus kita juga ngeliat film dari atasnya California, kita serasa naek paralayang. Mantep abis. Trus kita naek juga buzz light year, trus ngantri yang super panjang untuk ikut ride Indiana jones. Keren!! Trus kita juga kayak keliling hutan wnaek perahu di sungai amazone. Kita juga naek jet coaster versi kecilnya yang bikin takut setengah mati juga. Hahaha. Trus kita juga masuk ke rumah hantu, trus menyelam di kedalaman untuk ngeliat finding nemo. Kita juga ngeliat bakalan jadi kayak apa Disneyland di tahun2 mendatang. Di sini ada R&D nya juga lo… asyik banget.. ohya trus naek kicir angin yang bisa goyang2. Jadi tuh bianglala segede gaban gak statis dan kita di dalam kereta yang gerak.. kebayangkan.. seru banget!! Tidak lupa juga kita beli souvenir dan foto2 dengan topi yang lucu-lucu. Dan masih banyak permainan lainnya…huhu…pokoknya serasa jadi kayak anak kecil lagi…hahaha… like a dream come true… tuh maen dari yang tadinya seger, sampe kita cape keasyikan..kita baru pulang sekitar jam 1 malam… fiuh, dan jalan kaki ke hotel, karena udah gak ada shuttle lagi.. hehehe..
Keesokan harinya, kami packing dan sudah siap2 untuk pulang ke los angeles lagi. Kami dijemput oleh bu nike. Kami dianter ke farmers market. Ini kayak pusat perbelanjaannya di sini. Ada took apa aja dah.. Di sini kita belanja dan beli souvenir. Setelah itu, kita jalan2 ke santa monica beach. Trus ngeliat2 pasific park. Sampe malem… puas…
Keesokan harinya, kami memnuhi undangan untuk breakfast di rumah salah satu konsulat muda di sini, pak esfandri. Baik banget ya.. menu kita hari itu adalah nasi goreng… wew.. sedap!! Setelah itu, kami bertemu dengan pak konsulat jenderalnya. Kami foto bersama. Setelah itu, kami maen ke universal studios!!! Tempat film2 hollywood di produksi.. di universal ini kita maen bareng sama anaknya bu nike, serta winny dan darius, mahasiswa Indonesia di Minnesota. Wah, ini gak kalah serunya!! Susah diceritain pake kata2..harus dateng sendiri!! Kita maen 2 hari di sini!! Kita maen muli dari ridenya jurassicpark – kita dijatohin dari perahu dengan ketinggian lebih dari 50 meter!! Trus ride the mummy returns, ini kayak maen jet coaster dengan ada sesi maju dan mundur!! Trus naek ride keliling universal studio. Keren!! Dan permainan lain serta film 4D yang keren abis!!di sini kita juga liat pertunjukan langsungnya water world. Huhuhu…mantab!! Trus kita juga ngliat bagaimana special efek yang mereka mainkan mulai dari sisi sound, hingga api2 kebakaran. Gak rugi beli tiket mahal!! Pulang dari universal studios, kami beli oleh2 untuk teman2 di Indonesia. Kaos yang keren2. Hehehe.
Hari terakhir, kami pamitan, dan masih nyempetin maen ke universal, karena kita beli tiket untuk 2 hari. Kami dapet pesawat tengah malam. Jangan lupa sebelum boarding pesawatnya, kita harus lapor kepulangan kita ke homeland dept. nya usa. Everything is ok. And perjalanan ini menjadikan pengalaman kami yang tidak pernah kami lupakan. Terima kasih untuk para sponsor dan semua dukungan berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Karena anda semua kami dapat mengharumkan nama bangsa kita di dunia internasional. Terima kasih ya (^_^)

15 thoughts on “My journey to California, USA

  1. jiahhhhh…wakakakaka…gw baru nemu post ini lhoo..dan ketawa2 sendiri..hahaha..tapi jadi pengen balik lagi ke Amrik….huaaaaaaaaaaaaaaaaa….
    thank you ya for posting such a great story, successfully returning the old memory, hohohohoho..
    i wonder kapan bs ke sana lagi…

  2. hoooooaaaa..
    kak galiiih, ceritanya seru abiis.
    yups, moga2 bs balik kesana.. nimba elmu lbh banyak lagi disana ^_^

    ga ngebayangin, kak ari bakal turun berat badan (lagi) ga yaa.. gara2 jungkir balik 15 jam di disneyland. hihihi😀

  3. oalah, ini tho WP nya kak galih yg diceritain amel. si amel seneng bgt baca blognya kak galih. inspiring kak. pertama liat blognya sih rada ragu, ini blog kak galih apa kungfu panda (cz ada orang silat2 gtu, hahaha)?

  4. wah.. subhanallah,, uda sampe LA aja Gal.. saya br nyampe Lenteng Agung suy.. hehe..
    Sukses slalu dan semoga makin bermanfaat,,

    • alhamdulillah kak🙂
      tinggal mekkah nih yang belum kesampean.. tapi mudah2an sebentar lagi ke sana nih… mohon doanya ya🙂 amin…

      ohya kak dah sampe jepang ya?

  5. belum sampe Jepang gal.. masih di bandung,, ada penundaan, wallahu alam, pasrah aja deh…
    aminn semoga kita semua segera menginjakkan kaki di Mekkah ya..

  6. Galihh……..seru bangettt!!
    Keren banget bisa ke UAS gratis pula!!!!!

    kerennnn Galih, jadi ngebayangin kesana sm temen-temen. Mantabb banget pastinya!!!!

    Keren Gal ceritanya….^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s