Trip in Germany&Switzerland – part 1

here we are… Delegasi IAAS Indonesia

And the story begin……

Sebuah awal yang luar biasa. Pertama kita ngeliat pengumuman ada woco yang temanya tentang pangan di milis …kita udah interest banget…secara…aku sendiri anak pangan…jadi kepengen…mau tau kenapa ? cozz…host nya jerman n swiss… what a beatiful country. Kontan saja… (bahasa apa ini?) kami langsung mempersiapkan segalanya…terutama untuk tahap seleksi tulisan dan berkas… Mulai dari coba mempelajari constitution by law, or anything to enrich our knowledge la… Baca-baca, ngebrowse…pokoknya jadi tiba-tiba rajin….. itu terjadi sekitar bulan januari awal. Ya… kita harus sending our motivation letter , trus kita mengisiform requirement, cv, etc. gak kebayang bakalan berangkat. Yang ada di otak Cuma I will do my best…

Selanjutnya setelah seleksi berkas di tingkat nasional. Diadakan wawancara untuk tingkat nasional. Wawancara tentu saja menggunakan bahasa inggris. Pewawancara tentu saja alumni, kemudian ex delegasi yang kemaren, kemudian local director dari setiap lc. Wawancara gak Cuma sama satu orang… tapi dikeroyok rame-rame…Kemudian pengumuman tiba. Dari sekian banyak orang yang apply. Akhirnya terpilih 7 orang dari Indonesia yang akan berangkat nantinya., sebenernya ada sepuluh, tapi selanjutnya mengundurkan diri karena beberapa alasan yang menghalangi mereka untuk pergi… memang..life is choice…(maksud?)

Mustahil untuk berangkat dengan uang sendiri. Otomatis tiap orang berpikir mau kemana aja kita sebar proposal ini untuk mendapatkan uang .. bemodal tekad dan semangat, semua katanya mungkin. Maka dengan hati dan tekad yang bulat. Kami harus berangkat! Hidup mahasiswa… !!

Proposal kami cetak. Surat2 kami siapkan. Disamping itu kita juga mulai prepare travel document. Terutama paspor. Mengurus paspor butuh kesabaran. Karena ada wawancara dari kepala imigrasinya. Selanjutnya kami mulai menyebarkan proposal. Kita minta bantuan dari siapa saja yang kami kenal. Dekan, kepala departemen, departemen pertanian, departemen kehutanan, departemen luar negeri. Departemen pendidikan nasional. Ultra jaya, departemen pariwisata. Etc. Pokoknya mengesot-ngesot.. karena waktu serba cepat. Ditambah dengan beban akademik yang luar biasa..sambil jalan naek kereta sambil ngulang pelajaran..(ayo galih…bakteri apa aja yang termasuk emerging phatogen bacteria??) pyuh…cape dech….semua harus dikerjain n dipersiapkan dengan baik…coz deket banget ma ujian semesteran… final exam.. semester ini harus lebih baik dari semester kemaren… (pastinya dong….)

Selanjutnya kita prepare all the thing.. mulai dari ketemu ma pak agus lelana, ketemu pak purwiyatno, kemudian ketemu pak abe,, pokoknya kita minta bantuan dari yang sifatnya materil, ampe non materil, dari duit ampe doa restu…pokoknya mengurus semuanya,, ketemu pak asep untuk urus fiscal… semuanya,, ohya…btw mengenai fiskal, kita sempet kecewa ama pemerintah … kenapa sih kita harus tetep bayar sejuta… gak tau kita mahasiswa apa.. yang senin kamis puasa …(nyambung ya?) aku tak rela….. teganya…teganya… teganya….(ada nadanya lo…) katanya sih hal ini dikarenakan adanya peraturan baru yang menyebutkan bahwa bebas fiskal baru bisa jika kita sebagai mahasiswa student exchange.. bukan mahasiswa yang Cuma mau seminar…. huh…!! ya udah deh… masa gara-gara fiskal doang gak jadi berangkat… kapan bisa maju negara ini…!!(maaf.. nulisnya sambil sedikit emosi… bete … )

Ohya, mengenai syukur alhamdulillah dengan ngesot-ngesot ke sudirman… entah udah berapa kali bolak-balik ke sana… akhirnya kita dapet bantuan dari diknas. Kita dapet bantuan dari beasiswa unggulan bagi peneliti. Kita awalnya sempet shock juga..tentang requirement yang diminta ma diknas. . kita ampe dateng yang kedua kalinya untuk memastikan nih bener n serius gak sih…. ok… selanjutnya, dengan tekad membaja, kita menyanggupi permintaan dari diknas, termasuk membuat poster, membuat makalah trus mengisi berbagai formulir…. termasuk menyiapkan surat dukungan dari wakil rektor… semuanya demi mimpi yang rasanya mustahil….
Gak semudah membalikkan telapak tangan untuk menyelesaikan itu semua… mulai dari kordinasi dengan delegasi lain via yahoo messanger… mending kalo langsung ngerti..mana pake tulalit lagi (yang ngerasa jangan marah ya..)… trus berpuluh-puluh sms… dan sekian menit pulsa telepon……..untuk satu kata … koordinasi…!!

Pusing….! ada yang gak dapet sponsor… ada yang pengen gak ikut karena gak ada duit… ada yang tulalit melulu kalo ncm-an… ada yang tetap ceria n always ngebuat ketawa dimana saja berada.. ada yang membuat bingung selalu n tidak bisa memberikan kepastian… ada yang suka ngehang komputernya… ada yang tetep serius….huh…huh…huh…(belum tau aja aslinya kayak apa…)

Perasaan Kesel…sedih…marah…jengkel…memelas….kadang senyum-senyum… ketawa… semua rasa ini udah aku rasain… bersama sahabat-sahabat terbaik delegasi indonesia…
Btw, sarana transportasi mulai dari Ngesot..naek kereta ekonomi…busway-transjakarta…bus umum…angkot…motor pinjeman…motor sendiri… ( termasuk di dalamnya kempes karena kelebihan muatan… ato rantai nya yang copot…roda yang kecil, jadi gampang selip…) jalan kaki… taksi…. pyuh….udah dicobain utnuk ngejar sponsor..
Trus … yang namanya keburu-buru karena dikejar deadline… scanning…cropping… ngeprint…cap.. tanda tangan… huh… semua dilalui… belum lagi pake ada acara kelupaan ngasih kartu tanda pengunjung utnuk dituker pake ktp… kejepit lift….kesandung tangga …. nyari tukang bordir…..jalan berkilo-kilo….berdesakan….. rebutan….nyasar…. trus salah parkir ampe nembus trotoar kedutaan…. kehujanan… kepanasan….. menunggu 2 jam utnuk ketemuan…..bawa souvenir ama boneka teddy bear kaya orang abis ngerampok toko…hehe…. ampe shopping kesana kemari..(tetep…) wah semuanya deh…. komplit….

Masalah booking pesawat juga bukan pekerjaan sederhana… kita ampe 3 kali ngulang booking…(maaf untuk bayu buana travel yang udah dikerjain abis-abisan ma kita..)trus belum nama yang diprint salah… n deadline bayar semakin dekat….
Dengan Kepala berpikir, bibir berucap, muka memelas kita pinjem duit sana-sini. .akhirnya dapet pinjaman dari dikmawa(makasih banget pak rimbawan) sama dari departemen itp (makasih pak dahrul, bu heni n mbak eno)… kita dapet uang cash utnuk bayar tiket pesawat …. surat perjanjian dibuat dan ditandatangani..kita akan kembalikan…(semoga cepet turun uang dari diknas…amin…)

Tampang gembel dipersiapkan dengan sepenuh hati…(kita menghayati banget lo…) bawa duit puluhan juta di tas…who knows?? Tampang kere gini bawa duit segitu gede…. bak seorang saudagar dari negeri khayalan…kita tuker uang di money changer dengan kurs yang terbaik….(gaya banget ya…) …uang yang tadinya bergepok-gepok berubah jadi beberapa lembar… menyedihkan… betapa murah mata uang kita… (jadi berasa miskin lagi…)….
And……
Hari yang ditunggu tiba…. hari keberangkatan!!
Degdegan dong pastinya… koper disiapin, poster, spanduk, leaflet, peen-pesen sponsor, semua yang bisa dimasukin-dimasukin… hajar bleh…pokoknya jangan ampe lebih dari 20kg… oh ya.. barang liquid harus masuk koper yang bagasi…biar gak meledak…
Jam-jam menunggu keberangkatan ……
Mengisi waktu diisi degnan sms ..”dita,,posisi kamu di mana? Aku lagi makan somay nih nungguin di masjid bandara..”
”dody..kamu dimana sekarang…?jangan kelamaan ya…”
Mereka embalas..dari dita: ”sabar ya..sekarang masih di jakarta nunggu putri ama trisna…makan somay? Ntar tau rasa lo kalo sakit perut di pesawat.hehehe…”
And doddy : ”bentar lagi gal…nungguin ya.?secara semua dokumen ada di gw semua..gak bakal berangkat kalo gak ada gw.hehe…”
Dari dialog di atas… anda dapat membayangkan jam berapa saya sampai dibandara? Bener jam setengah 4 sore dah di bandara..belumut….nunggu….padahal check in masih jam 7 malem n boarding jam 10 malem…
Tapi n ternyata.. ada yang udah nyampe duluan sebelum aku… mas aryo..dia dah nyampe dari jam 12 siang… hah!! Gak kebayang….deh….
Gak papa…yang penting seneng…!!!!ke luar negeri bo…..kalo ada yang nanya, de mau kemana…? oh… kita mau ke jerman….(hehehe…narsis banget yach!!)
Akhirnya pas magrib semua delegasi lengkap … kecuali miss universe .. suthe…mau tau kenapa dia gak barengan….??? coz dia telat ngurus visa jerman…jadi gak bisa barengan deh… dia berangkat seminggu lagi…

Di bandara kita paling rame…foto-foto pake spanduk.. pokoknya seru sendiri deh… ampe diliatin banyak orang…. n akhirnya sekitar jam 7 malem, kita mulai check in. . mas aryo kehilangan kameranya…ternyata kebawa ama penumpang laen…(untung gak diembat tuh kamera…) trus kita di screen lewat sinar x… bayar fiskal..cek bagasi..ditimbang…trus kita dapet tiket aslinya.. selanjutnya kita di cek paspor… n kembali di screening bawaan kita yang ke kabin. Sebelum naek pesawat… kita menyempatkan makan malem dengan nasi kotak sambil lesehan di bandara…. (tetep jadi pusat perhatian) dengan seragam yang dipunggungnya tuh ada kata gede banget…INDONESIA..
Lagi asik2 makan…eh sekonyong-konyong ada mbak-mbak petugas bilang ke kita… « lo…kalian naek emirates kan ? kok masih disini sih…kalian gak mau naek pesawat apa ? »….. hohoho… langsung aja kaget… trus buru-buru ngabisin nasi kotak buatan ibunda tercinta… huphup… setengah berlari sambil cekikikan… kita jadi penumpang terakhir yang masuk pesawat …
Di pesawat kayak orang norak… pencet sana-pencet sini… semua dicoba…. Monitor diotak-atik…untung gak ngehang….kita ngobrol.. n always komentar…. Ok guys… please fasten your seatbelt….Khoroja’ tahzimatul maqo’id…hwe..hwe..hwe…
Sebelum turun, kita sempet kenalan ama 2 cewe dari unpar-bandung.. mereka juga mau ikutan festival budaya di belgia… baru kenal.. tapi langsung kompak..
Sampe di singapura (changi ) sekitar jam 12 malem… bukannya ngantri utnuk nek pesawat lagi malah sibuk foto-foto….tetep…. udah mana foto pake spanduk lagi…. (kembali jadi pusat perhatian..)…setiap transit kita dapet makan.. aneh2 lah pokoknya makanannya… makanan rumah sakit….kagak ada nasi uduk ama lontong sayur…. Yang lucu waktu dita pesen jus tomat… do you know… how is the taste? Kayak saos sarden…. huwe…..!!enggak lagi deh….
Kecepatan pesawat tu hampe lebih dari 900km/jam ya… kuenceng banget…. Selama perjalanan ndengerin murottalnya sudais n temen2nya…hati tenang dan damai….
Trus kita transit lagi di colombo-srilanka.. utnuk isi bensin kayaknya… ohya .. kita naek boeing yang gede banget banget pesawatnya… kayaknya 2 RT bisa muat di situ deh… ohya… tak lupa// sebagai orang indoneisa yang kere… pokoknya barang2 gratisan dari pesawat kita embatin… mulai dari tusuk gigi, sendok, gula,, ampe makanan-makanan sisa kita kumpulin… gak mau rugi pokoknya…secara udah bayar hampir 10 juta untuk naek ni pesawat… hehehe…. 
Selanjutnya kita transit untuk ganti pesawat di dubai….kita naek airbus dari dubai..
Sampai di dubai…emang tuh bandara jempolan… gede banget…trus mana dalemnya kayak mall… mau apa aja ada…. sampe sana kita langsung sholat subuh barengan muslim yang berasal dari berbagai negara… indah banget….
Di dubai kita ketemu ama mami2 dosen dari upi. Dia jadi guide dadakan kita.. secara dia udah ke jerman 6 kali.. tapi di tahun 1988…gubrak….!!
Mana pake kepisah lagi… jadi saling tunggu menunggu sekitar hampir setengah jam.. gara-gara miskomunikasi.. oh ya… tuh bandara rame banget… banyak manusia bergelimpangan pada istirahat nunggu pesawat….
Selanjutnya kita terbang ke jerman… (germany…here we come…!!!)
Dari dubai masih sekitar 6 jam-an… setengah ngantuk karena jet lag.. kita tetep semangat…. sampe di bandara.. kita disambut alumni ipb bersama teman-temannya di bandara dusseldorf… ternyata eh ternyata… salah satu anak yang jemput kita tuh pernah kenal alias pernah jadi muridnya si mami… ya sud,,, jadi kayak reunian… ok… selanjutnya kita pesen tiket secara elektronik ke kota duissburg.. sekitar 15 menit naek kereta… kereta di sana nyaman banget… gak kayak kereta KRL Jabotabek tentunya….
Kita berpisah dengan mami di bandara… selanjutnya… petualangan baru dimulai……..

Tunggu kisah selanjutnya…. segera…….

3 thoughts on “Trip in Germany&Switzerland – part 1

  1. kampungan sich…tapi lebih kampungan yang baca keknya…..cuma bisa mlongo…salut dech….
    gal..tulisan ente bikin deg-degan…..
    ngingetin ane waktu 1st terbang ke Semarang dulu, hihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s