Indonesia di Dunia Global

Hari rabu yang lalu, tanggal 4 maret yang lalu saya berkesempatan untuk mendengarkan pengalaman dan pemikiran dari salah seorang dosen saya yang selama 4 tahun yang lalu beliau menjadi duta besar Indonesia untuk unesco di paris-perancis. Sebelumnya beliau juga pernah menjadi rector ipb, beliau adalah pak professor aman wirakartakusumah.
Pada kesempatan tersebut pak aman banyak menyoroti isu-isu global yang sedang hangat terkait masalah social dan pendidikan.
Beliau menyampaikan bahwa ke depan, tantangan akan semakin besar. Indonesia sebagai Negara yang menjadi bagian dari komunitas global harus turut mensukseskan berbagai program yang telah menjadi komitmen bersama. Diantaranya ialah program millennium development goals dan program education for all. Kemudian, Indonesia juga harus menjadi bagian dari solusi permasalahan pemanasan global, flu burung, imigrasi dan diaspora, keragaman (bio,budaya, bahasa), standard internasional serta global devide (kaya-miskin, desa-kota, gender, sara).
Masalah-masalah yang disebut di atas jika tidak ditanggapi secara bijak, maka akan akan berdampak pada stabilitas local. Solusi harus secara pararel mengakomodir dan menyelesaikan permasalahan di tingkat local maupun di tingkat global.
Secara umum, penjelasan beliau memang bukan di tataran teknis.sehingga yang berhasil saya tangkap hanya segini. Ilmunya belum nyampe nih.. ^_^ . pokoknya, Indonesia harus bisa lebih bermain di tingkat dunia. Karena kita merupakan satu2nya Negara di dunia yang sangat majemuk dan mampu hidup secara berdampingan tanpa gesekan yang cukup berarti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s