Salahuddin Alayyubi, Salah Satu Tokoh Favorit Saya

Mengapa harus dia ya? Tokoh ini berasal dari suku kurdi-afganistan yang luar biasa sepak terjangnya. Dialah tokoh yang dihormati bahkan oleh kalangan barat sekalipun. Bukan karena kegarangan beliau di medan pertempuran saat membebaskan palestina. Tapi rupanya karena perangai dan akhlaknya yang mulialah beliau menjadi tokoh yang dihormati.
Di usia yang muda, kepala dua, salahuddin telah menunjukkan berbagai kelebihannya. Dia sangat dikenal memiliki kedewasaan yang matang. Dewasa secara fisik, psikologis, dan spiritual. Ia juga dikenal berani, empati, dan jenius. Musuh-musuhnya menjadi gentar dan hormat kepadanya.
Dalam berbuat sesuatu, solahuddin selalu berpijak pada quran surat 67:2 tentang amal yang baik. Amal yang baik itu mencakup 4 hal. Yakni amal yang mutaqobalan atau amal yang diterima karena sesuai dengan syariatnya, kemudian amalan muntijan yakni amalan yang produktif, lalu amalan yang itqon atau professional, dan amal yang sholeh atau amal yang bisa membawa dampak perubahan.
Di sisi lain, shalahuddin jugamemiliki kemampuan untuk mempersatukan kaum muslimin untuk bersatu padu melawan koalisi tiga Negara;jerman, inggris, dan perancis. Dengan leadershipnya yang baik, ia mampu memompa semangat pasukannya untuk mengeluarkan kemampuan maksimalnya untuk mendapatkan syahid. Yang namanya pemimpin ya dia juga maju di depan. Tidak sekedar ongkang-ongkang kaki di belakang pasukan. Bahkan ia berada di garis terdepan bersama pasukannya. Ia juga dikenal sangat dekat dengan pasukannya, sehingga ia tahu siapa saja yang pada hari itu tidak sholat malam, sedang sakit, dan lain sebagainya. Dan terakhir, kesabarannya untuk terus berjuang dengan niat yang bersih membuahkan kemenangan dan terbebaslah negeri palestina dari penjajah. Kesabarannya jualah yang membuat pertolongan allah menjadi begitu dekat dan datang. Karena keajaiban dan kemenangan sejatinya adalah milik orang-orang yang sabar.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s