Membangun Bangsa Melalui Keteladanan

Memang semuanya tidak mudah untuk dirubah dalam waktu singkat. Tetapi apa sih yang tidak mungkin di dunia ini? Jika kita mau maka yakinlah kita pasti bisa.
Termasuk membangun kejayaan Indonesia. Sebagai Negara muslim terbesar di dunia, Indonesia harusnya bisa dijadikan sebagai contoh real betapa Negara muslim adalah Negara yang maju. Kita harus bisa membuktikan kalau islam adalah rahmatanlilalamin dan agama yang terbaik.
Nah tapi apa yang kita lihat sekarang? Semuanya masih dalam tataran konsep. Negara dunia ketiga alias middle low income country, didominasi oleh Negara muslim. Pun Negara yang masih memiliki penyakit polio, 3 dari 4 negara yang tersisa di dunia ini adalah Negara muslim. Betapa menyedihkan.
Tapi apa kesedihan saja bisa menyelesaikan masalah? Tentu tidak.
Bandingkan dengan Negara barat yang notabene “non-islam”, mereka berhasil menjadi Negara yang maju dan menjadi pelopor di berbagai bidang. Contoh kecil saja ialah bagaimana ketepatan waktu transportasi umum . saya pernah mengalaminya di eropa, jerman dan swiss tepatnya. Di sana, semua berjalan sesuai dengan waktunya. Persis! Jika di jadwal kereta tertera 07.07 misalnya. Maka memang benar di menit ke 7 lewat jam 7 itu, kereta datang. Luar biasa. belum lagi bicara penguasaan teknologi, industry, bahkan di bidang pertanian sekalipun.
Maka skakmat kita saat ditanya jika islam itu memang baik, maka kenapa kondisi pemeluknya menjadi seperti itu? Sangat kontradiktif bukan?
Untuk itu, inilah tugas besar kita bersama. Membangun dari hal terkecil yang bisa kita lakukan. Menjadi teladan di bidang yang kita tekuni. Jika secara kolektif kita mampu menunjukkan keteladanan ini. Maka kejayaan kita tinggallah menunggu waktu, tak terbendung! Percayalah.
Keteladanan kolektif ini sangat perlu di bingkai dalam sebuah system/manhaj yang benar. Karena sebuah gerakan yang baik, tak akan ada artinya jika justru saling melemahkan. Setiap vector harus menuju titik yang sama, sehingga terciptalah gaya/force yang cukup kuat untuk merubah kondisi bangsa ini menjadi lebih baik.
Saya masih memiliki harapan. Dan saya yakin saya adalah bagian dari perubahan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s