Mahasiswa ke Luar Negeri Gratis? Bukan Sekedar Impian…

assalamualaikum teman2..
kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya sih mahasiswa kayak kita bisa ke luar negeri gratis untuk ikut seminar, symposium, atau program yang short term gitu..
penasarankan? nah langsung aja ya..berikut ini tips dari pengalaman saya selama ini..
1. buatlah tulisan dalam bahasa inggris (tentu saja yang ilmiah) sesuai dengan minat dan kompetensi anda semua. minta tolong edit sama teman yang benar-benar menguasai. kalau perlu minta bantuan dosen untuk menilai juga.
2. cari event yang terkait dengan topik dan tema tulisan kita tersebut. catat kapan deadlinenya. (urutan nomor 1 dan 2 bisa dibalik). kirim aja. gak perlu takut, meskipun kita masih undergraduate. mereka akan respect dengan setiap tulisan yang masuk ke meja mereka.
3. nah, disini tinggal berdoa aja, karena yang berhak meng-approve adalah panitianya. kegagalan adalah biasa, yang penting terus saja dicoba untuk masuk ke event2 lainnya. masa sih gak ada yang nyantol satu pun.. minta perbaikan jika masih belum diterima, dan kirim lagi!
4. jika sudah di-approve, mintalah bukti surat keterangan yang menyatakan bahwa kita diundang untuk menghadiri acara tersebut, dan sebagai apa. apa sebagai oral/poster presenter. surat ini mudah mendapatkannya kok. tinggal hubungi panitianya saja.
5. buatlah proposal keberangkatan kita. mencakup latar belakang kita mengikuti kegiatan ini, tujuanya, manfaat yang bisa dipetik, jadwal acara dan kegiatan selama disana, dan jangan lupa anggaran biaya yang kita habiskan selama di sana. tulis semua yang bisa memperkuat bahwa keberangkatan kita sangat penting dan bermanfaat. proposal ini harus disahkan oleh wakil rektor, dengan mengetahui dosen pembimbing kita.
6. berdasarkan surat yang telah kita terima, mintalah rekomendasi dari wakil rektor/rektor kita tentang dukungan bahwa ini demi kepentingan institusi. minta juga tandatangan mereka untuk surat permohonan biaya.
7. setelah itu, inilah tahap yang paling penting dan menentukan. yakni pencarian sponsor. jangan takut. insyaallah pasti dapat! jangan takut untuk meminta bantuan relasi dari pihak rektorat, departemen, dan lain sebagainya. if you want, there is always a way to reach your dream.
banyak berdoa, dan berangkat deh… hehehe

One thought on “Mahasiswa ke Luar Negeri Gratis? Bukan Sekedar Impian…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s