My Trip to Sawarna Beach – South Banten

Persis hari sabtu dan ahad yang lalu, saya bersama sahabat di sma pergi bareng-bareng ke pantai sawarna. Lokasi pantai ini jauuh dari peradaban.. hahaha.. lebay.. tapi  emang bener lo.. masih 2 jam lagi dari pelabuhan ratu.. so.. total perjalanan sekitar 8 jam.. fiuuh…

Berangkat tepat jam 4 pagi dari rumahnya amy.. (setelah sebelumnya riweuh ini mau nginep dimana.. karena pada sibuk semua).. kita mengendarai mobilnya uti, grand livina 1500cc.. total kita bertujuh – aku, uti, ratih, inggit, indri, mamang, dan fachmy.. masuk tumplek blek ke sana.. total tonase beban 0.6 ton semuanya.. saat shubuh, kita berenti di rest area di Ciawi.. dan setelahnya langsung bablas lewat jalur cikidang, dan pelabuhan ratu, dilanjutkan dengan kea rah sawarna. Jalannya…ampun-ampunan.. terjal dan berliku.. mantep banget dah.. di tengah perjalanan, sempet mobil berenti karena gak kuat nanjak.. dan terpaksa semua harus turun, mobil pun mundur lagi dan baru bisa naik.. fiuuh.. serem bener itu.. ada baiknya memang kalau ke sawarna pertama, beban jangan banyak-banyak.. atau pilih mobil dengan kapasitas lebih besar.. anyway.. Sepanjang perjalanan diisi dengan ngobrol tentunya.. soalnya udah lumayan lama gak ketemu.. lebay.. seru..

homestay "widi"

Sampai di sawarna, tepat jam 12 siang.. lokasi parkir tidak langsung di depan villa. Nah, dari situ, kita akan melewati jembatan gantung.. di lokasi parkir, kita akan ditawari naik ojek.. nah.. saya sarankan jalan aja.. soalnya gak jauh kok ke dalamnya.. Cuma 200 meter aja.. kita menginap di homestay “widi”. Di sini udah langganannya uti.. jadi harga bisa cincai.. Cuma 90 ribu seorang per malam termasuk makan 3 kali.. murah kan.. nah, dekat sini memang banyak sekali homestay… jadi gak usah takut kehabisan tempat menginap..

Setelah sholat jama qosor zuhur dan ashar, kami makan siang.. setelah makan siang, sambil menunggu mandi, karena udah dari pagi gak mandi.. aku sempet take a nap. Lumayan, capenya nyetir 8 jam berkurang. Segeer…

goa yang indah :)

Selanjutnya, kita akan ke wisata ke goa. Tentunya ada pemandu dong.. kita cukup bayar sekitar 100 ribu untuk memandu

jalan dan membawa lampu penerangan petromak. Hmmm.. ini pertama kali aku berwisata goa khusus.. Uniknya, goa ini masih sangat alami.. dan kita melewati goa dengan berjalan melewati stalaktit-stalagmit yang subhanallah indah banget.. jalan di dalam goa ini asyik banget.. soalnya kita kayak berjalan di selokan. Tinggi air sekitar selutut mulai dari mulut goa hingga ke dalam.. tanah yang kita pijak di air tersebut adalah tanah lempung.. kalau tidak bawa sandal gunung, sebaiknya sandal atau sepatu dititipkan di mulut goa saja.. ada yang menjaga dengan imbalan dua ribu rupiah saja..

Subhanallah… indah banget deh.. :)

beatiful sunset at sawarna (photograhed by Myself)

Selanjutnya.. perjalanan dilanjutkan ke pantai tanjung layar dengan melewati pinggir pantai.. woaaaa… subhanallah.. indahnya… kontur pantai di sawarna ini sangat bervariasi.. mulai dari pantai berpasir putih, hingga berbatuan.. sungguh eksotis.. apalagi saat itu, sudah menjelang sore.. jadi matahari tidak terik.. selepas sunset.. kami pun kembali ke tempat penginapan..

Saat makan malam.. kita memberikan surprise untuk indri… dia ulang tahun lo… hehehehe… senangnya :)

Keeseokan paginya, setelah shubuh, kami segera menyambut matahari pagi.. tentu saja untuk foto-foto.. hehehe… selanjutnya.. main air… hohoho… sedap.. duah lama banget fak main-main se fun ini.. yuhuuuu… ombaknya gede banget.. dan kita udah berjarak sekitar 100 m dari pantai pun.. masih dangkal.. Cuma sepinggang.. huhuhu… seru bangeet…

senangnyaa ^_^

Jam 11 siang, kami menyudahi acara main-main.. kami pun bergegas pulang.. sebenernya agak kecewa.. tapi bagaimana lagi.. soalnya waktu mepet.. lain kali kalau ke sini tidak bisa hanya semalam.. kurang puas.. soalnya masih banyak spot menarik lainnya yang belum sempet kita datangi, seperti goa kelelawar dan pantai lainnya di daerah sini..  I’ll definitely balik lagi.. amiin.. hehehe..

nah.. pas perjalanan pulang, ada kejadian cukup mendebarkan lagi.. di sini ada tanjakan maut.. udah terjal.. kondisi jalan parah.. waktu meng gas mobil.. roda spin hingga debu berterbangan sampai menutupi kaca mobil.. can you imagine..? huuuu… serem abis.. akhirnya mobil gak kuat dan akhirnya harus mundur lagi.. untungnya di percobaan ke dua, mobil berhasil melewati tanjakan terjal itu.. fiuuh…

 

sungai di cisolok, rame bangeeet...

Ohya, di tengah perjalanan, kita sempat mampir sebentar ke pemandian air panas di cisolok.. di sini kita Cuma kepengen tau dan njeburin kaki ke sungai air panas.. hohoho… mantap air panasnya.. Cuma ramenya itu.. naudzubillah.. rame banget.. kayaknya kalau ke sini harus di jam dan hari kerja.. kalo sepi pasti nikmat banget ini…

Karena kaki pegel dan mata pedes.. akhirnya gak kuat juga nyetir.. pas sampai di jalan raya sukabumi, aku gantian sama uti.. fiuuh,. Alhamdulillah… kami sampai depok sekitar jam 8 malam.. senangnya.. dan besoknya keputusan tepat aku mengambil cuti.. jadi bisa istirahat maksimal.. hohoho…

Oke deh.. sampai jumpa lagi di tempat indah lainnya ya.. ^_^

About these ads

35 thoughts on “My Trip to Sawarna Beach – South Banten

    • yup.. alhamdulillah silaturahminya masih nyambung sampai sekarang :)
      terima kasih ya.. sudah mapir ke blog ku dan comment :)

  1. ini betul2 wisata alam yg menyenagkan (*dpt bonus wisata hati jg)..Subhanallah,. alam ini kaya dengan ke eksotisannya,. Subhanallah,.

    • waah.. bagus banget pink…bukan katanya lagi.. emang putih bersih.. perjalanannya lama bener.. masih 2 jam lagi dari pelabuhan ratu..

  2. Subhanallah..indahnya Sawarna, beneran musti berkunjung kesana neeh, sepertinya seru di perjalanan (meskipun sempet serem krn ga kuat nanjak :P) dan Goa-nya jg menarik ^^..thank a lot sharingnya Lih :)

  3. ka galih, saya lia, aku mau ke sawarna tapi dapet homestay nya mahal banget, kantong anak muda nih ka..tipisss… ada tempat rekomen yg murah ga ka buat homestay?

  4. Kayanya asik yah ke sawarna, boleh minta referensi kontak person yg punya homestay tdk? Saya mau ke sawarna tapi kawatir tempat nginepnya krn blm punya info. Ditunggu infonya yah. Thanks

    • lebih seru gmana nih maksudnya? hehehe.. soalnya menurut gw, seru itu kombinasi antara tempat dan teman perjalanan lo.. hehehe..
      kalau dah sampai ksana, nanti bisa tanya sama penduduk lokal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s